Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Selasa, 19 November 2019

tema 3 subtema 3 pb 3


MATERI AJAR KELAS 6

Hari / Tanggal                     : Rabu, 20 November 2019
Tema                                     : 5 (Wirausaha)
Subtema                              : 3 (Ayo, Belajar Wirausaha)
Pembelajaran                    : 3
Muatan PB                          : IPA, Bahasa Indonesia

Muatan IPA
Cara Membuat Magnet

Ada beberapa cara membuat magnet,  yaitu dengan gosokan, induksi, dan aliran listrik.
a.       Membuat magnet dengan gosokan.
Membuat magnet dengan gosokan dilakukan dengan cara menggosokkkan magnet pada benda magnetis, misalnya besi. Gosokan dilakukan secara searah dan menggunakan kutub yang sama pada magnet. Semakin lama waktu penggosokan, semakin kuat sifat kemagnetan pada besi.
b.      Membuat magnet dengan induksi
Benda magnetis yang akan dibuat didekatkan pada magnet. Sebagai contoh, paku akan dibuat magnet. Paku tersebut didekatkan pada magnet. Paku sudah menjadi magnet. Paku tersebut dapat menarik benda magnetis lainnya. Magnet yang dibuat dengan cara induksi bersifat sementara. Jika magnet dilepas, sifat kemagnetan pada paku yang dibuat magnet juga hilang.
c.       Membuat magnet dengan dialiri listrik
Membuat magnet dengan dialiri  listrik dilakukan dengan cara melilitkan kabel ke benda magnetis yang akan dibuat magnet, misalnya besi. Kedua ujung kabel dihubungkan dengan baterai atau sumber listrik yang lain. Magnet yang dibuat dengan dialiri listrik disebut electromagnet. Electromagnet dapat menarik benda magnetis jika dihubungkan dengan sumber listrik. Jika sumber listrik dilepas, sifat kemagnetan pada electromagnet juga akan hilang. Electromagnet digunakan pada berbagai peralatan. Sebagai contoh, telepon, pengeras suara, krane, dan peralatan rumah sakit.


Muatan Bahasa Indonesia
Mengisi Formulir Pengiriman Barang
Kamu sudah mengetahui informasi yang terdapat dalam formulir pengiriman barang. Setelah memahami informasi apa saja yang harus diisi, kamu dapat mengisi formulir pengiriman barang. Mengisi formulir pengiriman barang harus menggunakan informasi yang benar, seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat. Hal tersebut untuk menghindari kesalahan dalam proses pengiriman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer