Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Sabtu, 02 September 2023

Kesimpulan Jumat 9 September 2023

 Hak dan Tanggung Jawab

Ani adalah putra Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membuat bekal makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.
1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!
Ani mendapatkan pendidikan, makanan yang sehat, dan perhatian dari orang tua.
2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, karena Ani mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tuanya. Contohnya Ani bersekolah untuk mendapat pendidikan, mendapat peralatan sekolah, dan bekal makanan.
3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?
Ani akan menjadi orang cerdas dan sehat sehingga ketika dewasa ia dapat mencapai cita-cita.
4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, Ani bertanggung jawab terhadap hak yang ia peroleh. Contohnya adalah Ani selalu mematuhi nasihat orang tua, rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas.
5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya maka Ani akan gagal. Orang tuanya akan kecewa,  serta akan merusak masa depannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer