Muatan Pembelajaran : IPAS : Krisis Energi
Capaian Pembelajaran IPAS
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; gelombang bunyi dan cahaya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; krisis energi dan upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya; sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah di provinsi tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat mendemonstrasikan konsep gelombang cahaya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan mengidentifikasi macam-macam norma dan contohnya
IPAS
Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau mengalami perubahan, sedangkan sumber energi adalah segala sesuatu di alam yang dapat menghasilkan energi. Sumber energi dibagi menjadi dua jenis utama: terbarukan (seperti matahari, air, dan angin) yang tidak akan habis, dan tidak terbarukan (seperti bahan bakar fosil dan nuklir) yang ketersediaannya terbatas.
Sumber Energi
Sumber energi adalah bahan atau sumber daya alam yang digunakan untuk menghasilkan energi.
1. Sumber energi terbarukan
Sumber daya alam yang persediaannya dapat diperbaharui atau tidak akan habis karena selalu tersedia di alam. Contoh:Matahari: Sumber energi utama, dimanfaatkan untuk cahaya dan panas, serta diubah menjadi listrik melalui panel surya.
Air: Digunakan melalui turbin di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk menghasilkan listrik.
Angin: Memutar kincir angin (aerogenerator) untuk menghasilkan listrik.
Panas bumi (Geothermal): Memanfaatkan panas dari dalam bumi.
Biomassa: Bahan organik seperti tumbuhan yang dapat diolah menjadi bahan bakar seperti biofuel.
2. Sumber energi tidak terbarukan
Sumber daya alam yang persediaannya terbatas dan akan habis jika terus-menerus digunakan. Contoh:Bahan bakar fosil: Terbentuk dari sisa-sisa makhluk hidup yang terkubur jutaan tahun, seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara.
Nuklir: Energi yang dihasilkan dari reaksi inti atom.
Latihan Soal
1. Manusia menggunakan energi untuk memenuhi kebutuhannya. Berikut ini energi yang dapat habis apabila digunakan terus-menerus yaitu. . . . . .
A. energi angin
B. energi air
C. energi listrik
D. energi panas bumi
2. Perhatikan gambar berikut!

Gambar di atas menunjukkan salah satu peralatan yang bermanfaat bagi manusia. Berikut ini kegunaan dan sumber energi peralatan tersebut secara berurutan yaitu. . .
A. memberikan hiburan, energi angin
B. memberikan hiburan, energi listrik
C. mendinginkan udara, energi angin
D. mendinginkan udara, energi listrik
3. Perhatikan tabel berikut!
Nama Peralatan
1 Wajan
2 Solder
3 AC
4 Closet duduk
Peralatan di atas yang memerlukan energi listrik dalam penggunaannya yaitu nomor. . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 3 dan 4
4. Adit dan keluarganya menggunakan air dari sumur bor untuk keperluan mandi, mencuci piring, dan lain-lain. Di rumah Adit terdapat pompa air yang berfungsi untuk mengalirkan air. Alat tersebut menggunakan sumber energi. . .
A. listrik
B. angin
C. panas
D. kimia
5. Terjadi pemadaman listrik di sekolah saat pagi hari. Siswa dan guru tampak berada di dalam kelas. Berikut ini kegiatan yang tidak dapat dilakukan oleh siswa dan guru saat itu yaitu. . .
A. melakukan diskusi kelompok
B. menulis jawaban di papan tulis
C. membaca buku dengan nyaring
D. mencari informasi di internet
A. memberikan hiburan, energi angin
B. memberikan hiburan, energi listrik
C. mendinginkan udara, energi angin
D. mendinginkan udara, energi listrik
3. Perhatikan tabel berikut!
Nama Peralatan
1 Wajan
2 Solder
3 AC
4 Closet duduk
Peralatan di atas yang memerlukan energi listrik dalam penggunaannya yaitu nomor. . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 3 dan 4
4. Adit dan keluarganya menggunakan air dari sumur bor untuk keperluan mandi, mencuci piring, dan lain-lain. Di rumah Adit terdapat pompa air yang berfungsi untuk mengalirkan air. Alat tersebut menggunakan sumber energi. . .
A. listrik
B. angin
C. panas
D. kimia
5. Terjadi pemadaman listrik di sekolah saat pagi hari. Siswa dan guru tampak berada di dalam kelas. Berikut ini kegiatan yang tidak dapat dilakukan oleh siswa dan guru saat itu yaitu. . .
A. melakukan diskusi kelompok
B. menulis jawaban di papan tulis
C. membaca buku dengan nyaring
D. mencari informasi di internet
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah


Tidak ada komentar:
Posting Komentar