Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Harmoni dalam Ekosistem
2. Pend. Pancasila : Hubungan sila-sila dalam pancasila
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat menganalisis hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem dalam bentuk Rantai makanan dan jaring-jaring makanan, dan mampu menemukan dan menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh melalui kegiatan penemuan secara aktif dan reflektif.
IPAS
Rantai Makanan dan Jaring Makanan
Rantai Makanan
Rantai makanan adalah hubungan makan dan dimakan dalam suatu ekosistem sebagai sebagai upaya untuk mendapatkan energi. Jalur makan dan dimakan antarmakhluk hidup bisa digambarkan dalam bentuk rantai makanan. Pada skema ini, kita bisa melihat alur makan yang ada pada suatu ekosistem. Selain alur makan, rantai makanan juga menggambarkan terjadinya perpindahan energi dari suatu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya saat dimakan. Pada rantai makanan, jalur dimulai dari peran yang disebut produsen.
Tumbuhan disebut produsen karena dapat memproduksi makanannya sendiri melalui reaksi fotosintesis. Untuk melakukan ini, tumbuhan membutuhkan energi cahaya dari matahari. Hewan dan manusia disebut sebagai konsumen karena mereka mengkonsumsi makhluk hidup lainnya untuk mendapatkan energi. Pada rantai makanan, konsumen dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu:
- Konsumen tingkat 1 merupakan kelompok hewan yang memakan tumbuhan. Jenis hewan yang tergolong pada konsumen ini, yaitu hewan herbivora atau hewan omnivora.
- Konsumen tingkat 2 merupakan kelompok hewan yang memakan konsumen tingkat 1. Hewan ini termasuk kelompok hewan karnivora atau omnivora.
- Konsumen tingkat 3 merupakan kelompok hewan yang memakan konsumen tingkat 2. Sama dengan sebelumnya, hewan ini termasuk kelompok hewan karnivora atau omnivora.
- Dan seterusnya.
Selain produsen dan konsumen, ada peran lain yang sangat penting, yaitu dekomposer. Jamur, bakteri, dan cacing tanah merupakan contoh dekomposer alami. Dekomposer menguraikan senyawa organik (bangkai, daun busuk, dan sebagainya) menjadi nutrisi yang tersimpan dalam tanah. Kemudian, nutrisi ini akan dipakai lagi oleh tumbuhan untuk tumbuh. Dekomposer mendaur ulang energi sehingga rantai makanan tidak bersifat linear, namun merupakan sebuah siklus
Keterangan
- Matahari menghasilkan energi cahaya
- Nutrisi dalam tanah, matahari dan air membuat rumput tumbuh subur. Rumput menghasilkan makanan dari fotosintesis (produsen)
- Belalang memakan rumput (Konsumen 1)
- Tikus memakan belalang (Konsumen 2)
- Ular memakan tikus (konsumen 3)
- Elang memakan ular (Konsumen puncak)
- Saat elang mati jamur mengurai bangkai dan mengubahnya menjadi nutrisi
Mari Mencoba
Proses Makhluk Hidup Mendapatkan Energi pada Suatu Ekosistem
Hubungan Memakan dan Dimakan
- Diskusikan bersama teman di sebelah kalian gambar kebun yang dikunjungi Aga, Ian, dan Banu. Tentukan makanan masing-masing makhluk hidup di ekosistem tersebut.
- Tuliskan hasil diskusi kalian pada tabel di lembar kerja.
- Sekarang, perhatikan tabel yang sudah kalian buat. Apakah kalian melihat ada sebuah hubungan antara satu sama lain? (Ada hubungan memakan dan dimakan)
- Cobalah tulis hubungan yang kalian temukan menjadi sebuah rantai makanan seperti di bawah ini.
- Komponen apakah yang cocok ditempatkan di kotak nomor 1, 2, 3, dan 4? (Tumbuhan =1 Tupai, Kelinci, Rusa,Tapir, Orang Utan = 2, Ulat dan harimau =3, dan Jamur = 4)
| Tujuan : Mempelajari bagaimana makhluk hidup mendapatkan energi dari makanan pada suatu ekosistem. | ||
| Nama hewan/Tumbuhan | Memakan ... | Dimakan oleh ... |
|---|---|---|
| Kelinci | Tumbuhan | Ular |
| Tupai | Tumbuhan | Elang |
| Ular | Kelinci | Elang |
| Rusa | Tumbuhan | Harimau |
| Tapir | Tumbuhan | Harimau |
| Orang Utan | Tumbuhan | Harimau |
| Harimau | Rusa/Tapir/Orang Utan | Jamur/Pengurai |
| Isilah rantai makanan berikut dengan nama hewan/tumbuhan berdasarkan hubungan pada tabel di atas | ||
Lakukan Bersama
Membuat Rantai Makanan
1. Sekarang, mari kita bermain peran. Kalian secara berkelompok boleh memilih hewan atau tumbuhan apa pun dengan syarat berikut.
a. Hewan dan tumbuhan yang kalian pilih harus bisa memiliki hubungan seperti bagan di atas. Artinya, harus bisa dimakan atau memakan pilihan teman kalian.
b. Makhluk hidup yang ditempatkan pada nomor 1 tidak memakan dari makhluk hidup yang lain. Makhluk ini hanya bisa dimakan.
2. Setelah berdiskusi, buatlah kembali rantai makanannya pada lembar kerja.
3. Bandingkan dua bagan yang sudah kalian buat. Lalu, diskusikan bersama teman sekelompok kalian hal-hal berikut.
a. Makhluk hidup apa yang berada pada nomor 1?
..........................
b. Bagaimana cara makhluk hidup pada nomor 1 mendapatkan makanannya?
.........................
c. Termasuk dalam kelompok hewan pemakan apa yang bisa ada di nomor 1?
....................................
d. Termasuk dalam kelompok hewan pemakan apa yang bisa ada di nomor 2 dan 3?
..........................................
4. Setelah berdiskusi, perhatikan kembali bagan yang sudah kalian buat.
a. Siapa yang berperan sebagai produsen?
..........................
b. Siapa yang berperan sebagai konsumen tingkat 1, 2, dan 3?
...............................
5. Berilah tanda pada bagan yang kalian buat dengan perannya masing-masing.
Lakukan Bersama
Mempresentasikan Gambar Rantai Makanan
1. Presentasikan gambar rantai makanan yang sudah dibuat secara bergantian.
2. Perhatikan tata cara berikut ini sebelum memulai kegiatan.
Mari Refleksikan
1. Bagaimana makhluk hidup pada suatu ekosistem mendapatkan energi?
Energi dari sinar matahari ditangkap oleh produsen (tumbuhan) melalui fotosintesis. Energi ini kemudian dipindahkan ke konsumen (hewan) saat mereka memakan produsen atau konsumen lainnya.
2. Bagaimana makhluk hidup dalam satu ekosistem berkaitan satu dengan lainnya?
Makhluk hidup di suatu ekosistem saling berkaitan satu sama lain melalui makanan. Misalnya, musang, ayam, dan tanaman menjadi satu ikatan ketergantungan karena ayam makan tanaman dan musang makan ayam.
3. Bagaimana hubungan antara tanaman dan hewan dalam satu ekosistem?
Sebagai produsen, tumbuhan menghasilkan energi dan juga oksigen bagi hewan. Sedangkan hewan selain menjadi konsumen, juga menghasilkan karbondioksida untuk melakukan proses fotosintesis tumbuhan
4. Apa itu rantai makanan?
Rantai makanan adalah hubungan makan dan dimakan dalam suatu ekosistem sebagai sebagai upaya untuk mendapatkan energi.
5. Apa saja peran makhluk hidup dalam rantai makanan?
Dalam rantai makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan pengurai.
6. Menurut kalian ada di mana posisi manusia dalam rantai makanan?
Dalam rantai makanan, manusia berada dalam tingkat konsumen. Manusia memanfaatkan hewan dan tumbuhan untuk kelamgsungan hidupnya
Belajar Lebih Lanjut
Contoh Berbagai Rantai Makanan
Kira-kira, di mana letak hewan omnivora pada rantai makanan? Karena mereka bisa memakan tumbuhan dan juga hewan, hewan omnivora bisa menjadi konsumen 1, 2, atau bahkan 3.
Pada ekosistem laut, tokoh utamanya ternyata tumbuhan yang tidak terlihat oleh mata kita, lho! Namanya fitoplankton dan jumlahnya sangat banyak di laut. Rumput laut dan lamun juga termasuk produsen di ekosistem pantai. Karena butuh sinar Matahari untuk fotosintesis, maka organisme ini hidup di permukaan air laut. Organisme ini menjadi sumber makanan bagi banyak hewan di laut.
Rantai makanan tidak selalu memiliki urutan atau proses yang panjang. Ukuran gajah dewasa yang besar membuatnya tidak memiliki predator alami. Gajah makan beraneka macam tumbuhan. Di padang rumput Afrika, gajah suka makan rumput dan pohon akasia. Tanaman yang sudah busuk merupakan sumber makanan bagi cacing tanah. Oleh karena itu, cacing tanah juga berperan sebagai dekomposer.
Jaring-jaring makanan adalah jaringan hubungan makanan yang kompleks dalam suatu ekosistem, terdiri dari berbagai rantai makanan yang saling terkait. Jaring-jaring makanan menggambarkan bagaimana energi dan nutrisi berpindah dari satu organisme ke organisme lain melalui proses makan dan dimakan.
PANCASILA
1. Saling Menjiwai dan Tidak Terpisahkan
Kesatuan Majemuk Tunggal:
Pancasila adalah satu kesatuan yang utuh, tidak ada satu sila pun yang dapat berdiri sendiri atau bertentangan dengan sila lainnya.
Hierarkis dan Piramidal:
Susunan sila-sila bersifat hierarkis, di mana sila pertama menjadi dasar bagi semua sila lainnya, dan setiap sila menjadi pengkhususan dari sila sebelumnya.
2. Hubungan Antar-Sila
Sila Pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa):
Menjadi dasar bagi semua nilai dalam sila-sila berikutnya, seperti mengajarkan masyarakat untuk beribadah, menghormati perbedaan agama, dan menjadi dasar kemanusiaan dan persatuan.
Sila Kedua (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab):
Mengakui persamaan harkat, derajat, dan martabat manusia sebagai ciptaan Tuhan, serta memiliki hak dan kewajiban yang sama. Sila ini dijiwai oleh nilai ketuhanan dan menjiwai sila persatuan, kerakyatan, dan keadilan.
Sila Ketiga (Persatuan Indonesia):
Mengutamakan kepentingan bersama dan mengakui keragaman bangsa, dengan dasar persatuan yang berlandaskan nilai ketuhanan dan kemanusiaan.
Sila Keempat (Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan...):
Mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat, di mana keputusan didasari nilai agama, menghargai pendapat, dan mengutamakan kepentingan bersama demi persatuan.
Sila Kelima (Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia):
Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur secara merata, di mana keadilan ini berlandaskan pada nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, dan kerakyatan.
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar pada mata pelajaran IPAS materi rantai makanan masih ada 3 murid yang kesulitan dalam membuat contoh rantai makanan kesulitan dalam menentukan konsumen tingkat satu dan lainnya.





Tidak ada komentar:
Posting Komentar