Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Minggu, 04 Agustus 2019

tema 1 subtema 3 pb 4 dan pb 5



RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN


Tema 1             : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 3     : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan
Pembelajaran : 4 (empat)
Muatan PB      : Bahasa Indonesia, PPKn

Materi Bahasa Indonesia

Kamu sudah berlatih membuat kesimpulan yang baik.
Ambillah salah satu kesimpulanmu. Tukarkan kepada teman di sebelahmu.
Kamu akan membaca kesimpulan milik temanmu dan tulislah komentar mu
mengenai kesimpulan temanmu. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu
komentari tentang kesimpulan temanmu.
Ciri- ciri kesimpulan yang baik:
1. pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca,
2. intisari dari tulisan,
3. dimulai dari khusus ke umum,
4. menggunakan kosakata baku,
5. suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata
kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.

Materi PPKn
Menyayangi binatang sebagai penerapan sila pancasila

Diskusikan dengan teman kelasmu.
Kamu sudah belajar tentang penerapan sila-sila dari Pancasila selama ini.
Kamu juga sudah menikmati cerita dalam bentuk komik.
Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan komik?
 

Pikirkan satu contoh penerapan salah satu sila Pancasila dalam kehidupanmu
sehari-hari kemudian buatlah menjadi sebuah komik. Kamu bisa melihat
contoh komik yang ada di atas.
Simpanlah karyamu.

Materi Bahasa Indonesia
Bacalah teks berikut dan buatlah kesimpulannya.
 


Tulislah kesimpulan pada tempat yang disediakan.

Tukarkan hasil kesimpulanmu dengan temanmu. Berilah komentar terhadap
kesimpulan temanmu dengan memperhatikan ciri-ciri kesimpulan yang baik.
Sampaikan hasilnya kepada guru.




RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN

Hari/Tanggal  : Senin, 5 Agust 2019
Tema 1           : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 3    : Ayo selamatkan hewan dan tumbuhan
Pembelajaran : 5 (lima)
Muatan PB     : IPS , SBdP

 I P S

 FLORA DAN FAUNA ENDEMIK NEGARA – NEGARA DI ASIA TENGGARA

 Kondisi geografis yang beragam jeja mempengaruhi keragaman flora dan fauna di Asia Tenggara. Flora adalah berbagai jenis tumbuhan yang tumbuh disuatu wilayah.
Fauna adalah berbagai jenis hewan yang hidup di suatu wilayah tertentu. Setiap Negara memilikin flora dan fauna endemic.

Flora dan fauna endemic adalah : suatu jenis tumbuhan atau hewan khas suatu wilayah yang jarang ditemukan di wilayah lain. 1.Indonesia Flora dan Fauna : Hutan hujan tropis kita merupakan salah satu paru-paru dunia. Fauna Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali bercorak Asia.Diantaranya harimau, badak, orang utan, gajah, dan macan tutul. Fauna Sulawesi, NusaTenggara, dan Maluku bercorak peralihan. Banyak spesies endemik hidup di sini, yaitu spesiesyang tidak ada di tempat lain. Diantaranya anoa, tapir, komodo, dan maleo. Fauna Papuabertipe Australia.

Diantaranya hewan berkantung dan 600 spesies burung. flora yang ada menjadikan tanaman indonesia sangat berlimpah pada spesies kayu. Keluarga dpterocarp sangat terkenal di dunia sebagai sumber utama kayu (meranti) sebagaimana resin dan sayuran gemuk, tengkawang atau kacang illipe. Ramin, jenis kayu berharga untuk perabotan, termasuk dari spesies ganystylus, sementara kayu sandal, eboni, ulin dan kayu palembang diambil langsung dari hutan. Selain itu, Indonesia juga dikenal akan kayu jati, sebuah produk dari hutan buatan di jawa. kekayaan flora Indonesia mengandung banyak tumbuhan tropis yang unik, contohnya rafflesia arnoldi, yang hanya ditemukan di beberapa tempat di Sumatera. Di dataran yang lebih tinggi, ditemukan hutan elfin atau lumut dan tumbuh-tumbuhan alpen.

2. Myanmar
Flor Flora dan Fauna : Para geografis Myanmar dan iklim mencerminkan kejujuran yang kaya tanaman dan spesies hewan. 50% dari lahan ditutupi oleh berbagai jenis hutan, seperti hutan tropis,subtropis dan beriklim sedang di wilayah pegunungan utara, hutan pasang surut di wilayah barat dan selatan pesisir dan hutan duri di Myanmar pusat yang merupakan rumah bagi ribuan tanaman, bunga, binatang, burung dan spesies kupu-kupu. Jati tumbuh di atas 3000 m dan merupakan salah satu produk Myanmar terkenal. Sebuah kejujuran macam pohon buah-buahan dan spesies bunga disajikan di Myanmar.Bunga Myanmar yang eksotis dan beberapa bunga liar yang tidak tercatat belum. Lebih dari 25 000 spesies bunga termasuk 523 spesies anggrek dapat dilihat di Myanmar.

 Di hutan Myanmar, harimau dan macan tutul dapat dilihat. Dan juga gajah, badak, kerbauliar dan babi hutan dapat ditemukan serta banyak spesies rusa dan kijang di hutan. Gibbon, beberapa spesies monyet, flying fox, tapir dan kucing liar yang hidup di zona pusat juga. Beberapa reptil umum adalah buaya, ular, tokek dan kura-kura. Ada 1069 jenis spesies burung seperti burung beo, burung merak, burung gagak, burung,burung pipit, elang, bangau, dll.300 spesies mamalia dan 300 spesies yang berbeda dari reptil di Myanmar.

3. Malaysia
Flora dan Fauna : Hutan lebat Kalimantan dan Sumatra Malaysia memiliki sejarah yang sangat tua yangtanggal punggung sampai jutaan tahun. Mereka di sini bahkan sebelum munculnyaAmazon atau Kongo. Seiring dengan hutan-hutan tropis, hutan bakau-lahan basah adalah atraksi ditambahkan flora Malaysia. Rafflesia, bunga terbesar di dunia ditemukan di hutan negara ini. Selain dari yang satu ini juga akan mendapatkan untuk melihat ikal seperti kamper, kayu hitam, kayu cendana, kayu jati danbersama dengan sekitar 400 spesies dipterocarps tinggi (kayu keras) dan semihardwoods; pohon ara. Ada yang kira-kira 210spesies mamalia, 620 spesies burung, 250 spesies reptil, dan 150 spesies katak yang ditemukan di negara ini. Selain mereka satu juga dapat melihat hewan seperti harimauIndocina, Tupai Pohon Brooke dan Malaya Tapir yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di planet ini. Burung-burung seperti Brahminy layang-layang, kingfishers, burung enggang, pittas, kakatao dan banyak lagi.

 4. Kamboja
Flor Flora dan Fauna : Kamboja, yang tercakup dalam daerah pegunungan dengan hutan-hutan perawan yang lebat, memiliki berbagai macam tanaman dan kehidupan hewan. Ada sawit, karet, kelapa, kapuk, mangga, pisang, dan pohon jeruk, serta rumput yang tajam tinggi dari sabana.Burung, termasuk bangau, burung, dan bebek liar, dan mamalia seperti gajah, kerbau liar,macan kumbang, dan beruang berlimpah di seluruh negeri. Ikan, ular, dan serangga juga hadir dalam kelimpahan.

5. Laos
Flor Flora dan Fauna : Hampir dua pertiga dari Laos adalah ditutupi oleh hutan lebat. Hutan Laos selatanmerupakan perpanjangan dari jenis Kampuchean vegetasi, sedangkan hutan dataran tinggi di utara, terdiri dari padang rumput diselingi dengan semak belukar, menyerupaiVietnam tengah. Bambu, liana, rotan, dan telapak tangan ditemukan di seluruh Laos. Berkeliaran di hutan macan kumbang dan sejumlah berkurang harimau, gajah, dan macan tutul. Gajah, sampai tahun 1975 digambarkan pada bendera nasional sebagai simbol tradisional royalti Laos, telah digunakan sepanjang sejarah sebagai binatang beban.Sebuah jenis lokal kerbau juga universal digunakan sebagaihewan konsep. Reptiltermasuk kobra, tokek, kraits, dan buaya Siam. Ada banyak jenis burung, ikan, dan serangga.

 6. Thailand
Flor Flora dan Fauna : Banyak bentuk-bentuk khusus kehidupan tumbuhan dan hewan yang ditemukan. Lahan hutan kayu keras dukungan (terutama kayu jati), pinus, bambu, dan pohon pinang dan kelapa, di dataran rendah pesisir, hutan bakau dan rotan berlimpah. Di antara mamaliayang lebih besar beruang, berang-berang, musang, gajah dan kucing. Pendakian termasukhewan siamang dan banyak spesies kera. Ada juga domba, kambing, kerbau, badakbercula satu, rusa, tapir, sapi liar, babi liar, dan ular. Ada lebih dari 600 spesies burungberkembang biak. Buaya, kadal, dan kura-kura sangat banyak. Ikan berlimpah di sungai dan perairan pesisir.

7. Singapura
Flor Flora dan Fauna : Singapura pernah ditutupi dengan hutan hujan dataran rendah tropis yang lebat, denganhutan bakau yang melapisi pantai berlumpur dan sungai pasang surut. Harimau, babi hutan dan musang yang umum. Sebagai penyelesaian tumbuh pada 1840 itu, hutan ditebang untuk menanam tanaman seperti pala, gamlier, cengkeh, lada dan kakao. Pada tahun 1877, pohon-pohon karet pertama berhasil ditanam. Banyak spesies tanaman endemik, termasuk lebih dari 50spesies mangrove-menghuni anggrek, berangsur-angsur menghilang dengan deforestasi.Efek pada satwa liar, terutama mamalia besar, lebih parah. Sebagai penyebaran kota,jenis burung lebih umum di daerah perkotaan menggantikan hutan dan spesies hutan. Fauna catatan untuk Singapura mencakup sekitar 80 spesies mamalia, lebih dari 300spesies burung, sekitar 60 spesies ikan air tawar dan 110 spesies reptil dan amfibi,meskipun beberapa sudah punah. Lebih dari 180 spesies burung dan sekitar 300 spesies flora telah tercatat di SungeiBuloh Wetland Reserve, sebuah taman 87-hektar hutan bakau dan satwa liar di manalahan basah berkembang.

8. Vietnam
Flor Flora dan Fauna : Vietnam adalah rumah bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Iklim subtropis negarasangat ideal untuk pertumbuhan tanaman. Flora dan fauna Vietnam terdiri dari hewan dan tumbuhan yang tak terhitung banyaknya. Ada beberapa pohon hutan, lumut, tanaman merambat, pakis dan semak-semak. Daerah pegunungan hutan hujan fitur Tonkin tropisdengan pohon-pohon pinus di ketinggian yang lebih tinggi. Vegetasi Mangroove dan rumput tropis membentuk bagian utama dari flora Vietnam. Flora dan fauna Vietnam terdiri dari beragam spesies tanaman dan hewan. Hutan cemaratropis yang ditemukan di bagian selatan Vietnam dengan savana luas menuju barat daya.Flora Vietnam mencakup sejumlah tanaman seperti tebu, teh beras, dan kopi. Vietnam termasuk fauna yang tak terhitung banyaknya hewan liar seperti ular, kerbau,berang-berang, harimau, macan kumbang, buaya dan berbagai jenis serangga. Hewan domestik juga sangat umum ditemukan di Vietnam. Ayam, anjing, bebek kerbau, dan babi yang banyak ditemukan. Karena kelimpahan air, hutan telah menjadi habitat yang ideal dari binatang liar.

9. Brunei Darussalam
Flor Flora dan Fauna : Negara ini sebagian besar ditutupi oleh Hutan Bakau dan rawa gambut, kesehatan,vegetasi pegunungan, dan hutan dipterocarpaceous. Hutan hujan dan rawa yang dihuni oleh sejumlah besar mamalia kecil, burung-burung tropis, reptil, dan amfibi. Mamalia mencakup kerbau liar dan peliharaan, beruang madu, rusa, dan monyet. Serangga yang melimpah dan kadang-kadang berbahaya, khususnya nyamuk malaria dan nyamuk menggigit.

10. Filipina
Flo Flora dan Fauna : Filipina mendukung flora yang kaya dan beragam dengan koneksi botani dekat dengan Indonesia dan daratan Asia Tenggara. Hutan menutupi hampir satu-setengah dari luas lahan dan biasanya tropis, dengan keluarga dominan, Dipterocarpaceae, yang mewakili75% dari berdiri. Hutan juga memiliki tanaman merambat, epifit, dan pendaki. Padang rumput terbuka, berkisar sampai 2,4 m (8 kaki) tingginya, menempati seperempat dariluas daratan, mereka adalah buatan manusia, setelah slash-dan-bakar sistem pertanian, dan paling mengandung rumput savana tropis yang nonnutritious dan sulit untuk memberantas. Flora yang beragam mencakup 8.000 spesies tumbuhan berbunga, 1.000jenis pakis, dan 800 spesies anggrek. Mamalia umum termasuk babi liar, rusa, kerbau liar, monyet, kucing musang, dan tikusberbagai. Ada sekitar 196 spesies yang berkembang biak burung, di antara lebih banyakmenjadi megapoda (kalkun seperti unggas liar), tombol puyuh, unggas hutan, burung merak burung, merpati, merpati, burung beo, dan rangkong. Reptilia hidup 190 spesiesdiwakili oleh, ada buaya dan ular-ular besar termasuk beberapa varietas python dan kobra.

 SBDP
Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Pameran Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan perupa ke pada publik melalui media karya seninya. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi komunikasi antaran perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan apresiator. Hal ini sejalan dengan definisi yang diberikan Galeri Nasional bahwa: “Pengertian pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.” (http://www.galeri-nasional.or.id) Penyelenggaraan pameran dalam konteks pembelajaran seni budaya bisa dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah (masyarakat). Penyelenggaraan pameran di sekolah menyajikan materi pameran berupa hasil studi para siswa dari kegiatan pembelajaran kurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada akhir semester atau akhir tahun ajaran. Sedangkan konteks pameran dalam arti luas, di masyarakat, materi pameran yang disajikan berupa berbagai jenis karya seni rupa untuk diapresiasi oleh masyarakat luas.

Tujuan, Manfaat, Dan Fungsi Pameran Sebagai mahluk yang berakal dan berbudi, setiap pekerjaan yang kita lakukan seharusnya memiliki tujuan dan manfaat yang diharapkan serta dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Dalam penyelenggaraan pameran setidaknya dikenal beberapa tujuan, yaitu tujuan sosial dan kemanusiaan, tujuan komersial, dan tujuan yang berkaitan dengan pendidikan. Sebuah kegiatan pameran yang diselenggarakan dalam lingkup terbatas (sekolah) maupun lingkup yang lebih luas (masyarakat) dapt diselenggarakan dengan harapan karya yang dipamerkan terjual dan dana hasil penjualan tersebut digunakan untuk kegiatan sosial kemanusiaan seperti disumbangkan ke panti asuhan, masyarakat tidak mampu atau korban bencana alam. Ada juga kegiatan pameran yang diselenggarakan dengan harapan karya yang dipamerkan terkjual dengan keuntungan yang tinggi bagi pemilik karya atau penyelenggara pameran tersebut. Dalam konteks pembelajaran atau pendidikan seni rupa, pameran diselenggarakan dengan harapan mendapat apresiasi dan tanggapan dari pengunjung untuk meningkatkan kualitas berkarya selanjutnya. Secara khusus penyelenggaraan pameran di sekolah memiliki manfaat, untuk menumbuhkan dan menambah kemampuan kalian dalam memberi apresiasi terhadap karya orang lain serta menambah wawasan dan kemampuan dalam memberikan evaluasi karya secara lebih objektif. Berkaitan dengan organisasi penyelenggarannya, penyelenggaraan pameran di sekolah bermanfaat untuk melatih kerja kelompok (bekerja sama dengan orang lain), mempertebal pengalaman sosial, melatih untuk bertanggungjawab dan bersikap mandiri serta melatih untuk membuat suatu perencanaan kerja melaksanakan apa yang telah direncanakan. Jika karya yang dipamerkan diapresiasi dengan baik, kegiatan pameran juga bermanfaat membangkitkan motivasi kalian dalam berkarya seni. (Cahyono, 1994).

 Kegiatan pameran memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi antara pencipta seni (seniman) dengan pengamat seni (apresiator). Pameran seni rupa pada hakekatnya berfungsi untuk membangkitkan apresiasi seni pada masyarakat, di samping sebagai media komunikasi antara seniman dengan penonton (Wartono, 1984). Dalam konteks penyelenggaraan pameran seni rupa di sekolah, Nurhadiat (1996: 125)

 secara khusus menyebutkan fungsi pameran seni rupa sekolah, di antaranya:
 1. Meningkatkan apresiasi seni;
 2. Membangkitkan motivasi berkerya seni;
 3. Penyegaran dari kejenuhan belajar di kelas;
 4. Berkarya visual lewat karya seni dan
 5. Belajar berorganisasi. Merencanakan Pameran Rencana sebuah pameran perlu dirancang secara sistematis dan logis agar pada waktu pelaksanaannya berjalan lancar. Tanpa perencanaan yang sistematis sebuah pameran tidak dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Soal Ujian Sekolah (US), Senin 13 Mei 2024

Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Hari/Tanggal : Senin 13 Mei 2024 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia A. Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang pa...

Postingan Populer