Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Minggu, 09 Februari 2020

tema 8 subtema 2 pb 5-6

Materi Ajar Kelas 6

Hari/Tanggal     : Senin, 10 Februrai 2020
Tema 8                : Bumiku
Subtema 2          : Bumiku dan Musimnya
PB                        : 5 dan 6

Dampak Cuaca Ekstrim bagi Masyarakat Pesisir
Cuaca ekstrim yang terjadi saat ini membuat kondisi nelayan di Indonesia memprihatinkan. Hujan deras disertai angin kencang dan gelombang air laut yang tinggi masih terus melanda di berbagai wilayah di Indonesia.

Pada kondisi cuaca seperti ini, sering terjadi kecelakaan yang menyebabkan hilangnya nelayan di laut. Ketika nelayan tidak dapat melaut, akan berdampak terhadap aktivitas sosial ekonominya. Kebutuhan bahan pokok seperti beras dan bahan pangan lainnya tidak terpenuhi karena tidak ada pemasukan dari hasil tangkapan ikan di laut.

Selain itu, masyarakat yang tinggal di pesisir pun mengalami kesulitan akibat cuaca yang ekstrim ini. Pasokan sumber pangan, air bersih, sanitasi, atau obat-obatan juga menjadi terhambat karena tranportasi antarpulau yang tidak memungkinkan. Untuk itu, perlu dipikirkan bagaimana cara agar nelayan itu dapat menyambung hidupnya.i

Teks Eksplanasi Perubahan Ketampakan Bulan
Sebenarnya bulan tidak memancarkan cahaya sendiri, bulan hanya memantulkan sebagian cahaya matahari yang diterimanya. Bentuk bulan berbeda-beda selama sebulan. Dilihat dari bumi, bulan selalu berubah-ubah, bergantung pada kedudukan bulan ketika mengelilingi bumi.

Perubahan Bentuk Bulan

Lebih jelasnya, silahkan melihat gambar dan penjelasan mengenai perubahan ketampakan bulan berikut :

  1. Pada kedudukan 1. Bulan terletak di antara matahari dan bumi. Akibatnya, permukaan bulan yang mendapat sinar matahari membelakangi bumi. Sehingga kita tidak dapat melihat Bulan. Kedudukan ini disebut bulan baru atau bulan muda. 
  2. Pada kedudukan 2. Separuh bagian bulan yang menghadap bumi kira-kira hanya seperempatnya yang terkena sinar matahari. Akibatnya, kita melihat bulan sabit. 
  3. Pada kedudukan 3. Bulan bergeser hingga kedudukannya terhadap matahari dan bumi membentuk sudut 90°. Dari separuh bagian bulan yang menghadap Bumi, hanya seperempat bagian bulan yang terkena sinar matahari. Sehingga bentuk bulan yang terlihat adalah setengah lingkaran. Kedudukan ini disebut bulan separuh.
  4. Pada kedudukan 4. Dari separuh bagian bulan yang menghadap bumi kira-kira tiga perempatnya terkena sinar matahari. Akibatnya, kita melihat bulan cembung.
  5. Pada kedudukan 5. Separuh permukaan bulan memantulkan cahaya matahari ke bumi. Akibatnya, kita melihat bulan purnama yang terjadi pada sekitaran hari ke-14 atau ke-15 setiap bulan dari tahun komariah.
Bulan sebenarnya tidak mengalami perubahan bentuk. Bentuk bulan tetap bulat. Bulan tampak berubah bentuk karena bulan mengelilingi bumi. Akibatnya, bagian bulan yang memperoleh cahaya matahari menjadi berubah-ubah pula. Karena kamu hanya dapat melihat bagian bulan yang terkena cahaya matahari, maka bentuk bulan terlihat selalu berubah-ubah.

Ayo Berkreasi
Selain bencana, pemandangan yang beraneka ragam di muka Bumi ini adalah hasil dari peristiwa alam dan buatan manusia. Perhatikan beberapa gambar di bawah ini!
Gambar Perpektif
Pada pertemuan minggu lalu, kamu telah berlatih untuk membuat gambar perspektif dengan mengikuti langkah-langkah yang ada. Sekarang, saatnya kamu mencoba untuk berlatih kembali agar kamu semakin mahir. Amati lingkungan sekitarmu. Pasti banyak pemandangan menarik yang dapat kamu gambar. Gunakan kreativitas dan teknik menggambar perspektif yang telah kamu pelajari sebelumnya untuk menghasilkan gambar yang baik!

                                         Pembelajaran 6

Keragaman Profesi
Amatilah gambar di atas.
1. Tuliskan keragaman yang kamu ketahui dari gambar tersebut!
Keragaman profesi yang ada di masyarakat menimbulkan hubungan saling ketergantungan antar profesi yang satu dengan yang lainnya.

2. Apa yang terjadi jika semua orang memiliki profesi yang sama?
Semua kebutuhan manusia tidak akan terpenuhi dan akan saling berebut lapangan pekerjaan.

3. Tuliskan cara yang dapat dilakukan agar seluruh masyarakat hidup rukun dan sejahtera meskipun memiliki keragaman pekerjaan!
Cara yang dapat dilakukan agar seluruh masyarakat hidup rukun mesti beberda profesi adalah dengan saling menghargai profesi masing-masing karena setiap profesi dibutuhkan untuk kelangsungan hidup suatu masyarakat.

4. Bagaimana saling ketergantungan antarprofesi?
Antara profesi yang satu dengan yang lainya saling membutuhkan. Seorang guru membtuthkan tukang sayur untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sedangkan tukang sayur membutuhkan seorang guru untuk mendidik anaknya. Guru dan penjual sayur juga bergantung pada petani dan nelayan.

5. Apa yang dimaksud dengan revolusi Bumi? Apa pengaruhnya dalam kehidupan kita? Jelaskan.
Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Bumi mengelilingi matahari pada orbitnya sekali dalam waktu 365¼.hari. Pengaruh revolusi bumi antara lain Perbedaan lama siang dan malam, Gerak Semu Tahunan Matahari, Perubahan Musim, dan Perubahan Kenampakan Rasi Bintang

6. Apa yang kamu ketahui tentang pemuaian?
Pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena pengaruh perubahan suhu atau bertambahnya ukuran suatu benda karena menerima kalor. Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, dan pada zat gas

7. Bagaimana pengaruh suhu terhadap perubahan benda?
Suhu tinggi maupun rendah akan berpengaruh terhadap perubahan benda, baik dalam ukurannya, bentuknya maupun wujudnya. Jadi, ukuran, bentuk dan wujud benda dipengaruhi oleh suhu, baik suhu panas atau suhu dingin. Perubahan suhu akan mengakibatkan perubahan terhadap benda (padat, cair, dan gas).

8. Sebutkan penyakit menular dan tidak menular yang dapat timbul karena perubahan suhu dan kurangnya menjaga kebersihan diri!

Nama PenyakitJenis PenyakitGejalaPenyebabCara Pencegahan
Influenza MenularMenggigil, demam, sakit kepala,
nyeri otot punggung, tubuh terasa
lemas, lelah, berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk - batuk, hidung berair, serta suhu tubuh meninggi
VirusMengkonsumsi air putih sebanyak - banyaknya dan istirahat yang cukup
Demam Berdarah MenularDemam secara tiba – tiba, sakit
kepala berat, sakit pada sendi
dan otot, serta timbul bintik - bintik merah pada kulit
Nyamuk Aedes AegyptiPenyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat
Diare MenularGejala luka, alergi zat tertentu,
penyakit dari makanan, kelebihan mengkonsumsi vitamin C
VirusMengkonsumsi cairan oralit
Tuberkulosis MenularBatuk lebih dari 2 minggu.
Rasa nyeri di dada.
Batuk yang mengeluarkan
dahak bercampur dengan darah.
Penurunan berat badan tanpa
ada suatu alasan yang jelas.
Mengalami demam, terutama
sore hari.
Keringat di malam hari.
Menurunnya nafsu makan.
BakteriMencegah kontak langsung dengan penderita dan Pemberian vaksin BCG
Cacar MenularDemam, sakit kepala, nyeri
tubuh dan ruam.
Virus Varicella ZosterMenjaga kebersihan dan Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah cacar air.
Malaria MenularMenggigil, demam tinggi,
dan berkeringat., Nyeri
pada otot, tulang, dan sakit
kepala. Rasa lemah dan
mudah lelah. Badan
menjadi kuning, Anemia,
Mual, muntah, dan
nafsu makan menurun.
Parasit PlasmodiumMembersihkan bak mandi dan menabur serbuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk.
Menyingkirkan atau menutup genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik-jentik nyamuk.
Disentri MenularDi samping diare, gejala
disentri lainnya meliputi
kram perut, mual atau
muntah, serta demam.
BakteriSenantiasa mencuci tangan dengan air bersih.
Selalu mencuci tangan sebelum makan, memasak, serta menyiapkan makanan
Jangan menggunakan handuk atau peralatan makan yang sama dengan pengidap.
9. Tuliskan cara yang dapat dilakukan sehari-hari untuk memelihara kebersihan dan kesehatan diri!
Kebersihan diri meliputi kebersihan seluruh anggota tubuh, termasuk gigi, rambut, serta pakaian yang dikenakan. Untuk menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan: Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi
  1. Mandi dua kali sehari
  2. Menggosok gigi ketika hendak tidur dan pagi hari setelah bangun tidur
  3. Memelihara kebersihan rambut, kuku, hidung, telinga, dan pakaian yang dikenakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Rabu 8 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Rabu 8 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : Matematika Assalamu'alaikum warohm...

Postingan Populer