Hari/Tanggal : Senin 19 Mei 2025
Muatan Pembelajaran :1. Matematika : Pengolahan Data
2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi
Media pembelajaran : Video/PPT, LKPD
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen : Analisis Data dan Peluang
Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk beberapa visualisasi dan dalam tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi. Mereka dapat menentukan kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam suatu percobaan acak.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengenal teks eksposisi, dapat membandingkan data pada diagram piktogram.
Matematika
Pilihan Ganda
Soal No.1
Berikut data hasil ulangan Matematika siswa kelas V SD Suka Maju.80 80 60 70 90 60 70 80
70 60 80 80 80 70 90 80
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi .
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi .
. .
A.
B.
C.
D.
A.
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | || | 2 |
80 | 6 | |
70 | |||| | 4 |
60 | ||| | 3 |
B.
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | || | 2 |
80 | 7 | |
70 | |||| | 4 |
60 | ||| | 3 |
C.
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | || | 2 |
80 | 7 | |
70 | |||| | 4 |
60 | |||| | 4 |
D.
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | || | 2 |
80 | 8 | |
70 | ||| | 3 |
60 | ||| | 3 |
Soal No.2
Berikut data hasil ulangan IPAS siswa kelas V SD Tunas Harapan.90 70 60 80 90 80 70 80 80
80 70 80 90 80 70 90 90 90
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi:
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | 6 | |
80 | . . . . | . . . . |
70 | ||| | 4 |
60 | | | 1 |
A. ||||| || dan 7 B. ||||| ||| dan 8
C. |||| || dan 7 D. |||| ||| dan 8
Soal No.3
Berikut data berat badan siswa kelas V SD Tunas Harapan.34kg 38kg 37kg 35kg 36kg 37kg 35kg 36kg 37kg
35kg 36kg 34kg 36kg 35kg 36kg 38kg 37kg 38kg
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi:
Berat Badan | Turus | Frekuensi |
38 | ||| | 3 |
37 | |||| | 4. |
36 | 5 | |
35 | . . . | . . . |
34 | || | 2 |
A. |||| dan 4 B. |||| dan 5
C. ||||| | dan 6 D.|||| || dan 7
Perhatikan piktogram olahraga kesukaan siswa kelas V SD Sakura!Banyak siswa kelas V SD Sakura yang menyukai olahraga sepak bola....
C. ||||| | dan 6 D.
Perhatikan piktogram olahraga kesukaan siswa kelas V SD Sakura!Banyak siswa kelas V SD Sakura yang menyukai olahraga sepak bola....
A. 7 orang B. 14 orang C. 21 orang D. 28 orang
Soal No.5
Perhatikan piktogram makanan kesukaan siswa SD Jepun!Banyak siswa SD Jepun yang menyukai ayam geprek yaitu . .A. 8 orang B. 24 orang C. 36 orang D. 48 orang
Bahasa Indonesia
Teks Eksposisi
Kerjakan latihan berikut!
Soal No.1
Wiwin membaca sekilas suatu teks yang panjang untuk mendapatkan gambaran tentang isi teks tersebut. Kegiatan membaca yang dilakukan Wiwin disebut. . .
A. skimming
B. skipping
C. scanning
D. selecting
2. Perhatikan teks berikut!
Sumber Energi Terbarukan
Setiap hari, manusia melakukan berbagai aktivitas dalam hidupnya. Memasak, mencuci, menerangi rumah, menggerakkan mesin kendaraan, dan pabrik adalah beberapa contoh dari banyak kegiatan yang dilakukan manusia. Aktivitas manusia sehari-hari ditopang oleh penggunaan sumber-sumber energi. Kita mengenal ada dua jenis energi yang tersedia di alam: terbarukan dan tidak terbarukan.
Ide pokok dari paragraf di atas yaitu...
A. terdapat dua jenis energi yang digunakan manusia
B. berbagai aktivitas manusia memerlukan energi
C. memasak, dan menerangi rumah adalah aktivitas manusia
D. manusai dibantu oleh sumber-sumber energi dalam beraktivitas
3. Pengelolaan sampah yang baik harus berwawasan lingkungan, menetapkan prinsip kemandirian yang produktif , dan mengedepankan prinsip 3M.
Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. menghasilkan manfaat
B. tingkat baik buruknya sesuatu
C. penyelesaian masalah
D. memproses kembali bahan yang sudah terpakai
4. Pembakaran sampah plastik dapat menurunkan kualitas lingkungan.
Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. proses kelola
B. penyelesaian masalah
C. tingkat baik buruknya sesuatu
D. proses, cara, perbuatan
5. Bu Sari menugaskan siswa kelas V untuk membuat ringkasan cerita "Kancil dan Buaya".
Ringkasan cerita tersebut dibuat dengan tujuan untuk . . .
A. memperlambat pembaca untuk memahami cerita
B. membantu pembaca memahami isi cerita
C. mempercepat pembaca menemukan ide pendukung
D. memudahkan pembuat cerita untuk berkarya
A. skimming
B. skipping
C. scanning
D. selecting
2. Perhatikan teks berikut!
Sumber Energi Terbarukan
Setiap hari, manusia melakukan berbagai aktivitas dalam hidupnya. Memasak, mencuci, menerangi rumah, menggerakkan mesin kendaraan, dan pabrik adalah beberapa contoh dari banyak kegiatan yang dilakukan manusia. Aktivitas manusia sehari-hari ditopang oleh penggunaan sumber-sumber energi. Kita mengenal ada dua jenis energi yang tersedia di alam: terbarukan dan tidak terbarukan.
Ide pokok dari paragraf di atas yaitu...
A. terdapat dua jenis energi yang digunakan manusia
B. berbagai aktivitas manusia memerlukan energi
C. memasak, dan menerangi rumah adalah aktivitas manusia
D. manusai dibantu oleh sumber-sumber energi dalam beraktivitas
3. Pengelolaan sampah yang baik harus berwawasan lingkungan, menetapkan prinsip kemandirian yang produktif , dan mengedepankan prinsip 3M.
Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. menghasilkan manfaat
B. tingkat baik buruknya sesuatu
C. penyelesaian masalah
D. memproses kembali bahan yang sudah terpakai
4. Pembakaran sampah plastik dapat menurunkan kualitas lingkungan.
Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. proses kelola
B. penyelesaian masalah
C. tingkat baik buruknya sesuatu
D. proses, cara, perbuatan
5. Bu Sari menugaskan siswa kelas V untuk membuat ringkasan cerita "Kancil dan Buaya".
Ringkasan cerita tersebut dibuat dengan tujuan untuk . . .
A. memperlambat pembaca untuk memahami cerita
B. membantu pembaca memahami isi cerita
C. mempercepat pembaca menemukan ide pendukung
D. memudahkan pembuat cerita untuk berkarya
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.
Wassalamualaikum wr wb
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.
Wassalamualaikum wr wb
Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar hari ini berjalan dengan lancar peserta didik dapat mengikuti kegiatan hari ini dengan baik pada materi diagram batang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar