Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Kamis, 19 September 2019

tema 3 subtema 3 pb 1

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal           :  Kamis, 19 September 2019
Tema                         : 3 (Tokoh dan Penemuan)
Subtema                    : 3 ( Ayo, Menjadi Penemu )
PB                             :  1 (satu)
Muatan PB                : B,Indonesia , IPAdan IPS
Muatan Bahasa Indonesia

Kata-Kata Baku dalam Teks Eksplanasi
Kata-kata baku merupakan kata-kata yang penulisannya telah sesuai dengan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kata-kata tidak baku adalah kata yang penulisannya tidak sesuai dengan PUEBI. Kata-kata baku digunakan pada acara-acara resmi dan penulisa karya ilmiah. Kata-kata tidak baku biasanya digunakan dalam percakapan sehari-hari.
Bacalah teks di bawah ini :

Cermati  kosakata  non-baku  pada teks eksplanasi “Pensil, si Kecil yang Amat
Penting” dalam tabel berikut. Tuliskan arti kata tersebut dan temukan padanan kosakata bakunya.
No
Kata Tidak Baku
Arti Kata
Kata baku
1.
2.
3.
4.
5.
Muatan IPS
Peran Teknologi dalam Perubahan Masyarakat di Bidang Ekonomi
Peran ekonomi dalam perubahan masyarakat adalah sebagai berikut:
         Peran teknologi dalam kegiatan produksi
Sebelum adanya teknologi. Masyarakat melakukan kegiatan produksi secara tradisional. Petani memanfaatkan tenaga kerbau atau menggunakan cangkul untuk membajak sawah. Setelah panen, padi ditumbuk menggunakan alu dan lesung. Kegiatan ini membutuhkan tenaga lebih besar dan waktu lebih lama sehingga pemenuhan kebutuhan memerlukan waktu lama.
Saat ini, sebagian besar petani sudah menggunakan teknologi dalam bertani. Petani menggunakan traktor untuk menggarap sawah. Mereka juga menggunakan mesin penggilingan untuk mengolah padi menjadi beras. Teknologi tersebut memudahkan produksi padi. Pekerjaan petani menjadi lebih mudah dan cepat selesai. Teknologi mengubah cara yang selama ini dilakukan petani. Sebelum adanya teknologi, petani bekerja sama untuk membajak sawah. Masa panen diputuskan melalui musyawarah. Semenjak ada teknologi, budaya kerja sama dan musyawarah mulai hilang. Petani dapat membajak sawah sendiri menggunakan traktor.
         Peran teknologi dalam kegiatan distribusi
Kemajuan teknologi juga berperan dalam kegiatan distribusi atau penyebaran hasil produksi. Salah satunya adalah berkat kemajuan teknologi transportasi. Kegiatan produksi seperti pertanian dan industry biasanya berada di luar perkotaan. Hasil produksipun seringkali hanya dapat dinikmati oleh warga sekitar. Warga di wilayah lain membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menikmati hasil produksi tersebut. Hal ini disebabkan pengangkutan hasil produksi masih terbatas menggunakan alat transportasi sederhana seperti pedati, becak, atau sepeda. Keadaan ini menyebabkan barang menjadi langka. Kebutuhan masyarakat tidak semuanya dapat terpenuhi.
Setelah sarana transportasi berkembang pesat, para produsen dapat menyalurkan hasil produksi ke berbagai wilayah. Mereka memanfaatkan kemajuan sarana transportasi seperti mobil bak terbuka untuk mengangkut hasil produksi seperti sayur, buah, padi, dan jagung. Hasil produksi tersebut disalurkan ke pasar-pasar sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi. Selain kebutuhan warga dalam negeri, kemajuan sarana transportasi juga berpengaruh terhadap pemenuhan masyarakat luar negeri. Hasil produksi dalam jumlah besar didistribusikan ke luar negeri menggunakan kapal. Kapal besar dapat mengangkut barang seberat ratusan ton serta menmpuh jarak jauh. Kemudahan proses distribusi membuat masyarakat dapat memperoleh kebutuhan dengan mudah. Akibatnya, konsumtif pun meningkat.
Muatan IPA
Menjelaskan Persamaan dan Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel
Rangkaian listrik dibagi menjadi dua jenis, yaitu rangkaian seri dan rangkaian parallel. Rangkaian seri merupakan rangkaian listrik yang hanya memiliki satu aliran edar saja(tanpa cabang), sedangkan rangkaian parallel merupakan rangkaian listrik yang memiliki aliran listrik lebih dari satu aliran edarnya (ada cabang).
Adapun persamaan dan perbedaan antara rangkaian seri dan parallel.
Berikut adalah persamaan antara rangkaian seri dan parallel;
         Daya dan arus listrik yang dibutuhkan dari kedua jenis rangkaian sama besar.
         Kedua jenis rangkaian dapat digunakan secara bersama-sama.
         Kedua jenis rangkaian memiliki kesamaan hambatan.
Hambatan listrik artinya kemampuan benda untuk menahan aliran arus listrik. Sebagai contoh, semakin panjang kabel yang digunakan maka hambatan listrik kemungkinan akan semakin besar pula.
Perbedaan antara rangkaian seri dan parallel dapat dilihat dari cirri khasnya beserta kelebihan dan kekurangan setiap rangkaian tersebut.
1.       Ciri khas rangkaian seri
         Rangkaian listrik yang hanya memiliki satu aliran saja.
         Membutuhkan sedikit komponen listrik sehingga biaya yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian lebih sedikit daripada rangkaian parallel.
         Cahaya lampu yang dihasilkan lebih sedikit redup. Selain itu, jumlah lampu yang digunakan pada rangkaian seri juga berpengaruh pada cahaya yang dihasilkan. Semakin banyak lampu yang digunakan, maka cahaya lampu yang dihasilkan semakin redup.
         Jika salah satu alat listrik dilepaskan dari rangkaian yang membuat kabel terpisah, akan mengakibatkan alat listrik lainnya padam.
2.       Cirri khas rangkaian paralel
·         Rangkaian listrik yang memiliki lebih dari satu aliran listrik.
·         Membutuhkan banyak komponen listrik sehingga  biaya yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian paralel lebih besar daripada rangkaian seri.
·         Cahaya lampu yang dihasilkan lebih terang. Selain itu juga jumlah lampu yang digunakan pada rangkaian parallel tidak berpengaruh terhadap cahaya yang dihasilkan. Semakin banyak lampu yang digunakan maka cahaya lampu akan tetap sama terangnya.
·         Jika salah satu aliran listrik diputus, maka tidak akan berdampak pada arus listrik di cabang lain sehingga alat listrik lain tetap menyala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer