Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Minggu, 26 Januari 2020

tema 7 subtema 2 pb 5-6


MATERI AJAR KELAS 6

Hari/Tanggal  : Senin, 27 Januari 2020
Tema 7           : Kepemimpinan
Sub Tema 2    : Pemimpin Idolaku
PB                  : 5
Muatan           : sbdp, pkn, bhs indonesia

Materi SBDP
Unsur-Unsur Tari
Tari daerah memiliki beberapa unsur tari. Unsur tari merupakan kesatuan yang saling mendukung sehingga menciptakan sajian tari yang indah dan harmonis. Unsur-unsur tari menjadi ciri khas suatu tari sehingga dapat dibedakn dari tari lainnya. Unsur-unsur tari berpasangan sama dengan tari tunggal maupun tari berkelompok, berikut unsur-unsur tari :
1.       Gerak
Gerak tari merupakan rangkaian gerakan indah anggota tubuh yang dapat dinikmati oleh orang lain. Gerak tari diperagakan berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga. Gerak tari terbagi atas dua macam yaitu gerak murni dan gerak maknawi. Gerak tari murni yaitu gerak yang tidak mengandung arti namun tetap memntingkan keindahan. Sebaliknya gerak maknawi mempunyai arti tertentu.
2.       Tata Busana
Tata busana tari meliputi semua pakaian yang dkenakan penari saat pertunjukan. Tata busana tari disesuaikan dengan konsep, tema, karakter, dan bentuk tarian. Tata busana membantu penonton memahami makna tari. Busana dapat menunjukkan ciri, peran, atau tokoh yang ditarikan oleh penari. Tata busana juga memperlihatkan kesesuain hubungan antara peran dengan karakter tarian yang dibawakan.
3.       Tata Rias
Tata rias tari adalah seni penggunaan alat-alat rias untuk mengangkat cerita dan membedakan karakter tari. Alat-alat rias yang digunakan misalnya bedak, lipstik, pensil, alis, perona mata, serta perona pipi. Tujuan rias wajah adalah untuk mengubah tampilan wajah penari sesuai dengan jenis karakter tarian yang dibawakan.
4.       Iringan Tari
Iringan tari merupakan bunyi-bunyian untuk mendukung suasana tari. Iringan tari dapat berupa permainan alat musik modern maupun tradisional. Iringan tari juga dapat berupa bunyi yang berasal dari gerakan tubuh, seperti tepuk tangan , entakan kaki, siulan, atau nyanyian.
5.       Properti Tari
Properti tari meliputi semua alat yang digunakan oleh penari dalam melakukan gerakan tari. Properti tari dapat berupa selendang, kipas, topeng, piring, kuda kepang, keris, tombak dan tameng. Pemilihan properti tari disesuaikan dengan jenis tari yang akan ditampilkan.
6.       Tempat Pertunjukkan
Tempat pertunjukkan tari biasa disebut panggung. Secara umum, jenis pentas tari ada dua yaitu pentas tertutup dan pentas terbuka. Pentas tertutup diadakan dalam ruang kelas, gedung atau aula. Sementara itu, pentas terbuka dapat diadakan di lapangan, taman, halaman rumah, atau halaman sekolah.

Ayo Mencoba!
1.       Lihatlah sebuah video tari daerah yang dilakukan secara berpasangan
2.       Perhatikan keunikan unsur-unsur tari tersebut
3.       Tuliskan hasil pengamatanmu, lalu bacakan di depan teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada bapak/ibu guru.
PKN
Kegiatan Musyawarah di Lingkungan Sekitar
                Di lingkungan sekitar, kita tentu menemukan kegiatan musyawarah. Kegiatan musyawarah untuk mufakat merupakan pencermianan dari pengamalan sila keempat pancasila. Sila keempat berbunyi “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Ayo Berdiskusi!
Tuliskan contoh-contoh kegiatan bermusyawarah di lingkungan sekitarmu. Tuliskan hasil diskusimu dlam bentuk tabel seperti berikut.

 

Bahasa Indonesia
Menyusun Naskah Pidato
 


Tema 7           : Kepemimpinan
Sub Tema 2    : Pemimpin Idolaku
PB                  : 6
Muatan           : SBDP, BHS INDONESIA

SBDP
Ayo Berlatih !
Nilai persatuan dan kesatuan harus dimiliki seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang memilki nilai persatuan akan bersikap dan bertindak demi keutuhan para anggota yang dipimpinnya. Apalagi di indonesia yang terdiri atas beragam suku bangsa, kesenian, dan adat istiadat. Peran pemimpin sangat diperlukan untuk menjembatani semua keragaman itu.
Dalam subbab ini kamu akan mempelajari salah satu kesenian daerah yaitu tari daerah yang dilakukan secara berpasangan. Bersama teman-temanmu, bermusyawarahlah untuk memilih salah satu tarian daerah yang dilakukan secara berpasangan. Selanjutnya, berlatihlah hingga gerakan kalian benar dan kompak.

Bahasa Indonesia
Menyampaikan Pidato Secara Lisan
Hal-hal yang diperhatikan saat menyampaikan pidato
1.    Memahami isi pidato
2.    Mampu mencairkan suasana
3.    Tidak hanya melihat pada teks
4.    Menggunakan bahasa yang baik
5.    Menggunakan gerakan tubuh yang wajar
6.    Menggunakan intonasi dan ekspresi wajah yang tepat
7.    Berpenampilan sopan, percaya diri, dan penuh semangat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Soal Ujian Sekolah (US), Senin 13 Mei 2024

Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Hari/Tanggal : Senin 13 Mei 2024 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia A. Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang pa...

Postingan Populer