Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Selasa, 04 Februari 2020

tema 8 subtema 1 pb 5-6


MATERI AJAR KELAS 6

Hari/ Tanggal : Rabu, 5 Februari 2020
Tema 8           : Bumiku
Sub Tema 1    : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
PB                  : 5 dan 6
Muatan           : Bahasa Indonesia , IPA, SBDP

Materi IPA 
Selain melakukan rotasi bumi juga melakukan revolusi. Revolusi bumi merupakan perputaran bumi mengelilingi matahari. Waktu yang diperlukan Bumi untuk mengelilingi matahari (kala revolusi) adalah 365 1/4  hari. Lama revolusi ini juga digunakn untuk menentukan waktu satu tahun. Oleh karena itu kala revolusi Bumi dalam satu tahun adalah 365 ¼ hari, maka setiap empat tahun sekali, revolusi bumi digenapkan menjadi 366 hari. Tahun yang terdiri atas 366 hari dikenal dengan tahun kabisat. Dalam tahun kabisat, terdapat penambahan satu hari di bulan februari menjadi 29 hari. Pengaruh revolusi bumi adalah sebagai berikut :
1.       Penanggalan kalender masehi (Syamsiah) yang memiliki jumlah hari dalam setahun sama dengan kala revolusi bumi yaitu 365 hari atau 366 hari
2.       Terjadinya gerak semu matahari. Gerak semu matahari merupakan posisi matahari yang berubah-ubah. Hal ini dikarenakan bumi mengalami revolusi dengan sumbu rotasi yang miring
3.       Terjadinya perbedaan lamanya siang dan malam. Hal ini dikarenakan perpaduan antara revolusi bumi dan kemiringan sumbu bumi terhadap bidang ekliptika (garis edar semu matahari).
·         Periode 21 maret hingga 21 september ; kutub utara mendekati matahari, sementara kutub selatan menjauhi matahari. Waktu siang hari dibelahan bumi utara lebih lama daripada waktu siang belahan bumi selatan
·         Periode 21 september hingga 21 maret: kutub selatan mendekati matahri, sementara kutub utara menajauhi matahari. Waktu siang hari di belahan bumi selatan lebih lama dari pada waktu siamng dibelahan bumi utara
4.       Perbedaan empat musim di negara-negara yang terletak pada wilayah subtropis bumi
5.       Adanya rasi bintang yang tampak berbeda setiap bulannya.
Materi Bahasa Indonesia
Ayo Mencoba!
Menjadi Reporter
Reporter adalah orang yang bertugas meliput berita di lapangan dan melaporkannya kepada publik. Laporan dapat berbentuk tulisan untuk media cetak. Laporan dapat berbentuk lisan yang disampaikan melalui media elektronik seperti radio dan televisi.
Dalam kegiatan ini, kamu akan bermain peran menjadi reporte cilik.
Bekerjalah bersama teman sebangkumu. Carilah informasi dari berbagai sumber tentang gerak revolusi bumi dan dampaknya.
Sajikan informasi yang kamu temukan dalam format Five Finger facts seperti gambar berikut  :

 


 olahlah kembali poin-poin informasi yang kamu dapatkan menjadi poin-poin berita dengan menggunakan gaya penyajian berita seperti seorang repoter

 

Materi SBDP


 

Tema 8           : Bumiku
Sub Tema 1    : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
PB                  : 6
Muatan           : Bahasa Indonesia , PKN, SBDP

Materi Bahasa Indonesia 
Karangan Nonfiksi ialah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Tulisan nonfiksi biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, , skripsi, tesis desertasi, makalah, dan sebagainya.
Perbedaan antara fiksi dan nonfiksi terletak pada masalah faktual atau tidak, imajiner atau tidak. Perbedaan antara keduanya sama sekali tidak ada hubungannya dengan gaya bahasa atau pun selain masalah fakta atau khayalan.
Karangan nonfiksi berusaha mencapai taraf objektivitas yang tinggi, berusaha menarik dan menggugah nalar (pikiran) pembaca. Bahasa karangan nonfiksi bersifat denotatif dan menunjukkan pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.
Nonfiksi dibagi menjadi dua seperti beikut :
1.       Nonfiksi murni berisi pengembangan berdasarkan data-data yang autentik
2.       Nonfiksi kreatif berawal dari data autentik kemudian dikembangkan sesuai imajinasi penulisnya yang pada umumnya dalam bentuk novel, puisi, prosa.
dari teks non fiksi berjudul “Keadaaan Alam Indonesia”, sajikan informasi penting yang kamu temukan dalam format berikut :

 
Materi PKN
Manfaat Pelaksanaa Kewajiban Pelajar dalam Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
Menjaga kebersihan penting untuk dilakuka karena akan memberikan berbagai manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut :
1.       Lingkungan menjadi bersih, sejuk, dan nyaman
2.       Terhindar dari penyaklit
3.       Tidak mudah terkena bencana akibat lingkungan kotor(misalnya banjir)
Jika pelajar atau masyarakat tidak menjaga kebersihan lingkungan, akan ada akibat yang dapat di timbulkan. Di antaranya adalah sebagai berikut :
1.       Lingkungan menjadi kotor dan tidak nyaman
2.       Penduduknya mudah terkena penyakit
3.       Mudah terjadi banjir dan tanah longsor  
Menjalankan kewajiban sebagai pelajar dalam menjaga kebersihan lingkungan sangat penting untuk dilakukan. Tidak hanya di sekolah, namun juga di rumah dan di lingkungan masyarakat. Jika semua pelajar bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan, indonesia dapat menjadi negara yang selalu terjaga kebersihannya.

Materi SBDP
Interval Nada G Mayor
Tangga nada G mayor memiliki nada G sebagai ada dasar atau nada pertama menjadi Do. Tangga nada G mayor memiliki urutan nada yaitu G – A – B – C – D – E – F – G’. Akan tetapi, interval nada tersebut belum sesuai dengan interval nada C mayor yaitu 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Ada satu nada yang harus dinaikkan agar inteval nadanya berubah. Nada tersebut adalah nada F. nada F dubah menjadi Fis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Rabu 8 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Rabu 8 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : Matematika Assalamu'alaikum warohm...

Postingan Populer