Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Senin, 26 Agustus 2024

Materi Ajar Kelas 5 (Selasa 27 Agustus 2024)

Materi Ajar

Hari/Tanggal : Selasa 27 Agustus 2024
Fase/Kelas : C/5
Mata Pelajaran : IPAS

Mata Pelajaran : IPAS
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; gelombang bunyi dan cahaya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; krisis energi dan upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya; sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah di provinsi tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.

Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat membuat informasi terkait cara menjaga kesehatan mata dan telinga.

IPAS

A. Cara Menjaga Kesehatan Mata
Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Kesehatan Telinga




CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Tujuan pembelajaran : mengidentifikasi unsur istrinsik dalam cerita, dan jenis-jenis menggambar.

Bahasa Indonesia 
unsur instrinsik dalam cerita
Unsur intrinsik adalah unsur pembangun dari dalam cerpen. Unsur intrinsik adalah unsur penting yang tidak boleh dilewatkan dalam karya sastra. Komponen-komponennya terdiri dari tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat.

Salah satu unsur intrinsik cepen adalah tokoh. Tokoh utama cerita dapat berupa manusia, hewan, atau benda yang mengalami permasalahan di dalam cerita. Plot adalah rangkaian kejadian dalam sebuah cerita yang mempunyai hubungan sebab-akibat. Plot menggambarkan bagaimana tokoh cerita menyelesaikan permasalahannya. Tindakan atau perbuatan tokoh dipengaruhi oleh watak atau sifatnya.

Pada cerita “Aku Anak Indonesia”, kalian mengetahui bahwa tokoh Juna memiliki sifat ramah, senang berteman, dan menikmati menjadi pusat perhatian. Ia mencairkan keraguan Hana dengan komentar-komentar lucunya. Nah, bagaimana sifat tokoh yang lain? Apa yang mereka lakukan dalam cerita? 
Cerpen
Semua tindakan tokoh ini membangun adegan-adegan yang terangkai dalam plot cerita. Hubungan antara sifat tokoh dan apa yang dilakukannya dalam cerita membantumu menyimpulkan runtutan alur cerita.

Plot cerita “Aku Anak Indonesia” menggambarkan cara Hana mengatasi permasalahannya. Tindakan Hana merupakan bagian dari plot. Tindakan Hana juga menunjukkan sifatnya. Akhir cerita menggambarkan penyelesaian masalah Hana.
No.Nama TokohSifat TokohTindakannya
1.HanaMandiri, berani, dan terbuka, tetapi kadang suka cemasCemas menghadapi hari pertama sekolahnya, tetapi dia berangkat sekolah sendiri, berani berpendapat dan memperkenalkan dirinya secara terbuka.
2.JunaCeria, ramah, suka menjadi pusat perhatianMengacungkan tangan dan bertanya kepada Hana di depan kelas.
3.Ibu PertiwiPenuh perhatian dan berwawasan luasMembesarkan hati dan memberikan penjelasan yang baik.
4.SalimAktif dan percaya diriMenanggapi pertanyaan guru secara cepat dan berteriak spontan saat melihat sesuatu yang mengejutkannya

Sekarang, tentukan permasalahan yang dihadapi Hana dan akhir permasalahan di akhir cerita “Aku Anak Indonesia”. Gambar dan isilah diagram berikut di buku tulis kalian.

1.Permasalahan Hana
Hana cemas menghadapi menghadapi hari pertama sekolahnya karena ia baru pindah dari luar negeri.
2. Tindakan Hana
Secara terbuka Hana memperkenalkan diri dan berbagi dengan teman-temannya.
3. Penyelesaian Masalah Hana
Ibu guru membantu Hana mengatasi kekhawatirannya dengan memperkenalkannya kepada teman-temannya sebagai anak Indonesia. Hana juga mau belajar memperlancar bahasa Indonesianya. Ayah Hana juga membantu agar Hana dapat lebih cepat akrab dengan teman-temannya. 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 

Kesimpulan: 

Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar, siswa/siswi dapat memahami pembelajaran hari ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 5 (Jumat 20 September 2024)

Hari/Tanggal                              : Jumat,  September 2024 Muatan  Pembelajaran              :   1.  IPAS                           ...

Postingan Populer