Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Minggu, 12 Januari 2020

tema 6 subtema 2 pb 5 dan 6

MATERI AJAR KELAS 6

Hari/ Tanggal : Senin,  13 Januari 2020
Tema 6           : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 2    : Membangun Masyarakat Sejahtera
PB                  : 5
Muatan           : IPA, Bahasa Innonesia
                         
Bahasa Indonesia
Membandingkan lnformasi Sebelum dan Sesudah Membaca Teks Nonfiksi
Salah satu persiapan menghadapi masa pubertas adalah mencari informasi tentang masa pubertas. Kita bisa mendapatkan informasi tentang masa pubertas dengan membaca teks nonfiksi. Sekarang, kita akan membaca teks nonfiksi tentang masa pubertas. Lalu, kita bandingkan informasi sebelum dan sesudah membaca teks nonfiksi. Ayo, kita baca teks berikut dengan saksama.

Ciri -Ciri Masa Pubertas Perempuan dan Laki -laki

Pubertas dialami ketika manusia memasuki usia remaja. Pada masa pubertas terjadi perubahan fisik. Perubahan fisik remaja laki-laki dan perempuan berbeda. Usia mengalami masa pubertas antara laki-laki dan perempuan juga berbeda. Biasanya, masa pubertas lebih cepat dialami oleh perempuan. Pubertas pada perempuan dialami pada usia 1 O hingga 16 tahun. Sementara itu, pubertas pada laki-laki terjadi pada usia 12 hingga 16 tahun.

Pada perempuan, ciri masa pubertas yang pertama adalah payudara mulai membesar. Selain itu, rambut ketiak dan sekitar kemaluan mulai tumbuh. Pada masa pubertas, perempuan juga mengalami menstruasi. Menstruasi adalah keluarnya darah dari kemaluan perempuan. Menstruasi terjadi karena peluruhan dinding rahim.

Ciri masa pubertas pada laki-laki adalah mulai membesarnya jakun di leher. Pada masa pubertas laki-laki, rambut di ketiak dan sekitar kemaluan juga mulai tumbuh. Selain itu, laki-laki yang mengalami masa pubertas sudah memproduksi sperma. Sperma diproduksi di testis. Jika testis penuh, sperma akan dikeluarkan dengan cara mimpi basah.

Ayo Berlatih
Kamu telah mencari bacaan tentang ciri-ciri masa pubertas. Jawablah pertanyaan mengenai bacaan yang sudah kamu peroleh.
1. Apa judul bacaan yang kamu peroleh?
2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul bacaan dengan 
    informasi yang kamu peroleh setelah membaca bacaan?
3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca bacaan?
IPA
Udin dan teman-teman adalah siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Rata-rata umur Udin dan teman-teman 12 tahun. Udin dan teman-teman ada yang sudah memasuki masa pubertas, namun ada juga yang belum memasuki masa pubertas. Mereka berkelompok melakukan kegiatan bersama. Mereka akan berdiskusi mengenai masa pubertas. Ingatkah kamu mengenai masa pubertas?

Ayo Berlatih

  Ingatkah kamu yang dimaksud masa pubertas? Tuliskan pengertianmu mengenai masa pubertas pada kolom berikut.

Ayo Mengamati

  Buatlah kelompok terdiri atas 3 anak. Setiap kelompok beranggotakan anak dengan jenis kelamin sama. Anak laki-laki satu kelompok dengan anak laki- laki. Anak perempuan satu kelompok dengan anak perempuan. Apakah kamu dan teman-teman satu kelompok sudah memasuki masa pubertas? Lakukan pengamatan secara kelompok. Adapun langkah-langkah pengamatan sebagai berikut.
  1. Secara bergantian setiap kelompok melakukan pengamatan terhadap semua anggota 
           kelompoknya.
  2. Buat urutan daftar ciri-ciri masa pubertas.
  3. Cocokkan ciri-ciri masa pubertas dengan keadaan temanmu sesuai pengamatan yang kamu 
           lakukan.
  4. Buat kesimpulan hasil pengamatanmu terhadap teman-teman satu kelompokmu.
  5. Tuliskan hasil kesimpulan setiap anggota kelompok dalam bentuk tabel seperti berikut.
Sub Tema 2    : Membangun Masyarakat Sejahtera
PB                  : 6
Muatan           : PPKN, B. Indonesia, SBdP

PPKn
Melaksanakan Hak dalam Pemilu
Melaksanakan hakdalam pemil u berperan penting untukkesejahteraan. Selain itu, melaksanakan hak dalam pemilu juga mendukung tercapainya tujuan nasional. Melaksanakan hakdalam pemilujuga dapat mempercepat pembangunan. Mewujudkan pemerintahan yang demokratis juga dapat diraih dengan melaksanakan hak dalam pemilu.
Melaksanakan hak tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga bermanfaaat untuk orang lain bahkan negara.
 Berikut ini adalah contoh pentingnya melaksanakan hak.

Bentuk Pelaksanaan Hak-Hak Warga Negara
1. Bela jar dengan tekun di sekolah.
2. Bela jar tarian-tarian daerah Indonesia.
3. Mengikuti kompetisi tingkat internasional.
4. Melaksanakan ibadah sesuai agama masing-masing.
5. Menjaga kerukunan dalam perbedaan suku dan agama.

Pengalamanku Melaksanakan Hak
Salah satu hak yang aku miliki adalah memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan. Ketentuan hukum yang menjamin hak tersebut adalah Pasal 28H ayat (1) dalam Undang-Undang Dasar 1945.
Oleh karena itu, ketika sakit aku menggunakan fasilitas pelayanan kesehatanyang tersedia.Terakhir kali,aku menggunakan fasilitas kesehatan adalah saat sakit flu. Setelah berobat, sakit flu yang aku derita cepat sembuh. Aku dapat belajar di sekolah lagi. Keluarga dan teman-temanku juga tidak tertular flu.


Bahasa Indonesia
Mengapa Harus Melaksanakan Hak? 
Hak warga negara berkaitan erat dengan tujuan nasional yang tercantum dalam UUD 1945 alinea keempat. Oleh karena itu, hak warga negara harus dilaksanakan. Dengan melaksanakan hak, tujuan nasional menjadi mudah tercapai. Sebelum melaksanakan hak, kita terlebih dahulu melaksanakan kewajiban.
Hak dan kewajiban harus dilaksanakan dengan seimbang. Pelaksanaan hak dan kewajiban yang seimbang akan membawa banyak manfaat. Jika keduanya dilaksanakan dengan seimbang, kita bisa mewujudkan kehidupan yang harmonis. Selain itu, kesejahteraan hidup juga dapat tercapai.
Pelaksanaan hak memiliki peranan penting. Misalnya, jika kita melaksanakan hak dalam pemilu, kita turut menentukan kebijakan politik. Hak yang bisa kita lakukan dalam pemilu adalah memberikan pendapat. Sela in itu, kita harus memberikan hak suara untuk menentukan wakil rakyat.

Kita sudah membaca teks berjudul Mengapa Harus Melaksanakan Hak.
Kita bisa menentukan kalimat utama dan gagasan utama paragraf teks tersebut.
Kita juga bisa menentukan gagasan utama teks.

SBdP
Memperagakan Gerak Tari Tunggal dengan Properti

Sebel umnya, Made tel ah memperagakan geraktari tunggal dengan properti. Made akan memperagakan gerakan lanjutannya. Ayo, kita perhatikan gerakan yang diperagakan Made berikut.

Menampilkan Tari Tunggal di Depan Kelas 
Made telah berlatih gerak tari tunggal menggunakan properti. Made akan menampilkan tari tunggal di depan kelas. Sebelum pentas, Made menyiapkan busana dan properti. Made juga menyiapkan iringan musik. Busana yang disiapkan Made adalah celana panjang, baju, dan selendang. Properti yang disiapkan made adalah tongkat kayu. Sementara itu, iringan musik yang disiapkan Made adalah lagu bertema pahlawan. Setelah semua siap, Made pun tampil menari dengan penuh percaya diri. 
Kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Soal Ujian Sekolah (US), Senin 13 Mei 2024

Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Hari/Tanggal : Senin 13 Mei 2024 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia A. Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang pa...

Postingan Populer