Kelas/Fase : 5/C
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Bilangan Cacah sampai 100.000
2. Bahasa Indonesia : Aku yang Unik
3. Seni Budaya : Mengenal Unsur Seni Rupa
Capaian Pembelajaran Matematika :
Elemen Bilangan
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Elemen Menulis :
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA :
Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Assalamualaikum wr.wb.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini Murid dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang (Komposisi/Menyusun dan Dekomposisi/Menguraikan bilangan cacah sampai 100.000), murid dapat membedakan sinonim dan antonim serta murid dapat mengidentifikasi tiga unsur seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar.
MATEMATIKA
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Bilangan Cacah sampai 100.000
2. Bahasa Indonesia : Aku yang Unik
3. Seni Budaya : Mengenal Unsur Seni Rupa
Capaian Pembelajaran Matematika :
Elemen Bilangan
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Elemen Menulis :
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA :
Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Assalamualaikum wr.wb.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini Murid dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang (Komposisi/Menyusun dan Dekomposisi/Menguraikan bilangan cacah sampai 100.000), murid dapat membedakan sinonim dan antonim serta murid dapat mengidentifikasi tiga unsur seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar.
MATEMATIKA
Pengertian:
Dekomposisi Bilangan Cacah: Proses memecah suatu bilangan cacah menjadi penjumlahan dari nilai tempatnya, seperti puluhan ribu, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan.
Komposisi Bilangan Cacah: Proses menyusun suatu bilangan cacah dari penjumlahan nilai tempatnya.
Contoh:
Dekomposisi: Bilangan 25.789 dapat didekomposisi menjadi 20.000 + 5.000 + 700 + 80 + 9.
Komposisi: Jika diberikan bilangan 30.000, 6.000, 400, 20, dan 5, maka dapat dikomposisi menjadi bilangan 36.425.
Latihan :
1. Sebuah bilangan terdiri dari 5 puluhan ribu, 2 ribuan, 7 ratusan, 0 puluhan, dan 9 satuan. Tuliskan bilangan tersebut!
2. Uang Budi terdiri dari 3 lembar uang Rp 20.000, 1 lembar uang Rp 5.000, dan 2 keping uang Rp 500. Berapa total uang Budi?
3. Siti memiliki 2 lembar uang Rp 10.000, 4 lembar uang Rp 2.000, dan 3 keping uang Rp 100. Berapa total uang Siti?
Dekomposisi Bilangan:
1. Uraikan bilangan 45.823 ke dalam nilai tempatnya!
2. Sebuah kotak berisi 78.456 buah kelereng. Jika kelereng-kelereng tersebut akan dikelompokkan, berapa banyak kelompok yang berisi 10.000-an, 1.000-an, 100-an, 10-an, dan satuan?
BAHASA INDONESIA
Dalam bahasa Indonesia, antonim dan sinonim dipakai untuk menjelaskan atau menyatakan suatu hal. Antonim lazim digunakan untuk menjelaskan kata dengan makna berlawanan. Sedangkan sinonim dipakai untuk menyatakan kata yang bermakna sama atau serupa.
Antonim berasal dari kata anti atau ant berarti lawan dan onuma artinya nama. Antonim adalah kata-kata yang memiliki makna berbeda atau berlawanan. Antonim memperlihatkan adanya hubungan kontras antara beberapa kalimat. Kata sinonim berasal dari bahasa Yunani Kuno, onoma berarti nama dan syn artinya dengan. sinonim adalah kata yang memiliki bentuk berbeda, namun arti atau maknanya sama. Sinonim sering disebut persamaan kata atau padanan kata.
Latihan :
· Membuat kamus mini sinonim-antonim, format isi bisa seperti ini: · Kamus bisa dibuat di kertas folio, booklet lipat.
Seni Rupa
Unsur-unsur Seni Rupa:
Titik: Unsur seni rupa paling dasar yang merupakan noktah atau tanda kecil.
Garis: Terbentuk dari kumpulan titik-titik yang berhimpit, bisa lurus, lengkung, tebal, tipis, dll.
Bidang: Terbentuk dari gabungan garis yang membentuk suatu area datar.
Bentuk (Volume): Merujuk pada bentuk benda secara keseluruhan, baik dua dimensi maupun tiga dimensi.
Warna: Pantulan cahaya pada benda yang dipengaruhi oleh pigmen.
Gelap Terang: Penggunaan kontras antara area terang dan gelap untuk menciptakan kedalaman.
Ruang: Kesan dimensi (panjang, lebar, tinggi) dalam sebuah karya seni.
Tekstur: Keadaan permukaan suatu benda yang bisa terasa kasar atau halus.Unsur-unsur Seni Rupa:
Titik: Unsur seni rupa paling dasar yang merupakan noktah atau tanda kecil.
Garis: Terbentuk dari kumpulan titik-titik yang berhimpit, bisa lurus, lengkung, tebal, tipis, dll.
Bidang: Terbentuk dari gabungan garis yang membentuk suatu area datar.
Bentuk (Volume): Merujuk pada bentuk benda secara keseluruhan, baik dua dimensi maupun tiga dimensi.
Warna: Pantulan cahaya pada benda yang dipengaruhi oleh pigmen.
Gelap Terang: Penggunaan kontras antara area terang dan gelap untuk menciptakan kedalaman.
Ruang: Kesan dimensi (panjang, lebar, tinggi) dalam sebuah karya seni.
Latihan :
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar