Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Selasa, 23 Juli 2024

Materi Ajar (Rabu 24 Juli 2024) Kelas 5

Materi Ajar Kelas 5


Hari/Tanggal : Rabu 24 Juli 2024
Fase/Kelas : C/5
Mata Pelajaran : Matematika (Bilangan Cacah sampai 100.000)

Capaian Pembelajaran Matematika : Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang.
Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

Tujuan Pembelajaran Matematika: Peserta didik dapat membaca, menulis, dan menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 100.000

Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar anak sholih/Sholihah?
Sudah siap belajar hari ini ?
Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.

Tujuan pembelajaran hari ini agar ananda semua dapat membaca, menulis dan menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 100.000.

Yuk kita simak video berikut ini :


Perhatikan cara menentukan nilai tempat berikut ini : 



Latihan Soal 


Bahasa Indonesia 

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia:
1. Elemen Menyimak
Peserta didik mampu menganalisis informasi dengan mengidentifikasikan ciri objek, urutan proses kejadian dan nilai-nilai dari berbagai tipe teks nonfiksi dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan audio.

2. Elemen Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dalam kata dengan fasih dan indah.. Peserta didik mampu memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter. Peserta didik mampu menganalisis informasi dari berbagai tipe teks serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra dari teks visual dan/atau audiovisual. Peserta didik mampu membaca hasil pengamatan.

3. Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4. Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu menganalisis informasi dan memahami makna dari puisi
baru yang disajikan dalam bentuk lisan,teks aural (teks yangdibacakan dan/atau didengar) dan audio


Apakah kalian mempunyai keluarga atau teman yang bersaudara kembar? Apakah rupa mereka sama? Bagaimana cara kalian membedakan mereka? Bacalah teks singkat di bawah ini tentang dua bersaudara Rana dan Rani.

Rana dan Rani
Rana dan Rani adalah dua bersaudara.
Mereka memiliki rupa yang sama.
Wajah, mata, dan alis mereka mirip.
Mereka berhidung mancung dan berdagu lancip.

Rana dan Rani adalah kembar identik. 
Membedakan rupa mereka sangatlah sulit.
Kelahiran mereka berjarak tujuh menit.
Rana adalah kakak dan Rani adalah adik.

Rana dan Rani memiliki sifat yang berbeda.
Rana pendiam, tetapi Rani periang.
Hobi mereka juga tidak sama.
Rana suka olahraga senam, sedangkan Rani suka merangkai kembang.

Rana dan Rani bercita-cita mulia.
Mereka ingin mengabdi pada negara tercinta Indonesia.
Rana menjadi atlet dan Rani menjadi pengusaha ternama.
Belajar rajin dan tekun menjadi ikhtiar mereka.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Siapakah saudara kembar pada teks di samping?
Rana dan Rani
2. Apakah yang dimaksud dengan kembar identik?
Kembar identik adalah kembar identik berasal dari satu sel telur yang membelah menjadi dua.
3. Berapa lama jarak kelahiran si Kembar?
Kelahiran mereka berjarak tujuh menit.
4. Jika kalian menjadi teman mereka, bagaimana kalian dapat membedakan keduanya?
Rana dan Rani memiliki sifat yang berbeda. Rana pendiam sementara Rani periang.
5. Apa sajakah persamaan dan perbedaan pada si Kembar Rana dan Rani? 
Perbedaan
Rana : Sifatnya Pendiam, Hobinya olahraga senam, Cita-citanya menjadi atlet
Rani : Sifatnya periang, Hobinya merangkai kembang, Cita-citanya menjadi pengusaha
Persamaan : Hidung mancung, Dagu lancip, Wajah, mata, alis yang mirip

Gunakan Diagram Venn di bawah ini sebagai panduan penulisan jawaban. Tuliskan persamaan keduanya pada daerah tengah diagram. Tuliskan perbedaan atau ciri khusus masing-masing pada bagian kiri dan kanan diagram.
Rana dan Rani
Berbicara Berdiskusi dan Mempresentasikan
Mari berbagi cerita. Bukalah halaman judul bab ini. Amatilah anak-anak yang menjadi ilustrasi pada halaman tersebut. Diskusikan dengan teman-teman kalian, di antaranya:

• Apa saja persamaan yang kalian lihat?
Memakai baju merah putih
• Apa saja perbedaan yang kalian lihat?
Perbedaan jenis kelamin laki-laki dan perempuan
• Bagaimana perasaan kalian melihat perbedaan tersebut?
Perbedaan sangat menyenangkan karena semakin meperbanyak teman dan memperkaya pengetahuan
• Tokoh mana yang menurut kalian mirip dengan kalian?
Tokoh anak perempuan
• Tokoh mana yang mirip dengan teman kalian
Tokoh anak laki-laki


Pendidikan Pancasila

Capaian Pembelajaran :
Pada akhir Fase C, peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila

Perhatikan komik pancasila berikut ini :




Pemilihan ketua kelas pada cerita di atas dilakukan secara musyawarah yaitu dengan melalui pemungutan suara. Musyawarah merupakan pengamalan dari sila ke-4 pancasila.

Ayo mencari kata pada kotak huruf berikut. Terdapat lima kata yang harus kalian temukan dengan cara mendatar, menurun, ataupun menyilang. Kata-kata tersebut adalah sebagai berikut.
1. Pancasila
2. BPUPK
3. PPKI
4. Musyawarah
5. Panitia Sembilan


Demikian pembelajaran kita hari ini, sampai ketemu besok semangat belajar jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah.

Wassalamualaikum wr.wb.

Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar hanya saja pada mata pelajaran matematika masih ada beberapa siswa yang bingung dalam menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 100.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 5 (Jumat 20 September 2024)

Hari/Tanggal                              : Jumat,  September 2024 Muatan  Pembelajaran              :   1.  IPAS                           ...

Postingan Populer