Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Senin, 22 Juli 2019

materi pembelajaran tema 1 subtema 2 pembelajaran 1



MATERI PEMBELAJARAN


Tema 1            : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 2     : Hewan Sahabatku
Pembelajaran   : 1 (satu)

Materi IPA
Perkembangbiakan Hewan
Hewan berkembang biak untuk melestarikan jenisnya. Ada berbagai macam cara perkembangbiakan hewan, yaitu :
  1. Perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur (ovipar)
Perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur disebut juga dengan ovipar. Hewan-hewan petelur memiliki beberapa ciri-ciri antara lain tidak memiliki daun telingan dan mengerami telur. Contohnya burung, ikan, reptilia, dan katak
2. Perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan (vivipar)
Perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan disebut juga dengan vivipar. Hewan-hewan yang melahirkan memiliki ciri-ciri yaitu memiliki daun telinga dan tubuh di tutupi rambut. Contohnya sapi, kucing, kambing, lumba-lumba dan landak
3. Perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur dan melahirkan (ovovivipar) Perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur dan melahirkan disebut juga ovovivipar. Hewan-hewan yang bertelur dan melahirkan tidak memliki ciri khusus. Cotohnya kuda laut, ikan hiu.
Tugas : Siswa diminta untuk mengelompokkan hewan sesuai dengan perkembangbiakannya yaitu ovipar, vivipar dan ovovivipar


Materi Bahasa Indonesia
Bebek

Bebek adalah unggas yang hidup di darat tetapi menyukai perairan. Penduduk Indonesia banyak memanfaatkan daging dan telur bebek untuk kebutuhan sehari-hari.
Bulu bebek tidak pernah basah meskipun ia berenang dan menyelam. Hal itu karena bulunya memiliki kelenjar minyak. Lapisan minyak berguna untuk membuat suhu tubuh bebek tetap hangat di malam hari.
Tugas : Guru membacakan teks di atas kemudian siswa diminta untuk mencatat ide pokok dengan menggunakan diagram.

Materi IPS
Kondisi Geografis dan Potensi Ekonomi Negara-negara di Asia Tenggara
a.       Brunei Darussalam
      Negara ini populer dengan kekuatan sumber daya alam berupa minyak bumi
      dan gas alam. Brunei menjadi negara di Asia Tenggara yang mempunyai pendapatan per kapita tertinggi alasannya yakni gas alamnya.
b.      Filipina
      Filipina yakni sebuah negara kepulauan yang mata pencaharian sebagian besar penduduknya yakni di bidang pertanian. Filipina berhasil menjadi salah satu negara di dunia yang sanggup membangun dan menyebarkan pertaniannya dengan baik.
c.       Indonesia
      Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara. Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah, dan juga keberagaman penduduknya yang kaya akan seni dan budaya. Kekayaan tersebut menjadi modal dasar bagi Indonesia untuk menjadi negara yang maju di Asia Tenggara. Saat ini Indonesia mengekspor minyak dan gas bumi, tekstil, dan produk-produk dari kayu. Pertambangan menjadi salah satu pintu masuk para pengusaha mancanegara ke Indonesia.
d.      Kamboja
      Di Kamboja mengalir Sungai Mekong. Daerah di sekitar Sungai Mekong
      merupakan daerah yang subur. Mata pencaharian penduduk Kamboja yakni pertanian. Hasil pertanian Kamboja yang besar yakni padi dan karet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Soal Ujian Sekolah (US), Senin 13 Mei 2024

Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Hari/Tanggal : Senin 13 Mei 2024 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia A. Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang pa...

Postingan Populer