Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Kamis, 28 Agustus 2025

Materi Ajar Kelas 5 (Jumat 29 Agustus 2025)

Hari/Tanggal : Jumat, 29 Agustus 2025
Muatan Pembelajaran :
IPAS : Harmoni dalam Kehidupan

CAPAIAN PEMBELAJARAN IPAS
Ø Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat menganjelaskan proses transfer energi antarmakhluk hidup.

IPAS

Transfer Energi Antar Makhluk hidup



Transfer energi adalah perpindahan energi dari satu bentuk ke bentuk lain atau dari satu organisme ke organisme lain melalui rantai makanan. Proses ini dimulai dari energi cahaya matahari yang diubah oleh tumbuhan (produsen) menjadi energi kimia, kemudian berpindah ke hewan herbivora (konsumen primer), lalu ke hewan karnivora (konsumen sekunder), dan konsumen puncak dalam ekosistem melalui proses makan dan dimakan.

Bagaimana Proses Transfer Energi Terjadi?
1. Matahari sebagai Sumber Energi Awal
Energi dari matahari diserap oleh tumbuhan.

2. Fotosintesis oleh Tumbuhan (Produsen)
Tumbuhan mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia dalam bentuk makanan atau gula melalui proses fotosintesis.

3. Energi Berpindah ke Konsumen
Konsumen Primer (Herbivora): Tumbuhan dimakan oleh hewan herbivora (pemakan tumbuhan), sehingga energi berpindah dari tumbuhan ke herbivora.

Konsumen Sekunder (Karnivora/Omnivora): Herbivora kemudian dimakan oleh hewan karnivora (pemakan daging) atau omnivora (pemakan segala), sehingga energi terus berpindah ke tingkat trofik berikutnya.

4. Peran Dekomposer
Ketika makhluk hidup mati, dekomposer (pengurai) memecah bahan organik mati menjadi mineral dan karbon dioksida, sehingga energi dapat didaur ulang dan siklus kehidupan dalam ekosistem tetap berjalan.

Contoh Rantai Makanan

Matahari → Tumbuhan → Kelinci → Ular → Elang:Matahari memberikan energi pada tumbuhan.
Kelinci memakan tumbuhan (energi berpindah).
Ular memakan kelinci (energi berpindah).
Elang memakan ular (energi berpindah).
Setelah mati, bangkai elang akan diurai oleh dekomposer.

Latihan
1. Makhluk hidup yang memperoleh energi dari cahaya matahari dalam jaring-jaring makanan yaitu ....A. produsen
B. konsumen tingkat 1
C. konsumen tingkat 2
D. pengurai

2. Perhatikan gambar di bawah!
Pada piramida makanan di atas, makhluk hidup yang menerima paling sedikit energi ditunjukkan oleh nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

3. Perhatikan tabel berikut!
NoPernyataan
1Makhluk hidup menggunakan 60% energi untuk beraktivitas
2Makhluk hidup menggunakan 90% energi untuk beraktivitas
3Makhluk hidup menyimpan 10% energi di dalam tubuh
4Makhluk hidup menyimpan 40% energi di dalam tubuh
5Produsen mempunyai paling banyak energi
Pernyataan di atas yang benar terkait transfer energi dalam jaring-jaring makanan yaitu . . . .
A. 1, 2, dan 5 B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5 D. 2, 4, dan 5

Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah


Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar murid dapat mengikuti pelajaran dengan baik, pada mata pelajaran ipas materi tentang transfer energi masih ada tiga murid yang belum memahami dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 5 (Senin 8 September 2025)

Hari/Tanggal : Senin 8 September 2025 Muatan Pembelajaran : 1. Matematika : FPB dan KPK 2. Bahasa Indonesia : Jendela Dunia 3. Seni Rupa : M...

Postingan Populer