Muatan Pembelajaran :
1. Bahasa Indonesia : Aku yang Unik
2. Pancasila : Meneladani Sikap Perumus Pancasila
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PANCASILA :
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat membuat kalimat majemuk setara
Bahasa Indonesia
Ayo berlatih
2. Manakah kalimat yang menunjukkan pilihan dari beberapa kemungkinan?
a. Ayah bekerja di kantor dan Ibu memasak di dapur.
b. Kita bisa memilih membeli buku atau pensil.
c. Doni menyapu lantai, lalu mengepelnya hingga bersih.
d. Kakak tinggi, tetapi adiknya lebih pendek.
3. Kalimat manakah yang termasuk kalimat majemuk setara berlawanan?
a. Ani rajin belajar dan ia selalu mendapat nilai bagus.
b. Kami menyiangi rumput, lalu menyiram tanaman.
c. Tubuh Doni tinggi, tetapi kakaknya lebih tinggi.
d. Sinta ingin pergi ke taman atau bermain di rumah.
4. Pilih konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat: "Adik sedang belajar, ______ kakak sedang bermain di taman."
a. Tetapi b. Atau c. Dan d. Lalu
5. "Kami menyapu halaman, ___ menyiram tanaman."
Kata penghubung yang tepat untuk kalimat di atas adalah...
a. atau b. lalu c. tetapi d. karena
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat membuat kalimat majemuk setara
Bahasa Indonesia
Ayo berlatih
1. Pilihlah kalimat majemuk setara yang paling tepat di bawah ini!
a. Kakak sedang membaca buku, sedangkan adik menonton televisi.
b. Walaupun hujan deras, kami tetap bermain di pantai.
a. Kakak sedang membaca buku, sedangkan adik menonton televisi.
b. Walaupun hujan deras, kami tetap bermain di pantai.
c. Karena lelah, Budi tidak masuk sekolah hari ini.
d. Adi akan pergi ke pasar atau akan pergi ke toko buku.
d. Adi akan pergi ke pasar atau akan pergi ke toko buku.
2. Manakah kalimat yang menunjukkan pilihan dari beberapa kemungkinan?
a. Ayah bekerja di kantor dan Ibu memasak di dapur.
b. Kita bisa memilih membeli buku atau pensil.
c. Doni menyapu lantai, lalu mengepelnya hingga bersih.
d. Kakak tinggi, tetapi adiknya lebih pendek.
3. Kalimat manakah yang termasuk kalimat majemuk setara berlawanan?
a. Ani rajin belajar dan ia selalu mendapat nilai bagus.
b. Kami menyiangi rumput, lalu menyiram tanaman.
c. Tubuh Doni tinggi, tetapi kakaknya lebih tinggi.
d. Sinta ingin pergi ke taman atau bermain di rumah.
4. Pilih konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat: "Adik sedang belajar, ______ kakak sedang bermain di taman."
a. Tetapi b. Atau c. Dan d. Lalu
5. "Kami menyapu halaman, ___ menyiram tanaman."
Kata penghubung yang tepat untuk kalimat di atas adalah...
a. atau b. lalu c. tetapi d. karena
Pendidikan Pancasila
Meneladani Sikap para Penggagas Pancasila
1. Bu Ani selalu mengajak tetangga-tetangganya untuk bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar rumah. Sikap Bu Ani ini mencerminkan pengamalan Pancasila sila ke...
a) Satu
b) Dua
c) Tiga
d) Empat
2. Siswa kelas 5 sedang berdiskusi tentang kegiatan yang akan dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan. Mereka berbeda pendapat mengenai jenis kegiatan yang akan dilaksanakan. Untuk mencapai mufakat, sebaiknya mereka melakukan...
a) Adu argumen yang keras
b) Memaksakan pendapat pribadi
c) Musyawarah untuk mencapai mufakat
d) Menyerahkan keputusan pada guru
3. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Menghargai perbedaan agama dan kepercayaan.
2) Memaksakan kehendak kepada orang lain.
3) Bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah.
4) Menghormati hak asasi manusia.
Sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila ditunjukkan oleh nomor...
a) 1 dan 2
b) 1 dan 3
c) 2 dan 3
d) 2 dan 4
e) 3 dan 4
Meneladani Sikap para Penggagas Pancasila
1. Bu Ani selalu mengajak tetangga-tetangganya untuk bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar rumah. Sikap Bu Ani ini mencerminkan pengamalan Pancasila sila ke...
a) Satu
b) Dua
c) Tiga
d) Empat
2. Siswa kelas 5 sedang berdiskusi tentang kegiatan yang akan dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan. Mereka berbeda pendapat mengenai jenis kegiatan yang akan dilaksanakan. Untuk mencapai mufakat, sebaiknya mereka melakukan...
a) Adu argumen yang keras
b) Memaksakan pendapat pribadi
c) Musyawarah untuk mencapai mufakat
d) Menyerahkan keputusan pada guru
3. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Menghargai perbedaan agama dan kepercayaan.
2) Memaksakan kehendak kepada orang lain.
3) Bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah.
4) Menghormati hak asasi manusia.
Sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila ditunjukkan oleh nomor...
a) 1 dan 2
b) 1 dan 3
c) 2 dan 3
d) 2 dan 4
e) 3 dan 4
4. Rani dan teman-temannya ingin mengadakan kegiatan bakti sosial di panti asuhan. Mereka mengumpulkan pakaian layak pakai, makanan, dan kebutuhan lainnya. Kegiatan ini mencerminkan pengamalan Pancasila sila ke...
a) Satu
b) Dua
c) Tiga
d) Lima
a) Satu
b) Dua
c) Tiga
d) Lima
5. Di sekolah, Edo selalu membantu temannya yang kesulitan belajar. Sikap Edo ini menunjukkan pengamalan Pancasila, khususnya sila...
a) Satu
b) Dua
c) Tiga
d) Empat
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
a) Satu
b) Dua
c) Tiga
d) Empat
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar