Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Rabu, 20 November 2019

tema 5 subtema 3 pb 4 dan 5


MATERI AJAR KELAS 6

Hari / Tanggal                     : Kamis, 21 November 2019
Tema                                     : 5 (Wirausaha)
Subtema                              : 3 (Ayo, Belajar Wirausaha)
Pembelajaran                    : 4 dan 5
Muatan PB                          : PKN, Bhs Indonesia, SBDP, IPS

Muatan PPKn
Tanggung Jawab Pemilik Wirausaha

Ayo ingat kembali tentang kegiatan wirausaha! Wirausaha merupakan kegiatan ekonomi yang didirikan dan dijalankan oleh satu sampai dua orang. Sebagai usaha yang dikelola secara perorangan, tentunya sebuah wirausaha seringkali menghadapi hambatan. Dalam menghadapi hambatan tersebut, pemilik usaha harus memiliki sikap kerja keras dan pantang menyerah. kedua sikap tersebut merupakan kunci menghadapi hambatan sehingga usaha dapat terus maju berkembang.
Pemilik wirausaha juga harus memiliki sikap tanggung jawab. Pemilik bertanggung jawab terhadap kualitas barang yang dihasilkan, kemasan yang digunakan, serta jangkauan pemasaran. Semua tanggung jawab tersebut sebaiknya dipenuhi oleh pemilik wirausaha juga harus bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang membantu usahanya. Misalnya, pemasok bahan baku, supir mengantar barang, dan penjual barang produksinya. Bentuk tanggung jawabnya dengan memberikan upah sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Tanggung jawab tersebut juga merupakan wujud saling menghargai dan menghormati antarusaha ekonomi.

Muatan Bahasa Indonesia
Mengidentifikasi Formulir Lembar Jawaban Komputer

Formulir Lembar Jawaban Komputer (LJK) digunakan untuk ujian masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya, seperti sekolah menengah dan perguruan tinggi. LJK ialah formulir isian berupa kertas yang akan diolah dengan computer dan pemeriksaan LJK memerlukan alat pemindai.
Penggunaan LJK memudahkan pemeriksa dalam memeriksa jawaban peserta ujian. Dengan LJK, waktu yang dibutuhkan sedikit lebih efektif. Dalam LJK biasanya terdapat kolom-kolom berikut:
·         Petunjuk
·         Nama peserta ujian
·         Nomor peserta ujian
·         Tanggal lahir peserta ujian
·         Nama mata ujian
·         Tanggal ujian
·         Tanda tangan peserta
·         Pilihan ganda untuk menjawab.





Pembelajaran 5
Muatan SBdP
Buklet

Buklet adalah salah satu promosi yang berbentuk seperti buku kecil. Buklet terdiri dari lembaran-lembaran kertas yang disatukan menjadi bentuk buku. Buklet bersifat sebagai media promosi atau anjuran kepada masyarakat. Buklet biasanya digunakan oleh pemilik usaha untuk mempromosikan produk mereka. Isi buklet biasanya berupa informasi tentang produk, misalnya buklet makanan berisi deskripsi atau cara penyajian makanan.
Bagian-bagian yang ada pada buklet, yaitu sampul depan dan isi buklet. Sampul depan berisi judul buklet, gambar, dan keterangan singkat perusahaan. Bagian isi buklet berisi informasi lengkap tentang produk yang ditawarkan. Gambar yang digunakan juga menarik sehingga pembaca nyaman saat membaca.

Muatan IPS
Upaya Pemerintah Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia

Salah satu kebijak MEA adalah adanya pengakauan mengenai mutu pendidikan dan pengalaman yang dimiliki oleh tenaga kerja negara anggota ASEAN. Kebijakan ini memberikan kemudahan kepada calon tenaga kerja untuk memperoleh lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.
Indonesia merupakan salah satu anggota ASEAN dengan jumlah penduduk terbanyak. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki calon tenaga kerja yang melimpah. Agar tenaga kerja Indonesia mampu bersaing dengan tenaga kerja negara lain, pemerintah melakukan beberapa upaya sebagai berikut.
·         Meningkatkan kualitas pendidikan dengan penerapan kewajiban jenjang pendidikan, seperti penerapan wajib belajar 12 tahun. Selain itu, pemerintah juga memberikan sarana pendidikan yang memadai.
·         Memberikan pelatihan lokakarya dan pelatihan pada calon tenaga kerja.
·         Memberikan bekal keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan di negara-negara asing.
·         Memilih calon tenaga kerja yang memenuhi persyaratan tenaga kerja yang diajukan oleh Masyarakat Ekonomi ASEAN.
·         Meningkatkan jumlah tenaga kerja terampil yang memiliki daya saing dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer