Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Selasa, 18 Februari 2020

tema 9 subtema 1 pb 5-6

Hari/Tanggal : Rabu, 19 Februari 2020

MATAHARI PUSAT SISTEM TATA SURYA
KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5

Matahari terbit di timur dan terbenam di sebelah barat setiap hari. Tidak pernah berubah hingga kini. Apa saja yang kamu amati ketika matahari terbit dan tenggelam? Adakah perbedaan yang kamu lihat dan rasakan ketika kamu menyaksikan peristiwa alam itu?

Buatlah paling sedikit dua pertanyaan yang berhubungan dengan peristiwa alam tersebut!

Mengapa matahari terbit dari timur?
Mengapa jika malam hari suasana menjadi gelap?

Ayo Berdiskusi
Peristiwa terbit dan tenggelamnya matahari merupakan salah satu peristiwa alam. Kedua peristiwa tersebut menunjukkan keteratura yang terus berlangsung hingga saat ini. Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan hal-hal berikut ini:

1. Adakah keteraturan peristiwa alam yang kamu amati selain peristiwa Matahari terbit dan tenggelam tersebut?
Jawaban :
Ada. Diantaranya rotasi Bumi yang selalu teratur arah rotasinya. Peredaran planet-planet yang teratur pada jalur orbitnya. Keteraturan arah revolusi bulan terhadap Bumi. Keteraturan rotasi satelit-satelit planet lainnya terhadap planetnya masing-masing, dan sebagainya.

2. Bagaimana kamu menjelaskan makna keteraturan?
Jawaban :
Keteraturan adalah suatu kesamaan keadaan/kegiatan, atau suatu proses yang terjadi beberapa kali/berulang dimana proses tersebut terjadi secara baik/rapi/teratur


3. Bagaimana keteraturan memberikan manfaat kepada manusia?
Jawaban :
Keteraturan peredaran benda langit pada orbitnya memberi manfaat bagi manusia terutama dalam menentukan arah/posisi melalui rasi bintang
Keteraturan rasi bintang digunakan manusia untuk menentukan waktu yang tepat untuk memulai masa tanam/menggarap sawah
Keteraturan angin darat dan angin laut bermanfaat bagi manusia saat melaut
Adanya keteraturan siklus air bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia
Adanya keteraturan siklus siang dan malam bermanfaat bagi manusia dalam menentukan waktu beraktivitas dan waktu istirahat

4. Keteraturan seperti apa yang kamu harapkan terjadi di sekitarmu?
Jawaban :
Keteraturan dalam bersosialisasi/berinteraksi antar manusia
Keteraturan dalam berinteraksi dengan alam/lingkungan

5. Bagaimana memastikan terjadinya keteraturan di dalam kehidupan pribadimu?
Jawaban :
Dengan berkomitmen/berdisiplin melaksanakan segala hal yang sudah menjadi kewajiban saya dan menyeimbangankan kewajiban tersebut dengan hak saya, sehingga terjadi keteraturan.

6. Bagaimana memastikan terjadinya keteraturan dalam hidup bermasyarakat?
Jawaban :
Keteraturan dalam masyarakat akan terjadi apabila setiap individu melaksanakan kewajiban dan menerima haknya sesuai ketentuan/seimbang

Jelaskanlah hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran. Lalu, presentasikanlah di dalam kelompok kecil di dalam kelas. Catatlah hal-hal menarik dan baru dari hasil diskusi dengan teman-temanmu. Tuliskanlah beberapa pertanyaan yang muncul pada saat diskusi tersebut.

Bacalah kembali artikel tentang "Mengenal Tata Surya" pada pembelajaran 2. Bacaan "Matahari Pusat Sistem Tata Surya". Melalu dua bacaan tersebut, kita dapat melakukan pengelompokan sifat-sifat anggota tata surya

Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukan pengelompokan anggota tata surya dengan melengkapi tabel berikut.

Urutkan planet di dalam tata surya dari yang terdekat hingga terjauh dari matahari.
Urutkan planet dari yang terpanas hingga yang terdingin
urutan planet terpanas-terdingin
Urutkan planet yang melakukan rotasi paling cepat hingga yang paling lambat
Urutan planet berdasarkan kecepatan rotasi
Urutkan planet yang melakukan revolusi dari yang paling cepat ke yang paling lambat
urutan planet berdasarkan kecepatan revolusi
Perbedaan dan persamaan antara planet dalam dan planet luar
Perbedaan dan persamaan planet dalam dan planet luar
Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari kegiatan pembelajaran di atas?
Adakah pertanyaan yang kamu miliki sehubungan dengan keteraturan dalam tata surya setelah melakukan kegiatan tersebut?
Mengapa letak orbit (garis edar) tiap planet itu berbeda?

Ayo Menulis
Lengkapi diagram berikut ini setelah kamu membaca cerita fiksi di atas!
Jawaban: Judul Cerita : Masih adda Waktu, Arya!
Pengarang: Diana Karitas
Watak Tokoh Utama : Sayang Saudara, Rela berkorban demi keteraturan
Watak Tokoh Tambahan : Sayang anak, Bijaksana
Gambar Tempat peristiwa : 
Gambaran tempat peristiwa adalah di tempat pembelian tiket gedung bioskop, dimana terjadi antrian yang cukup panjang.
Antre tiket bioskop (bangka.tribunnews.com)
Hubungan antara Tokoh Utama dan Tokoh Tambahan
Hubungan keluarga, antara ayah dan anaknya
Isi Cerita
Arya senang sekali karena hendak menonton film bersama ayahnya di bioskop. Namun kegembiraannya mulai memudar begitu mengetahui banyaknya penonton yang ingin melihat film tersebut, yang menyebabkan terjadinya antrian yang cukup panjang. Arya pun mulai murung, dia sempat berpikir seandainya tadi sepeda kakaknya tidak rusak, dana ayah tidak memperbaiki sepeda kakaknya, mungkin ia dan ayah bisa datang lebih awal, sehingga tidak perlu mengantri lama. Mengetahui hal tersebut ayah Arya menasihatinya dan Arya bisa memahaminya. Tiba-tiba terdengar suara anak perempuan yang kesakitan perutnya. Mengetahui hal tersebut Arya berinisiatif untuk mempersilahkan anak perempuan dan orang tua tersebut untuk lebih dahulu daripada Arya untuk membeli tiket. Arya berpikir, jika dia tidak mengalah, maka akan timbul suasana tidak teratur di antrean akibat sakitnya anak perempuan tersebut. Arya ingin memastikan semua tetap teratur dan dapat melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah direncanakan. Ayah bangga dengan keputusan Arya tersebut.

Apa yang terjadi jika Arya tidak cepat mempersilakan orang dibelakangnya mengambil antreannya? Lanjutkan cerita di atas dengan menggunakan imajinasimu. Lalu, tulislah hasil pengembangan ceritamu ke dalam sebuah paragraf.

Arya senang sekali karena hendak menonton film bersama ayahnya di bioskop. Namun ia jadi murung setelah melihat antrean pembelian tiket yang cukup panjang. Arya sempat berpikir seandainya ayahnya tidak memperbaiki sepeda kakaknya yang rusak, mungkin mereka bisa datang lebih awal dan tidak antre terlalu lama. Ayah menasihati Arya, namun Arya tetap cemberut. Tiba-tiba anak perempuan yang antre dibelakang Arya mengeluh perutnya sakit, karena kebelet untuk ke toilet untuk buang air besar. Namun Arya tidak peduli, karena sebentar lagi adalah gilirannya setelah menunggu lama. Akibat dari tindakan Arya tersebut adalah anak perempuan yang masih kecil itu akhirnya buang air besar di tempat, karena tidak tertahankan. Tentu saja peristiwa tersebut menimbulkan kekacauan, antrean yang rapi jadi rusak, karena beberapa orang yang dekat dengan peristiwa menyingkir menjauh, mengetahui itu beberapa orang berniat menerobos antrean, dan hal ini menimbulkan pertengkaran di kalangan calon pembeli tiket. Untuk menghindari kekacauan dan pertengkaran lebih parah, maka pihak bioskop menutup sementara tiket pembelian, sehingga tidak ada calon pembeli tiket yang bisa dilayani, termasuk Arya. Arya menjadi menyesal atas tindakannya tersebut.

PENTINGNYA PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA
TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6 

Perhatikan gambar kegiatan berikut ini dengan saksama. Lalu, diskusikan pendapatmu dengan teman sekelompokmu tentang peristiwa dalam gambar dengan upaya keteraturan yang diupayakan masyarakat
Gambar 1 menunjukkan tentang keteraturan yang terjadi saat pengunjung kebun binatang sedang antri untuk membeli tiket. Tidak ada desak-desakan untuk saling mendahului antar pengunjung yang ingin membeli tiket, sehingga tidak terjadi konflik diantara mereka. Dengan tidak ada/berkurangnya konflik, maka diharapkan akan muncul persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat

Gambar 2 menunjukkan keteraturan dalam berbaris saat siswa mengikuti kegiatan upacara/kegiatan yang lain. Dengan adanya keteraturan tersebut maka diharapkan akan muncul kebersamaan dan kekeluargaan tanpa adanya diskriminasi, sehingga akan muncul sikap persamaan derajat, yang pada akhirnya akan menimbulkan sikap persatuan dan kesatuan di kalangan siswa.

Ayo Berdiskusi
A. Bersama kelompokmu, lakukanlah kegiatan sebagai berikut :
Bacalah kembali bacaan "Pentingnya persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia" dengan saksama. Tentukan beberapa informasi-informasi penting yang terdapat di dalam bacaan.
Gunakan tabel berikut ini untuk mengingat ide-ide pokok dari bacaan tersebut.
Diskusikan bersama dengan kelompokmu peristiwa-peristiwa yang terjadi yang menunjukkan pentingnya persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri, masyarakat serta bangsa dan negara. Kamu dapat menggunakan berbagai sumber informasi untuk menjelaskan peristiwa tersebut
Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas dengan memberikan kesempatan kelompok lain untuk memberikan pertanyaan berdasarkan presentasimu.
B. Dari hasil diskusi dan presentasi dari kelompokmu dan kelompok lain, catatlah hal-hal menarik dan tuliskanlah pertanyaan yang berhubungan dengan isi presentasi tersebut. Catat dan tuliskanlah di tempat yang tersedia.
Hal menarik :
Pentingnya persatuan dan kesatuan
Keteraturan
Budaya antri
Gotong royong
Peran sikap jujur

Pertanyaanku :
Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
Apa sebab keteraturan di sebagian besar masyarakat masih kurang?
Mengapa budaya antri di negara Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan negara lain?
Apa yang dimaksud dari gotong royong?
Mengapa sikap jujur sangat penting dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa?

Lengkapi diagram berikut ini!


Tuliskan ringkasanmu di sini

Wina mendapat tugas menulis cerpen yang harus segera dikumpulkan esok hari. Untuk mempersingkat waktu, Wina menyalin cerpen dari majalah lama. Esok paginya Wina mengumpulkan tugasnya kepada Boy, si ketua kelas. Tera sebagai teman sebangku menyarankan agar Wina tidak melakukan plagiat.

Ketika Ibu Indi sebagai guru membagikan tugas menulis cerpen yang sudah diperiksan, bu Indi memberi penghargaan kepada Wina berkat tulisan cerpennya yang bagus dan meminta Wina maju ke depan untuk membacakan cerpennya. Wina kemudian berkata jujur kepada bu Indi dan semua teman-temannya kalau karya cerpennya adalah hasil menyalin dari cerpen majalah lama. Bu Indi dengan bijaksana tidak marah, tetapi tetap memberi hukuman yang adil kepada Wina untuk membuat cerpen lagi untuk dikumpulkan esok harinya, dan Wina dengan senang hati menerima hukuman tersebut.

B. Lengkapilah tabel berikut ini berdasarkan cerita di atas. Jelaskan setiap tokoh tambahan yang ada di dalam cerita dengan wataknya sesuai dengan imajinasimu berdasarkan cerita di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jumat 26 April 2024

 Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 26 April 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh Apa...

Postingan Populer