Hari/Tanggal : Selasa 7 Oktober 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Melihat karena Cahaya, Mendengar Karena Bunyi
2. Pend. Pancasila : Hubungan Antar Sila dalam Pancasila
CAPAIAN PEMBELAJARAN IPAS
Ø Elemen Pemahaman IPAS:
Berdasarkan pemahamannya terhadap konsep gelombang (bunyi dan cahaya) peserta didik mendemonstrasikan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini Murid dapat menjelaskan mendemonstrasikan konsep gelombang bunyi. dan dapat menerapkan nilai-nilai pancasila di lingkungan masyarakat.
IPAS
Mendengar Karena Bunyi
Secara umum, telinga manusia dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Setiap bagian memiliki fungsi penting dalam proses pendengaran.
1. Telinga luar
Fungsinya adalah menangkap dan mengumpulkan gelombang suara dari luar. Daun telinga: Berfungsi untuk menangkap getaran suara dari udara.
Saluran telinga: Merupakan saluran yang menghubungkan daun telinga ke gendang telinga. Saluran ini juga melindungi telinga tengah dari debu atau benda lain.
2. Telinga tengah
Fungsinya adalah mengubah gelombang suara menjadi getaran yang diperkuat. Gendang telinga: Selaput tipis yang bergetar saat menerima gelombang suara.
Tiga tulang pendengaran: Terdiri dari tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Ketiganya berfungsi meneruskan dan memperkuat getaran dari gendang telinga menuju telinga dalam.
Saluran Eustachius: Menghubungkan telinga tengah dengan rongga mulut untuk menjaga tekanan udara di dalam dan di luar telinga tetap seimbang.
3. Telinga dalam
Fungsinya adalah mengubah getaran menjadi sinyal listrik yang akan dikirim ke otak. Rumah siput (koklea): Saluran yang berbentuk spiral dan berisi cairan. Getaran dari tulang pendengaran akan menggerakkan cairan ini, sehingga sel-sel rambut yang ada di dalamnya akan melengkung dan menghasilkan sinyal listrik.
Saluran setengah lingkaran: Berfungsi sebagai alat untuk menjaga keseimbangan tubuh.
Saraf pendengaran: Meneruskan sinyal listrik dari rumah siput menuju otak untuk diterjemahkan sebagai suara.
Bagaimana proses mendengar terjadi?Penangkapan suara: Daun telinga menangkap gelombang suara di sekitar kita.
Perambatan suara: Suara merambat melalui saluran telinga menuju gendang telinga.
Penguatan getaran: Getaran dari gendang telinga diperkuat oleh tiga tulang pendengaran.
Pengubahan sinyal: Getaran diteruskan ke rumah siput, di mana getaran tersebut diubah menjadi sinyal listrik.
Penerjemahan sinyal: Sinyal listrik dikirim ke otak melalui saraf pendengaran, dan otak akan menerjemahkannya sebagai suara yang kita dengar.
Latihan
1. Bagian telinga luar yang berfungsi menangkap dan mengumpulkan gelombang bunyi adalah ....
a. Gendang telinga
b. Daun telinga
c. Saluran telinga
d. Rumah siput
2. Getaran dari gendang telinga akan diteruskan ke tiga tulang pendengaran. Urutan tulang pendengaran dari luar ke dalam adalah ....
a. Tulang martil, tulang landasan, tulang sanggurdi
b. Tulang landasan, tulang martil, tulang sanggurdi
c. Tulang sanggurdi, tulang landasan, tulang martil
d. Tulang martil, tulang sanggurdi, tulang landasan
3. Fungsi dari saluran Eustachius adalah ....
a. Mengirimkan sinyal ke otak
b. Mengatur keseimbangan tekanan udara di telinga tengah
c. Mengumpulkan gelombang bunyi
d. Menggerakkan cairan di rumah siput
4. Bagian telinga yang berfungsi untuk mengubah getaran menjadi sinyal saraf yang akan dikirim ke otak adalah ....
a. Gendang telinga
b. Koklea (rumah siput)
c. Saluran setengah lingkaran
d. Saluran telinga
5. Seseorang yang sedang berada di tempat yang sangat bising harus menjaga kesehatannya dengan cara ....
a. Tidak perlu melakukan apa-apa
b. Menutup kedua telinga agar terhindar dari kerusakan
c. Menghindari suara bising dalam jangka waktu lama
d. Mendengarkan musik yang lebih keras
Pancasila sebagai ideologi bangsa.
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
Pancasila sebagai identitas bangsa
1. IPAS : Melihat karena Cahaya, Mendengar Karena Bunyi
2. Pend. Pancasila : Hubungan Antar Sila dalam Pancasila
CAPAIAN PEMBELAJARAN IPAS
Ø Elemen Pemahaman IPAS:
Berdasarkan pemahamannya terhadap konsep gelombang (bunyi dan cahaya) peserta didik mendemonstrasikan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
CAPAIAN PEMBELAJARAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini Murid dapat menjelaskan mendemonstrasikan konsep gelombang bunyi. dan dapat menerapkan nilai-nilai pancasila di lingkungan masyarakat.
IPAS
Mendengar Karena Bunyi
Secara umum, telinga manusia dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Setiap bagian memiliki fungsi penting dalam proses pendengaran.
1. Telinga luar
Fungsinya adalah menangkap dan mengumpulkan gelombang suara dari luar. Daun telinga: Berfungsi untuk menangkap getaran suara dari udara.
Saluran telinga: Merupakan saluran yang menghubungkan daun telinga ke gendang telinga. Saluran ini juga melindungi telinga tengah dari debu atau benda lain.
2. Telinga tengah
Fungsinya adalah mengubah gelombang suara menjadi getaran yang diperkuat. Gendang telinga: Selaput tipis yang bergetar saat menerima gelombang suara.
Tiga tulang pendengaran: Terdiri dari tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Ketiganya berfungsi meneruskan dan memperkuat getaran dari gendang telinga menuju telinga dalam.
Saluran Eustachius: Menghubungkan telinga tengah dengan rongga mulut untuk menjaga tekanan udara di dalam dan di luar telinga tetap seimbang.
3. Telinga dalam
Fungsinya adalah mengubah getaran menjadi sinyal listrik yang akan dikirim ke otak. Rumah siput (koklea): Saluran yang berbentuk spiral dan berisi cairan. Getaran dari tulang pendengaran akan menggerakkan cairan ini, sehingga sel-sel rambut yang ada di dalamnya akan melengkung dan menghasilkan sinyal listrik.
Saluran setengah lingkaran: Berfungsi sebagai alat untuk menjaga keseimbangan tubuh.
Saraf pendengaran: Meneruskan sinyal listrik dari rumah siput menuju otak untuk diterjemahkan sebagai suara.
Bagaimana proses mendengar terjadi?Penangkapan suara: Daun telinga menangkap gelombang suara di sekitar kita.
Perambatan suara: Suara merambat melalui saluran telinga menuju gendang telinga.
Penguatan getaran: Getaran dari gendang telinga diperkuat oleh tiga tulang pendengaran.
Pengubahan sinyal: Getaran diteruskan ke rumah siput, di mana getaran tersebut diubah menjadi sinyal listrik.
Penerjemahan sinyal: Sinyal listrik dikirim ke otak melalui saraf pendengaran, dan otak akan menerjemahkannya sebagai suara yang kita dengar.
Latihan
1. Bagian telinga luar yang berfungsi menangkap dan mengumpulkan gelombang bunyi adalah ....
a. Gendang telinga
b. Daun telinga
c. Saluran telinga
d. Rumah siput
2. Getaran dari gendang telinga akan diteruskan ke tiga tulang pendengaran. Urutan tulang pendengaran dari luar ke dalam adalah ....
a. Tulang martil, tulang landasan, tulang sanggurdi
b. Tulang landasan, tulang martil, tulang sanggurdi
c. Tulang sanggurdi, tulang landasan, tulang martil
d. Tulang martil, tulang sanggurdi, tulang landasan
3. Fungsi dari saluran Eustachius adalah ....
a. Mengirimkan sinyal ke otak
b. Mengatur keseimbangan tekanan udara di telinga tengah
c. Mengumpulkan gelombang bunyi
d. Menggerakkan cairan di rumah siput
4. Bagian telinga yang berfungsi untuk mengubah getaran menjadi sinyal saraf yang akan dikirim ke otak adalah ....
a. Gendang telinga
b. Koklea (rumah siput)
c. Saluran setengah lingkaran
d. Saluran telinga
5. Seseorang yang sedang berada di tempat yang sangat bising harus menjaga kesehatannya dengan cara ....
a. Tidak perlu melakukan apa-apa
b. Menutup kedua telinga agar terhindar dari kerusakan
c. Menghindari suara bising dalam jangka waktu lama
d. Mendengarkan musik yang lebih keras
Pendidikan Pancasila
Pancasila sebagai ideologi bangsa.
- Ideologi adalah pedoman atau cita-cita yang kita yakini bersama.
- Pancasila menjadi pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia dalam bernegara. Ini seperti peta atau kompas yang menunjukkan arah ke mana bangsa kita akan melangkah.
- Nilai-nilai Pancasila digunakan untuk membuat peraturan, membangun negara, dan mencapai tujuan bersama, yaitu masyarakat yang adil dan makmur.
Contohnya:
Ketika pemerintah membuat aturan tentang pendidikan, aturan itu harus sesuai dengan nilai Pancasila. Misalnya, semua anak berhak sekolah tanpa memandang suku atau agama.
- Sebagai pandangan hidup, Pancasila adalah nilai-nilai luhur yang dijadikan pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia dalam bersikap dan bertingkah laku sehari-hari.
- Nilai-nilai ini sudah ada sejak dulu dalam budaya bangsa Indonesia, seperti gotong royong dan musyawarah.
- Dengan Pancasila, kita memiliki cara pandang yang sama untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.
1. Ketuhanan Yang Maha Esa: Menghormati teman yang berbeda agama saat mereka beribadah.
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Membantu teman yang sedang kesulitan dan tidak mengejeknya.
3. Persatuan Indonesia: Bermain bersama dengan teman dari suku mana saja.
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Berdiskusi dengan teman sekelompok untuk menentukan tugas piket.
5.Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Berbagi makanan dengan adil kepada teman-teman.
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Membantu teman yang sedang kesulitan dan tidak mengejeknya.
3. Persatuan Indonesia: Bermain bersama dengan teman dari suku mana saja.
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Berdiskusi dengan teman sekelompok untuk menentukan tugas piket.
5.Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Berbagi makanan dengan adil kepada teman-teman.
- Identitas adalah jati diri atau ciri khas yang membedakan kita dengan bangsa lain.
- Pancasila membuat Indonesia menjadi unik karena di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang berasal dari budaya bangsa sendiri.
- Meskipun Indonesia memiliki banyak suku, agama, dan budaya yang berbeda, Pancasila berhasil menyatukan kita semua.
- Pancasila mengajarkan kita untuk hidup saling menghormati dan menghargai keberagaman.
Meskipun teman-teman di kelas berasal dari berbagai daerah dengan budaya yang berbeda, kita tetap bisa bersatu sebagai satu bangsa Indonesia karena kita punya Pancasila.
Latihan soal :
1. Makna Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah Pancasila bersifat...a. Kaku dan tidak bisa berubah
b. Adaptif dan mampu berinteraksi dengan perkembangan zaman
c. Hanya berlaku untuk golongan tertentu
d. Mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan nasional
2. Pengamalan sila Pancasila yang paling mendasar tercermin dalam sikap...
a. Berdoa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Saling tolong-menolong antar tetangga
c. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
d. Menjunjung tinggi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
3. Makna sila kedua Pancasila (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab) adalah...
a. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan sikap beradab di masyarakat
b. Mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan orang lain
c. Bersikap toleran terhadap perbedaan agama
d. Mengembangkan perilaku yang tidak adil terhadap sesama
4. Dalam kehidupan bernegara, Pancasila berfungsi sebagai sumber dari segala sumber hukum. Hal ini berarti...
a. Semua peraturan harus bersumber dari Pancasila
b. Pancasila digunakan sebagai penentu keputusan partai politik
c. Pancasila hanyalah simbol negara semata
d. Pancasila hanya berlaku untuk masyarakat desa
5. Siswa-siswi SD Sukamaju mengikuti upacara bendera pada hari senin dengan tertib. Mereka menunjukkan perilaku yang sesuai dengan Pancasila sila ke. . .
A. dua B. tiga C. empat D. lima
6. Pada waktu istirahat sekolah, sebagian siswa pergi ke kantin. Mereka mengantri dengan tertib untuk membeli makanan. Namun, ada seorang siswa yang menerobos antrian. Perilaku siswa tersebut bertentangan dengan Pancasila sila ke. .
A. 2 B. 3 C. 4 D. 5
7. Pancasila merupakan gagasan dan hasil pemikiran yang berisi nilai-nilai luhur Pancasila untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa. Pernyatan tersebut menunjukkan Pancasila sebagai. . .
A. ideologi bangsa B. identitas bangsa
C. jati diri bangsa D. pandangan hidup
8. Warga negara asing mengenal masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang ramah, sopan, dan suka bertegur sapa. Perilaku baik tersebut sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Peran Pancasila pada peristiwa tersebut yaitu sebagai. . .
A. identitas bangsa B. pandangan hidup
C. hukum yang mengikat D. ideologi bangsa
9. Pancasila disebut juga sebagai way of life yang artinya Pancasila sebagai....
a. dasar negara b. kepribadian bangsa
c. pandangan hidup bangsa d. lambang negara
10. Berikut ini adalah contoh perilaku yang menunjukkan Pancasila sebagai identitas bangsa di lingkungan sekolah, yaitu...
a. membeda-bedakan teman berdasarkan suku
b. mengikuti upacara bendera dengan tertib
c. berkelahi dengan teman
d. tidak mau bekerja kelompok
Wassalamualaikum wr wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar