Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Minggu, 18 Mei 2025

Materi Ajar Kelas 5 (Senin 19 Mei 2025)

Hari/Tanggal : Senin 19 Mei 2025

Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pengolahan Data
2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi
Media pembelajaran : Video/PPT, LKPD

Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen : Analisis Data dan Peluang
Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk beberapa visualisasi dan dalam tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi. Mereka dapat menentukan kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam suatu percobaan acak.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.




Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengenal teks eksposisi, dapat membandingkan data pada diagram piktogram.

Matematika






Pilihan Ganda

Soal No.1
Berikut data hasil ulangan Matematika siswa kelas V SD Suka Maju.

80    80    60    70    90    60   70    80

70    60    80    80    80    70   90    80

Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi . 
. .
A.
NilaiTurusFrekuensi 
90||2
80|||| |6
70||||4
60|||3

B.
NilaiTurusFrekuensi 
90||2
80|||| ||7
70||||4
60|||3

C.
NilaiTurusFrekuensi 
90||2
80|||| ||7
70||||4
60||||4

D.
NilaiTurusFrekuensi 
90||2
80|||| |||8
70|||3
60|||3

Soal No.2
Berikut data hasil ulangan IPAS siswa kelas V SD Tunas Harapan.

90    70    60    80    90    80   70    80    80

80    70    80    90    80    70   90    90    90

Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi:
NilaiTurusFrekuensi 
90|||| |6
80. . . .. . . .
70|||4
60|1
Tanda titik-titik pada tabel di atas diisi dengan . . .

A. |||||  || dan 7                    B. |||||  ||| dan 8
C. |||| || dan 7                      D. |||| ||| dan 8

Soal No.3
Berikut data berat badan siswa kelas V SD Tunas Harapan.

34kg    38kg    37kg    35kg    36kg    37kg   35kg    36kg    37kg

35kg    36kg    34kg    36kg    35kg    36kg   38kg    37kg    38kg

Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi:
Berat BadanTurusFrekuensi 
38|||3
37||||4.
36||||5
35. . .. . .
34||2
Tanda titik-titik pada tabel di atas diisi dengan . . .
A. |||| dan 4                     B. |||| dan 5
C. ||||| | dan 6                  D. |||| || dan 7

Soal No.4
Perhatikan piktogram olahraga kesukaan siswa kelas V SD Sakura!Banyak siswa kelas V SD Sakura yang menyukai olahraga sepak bola....
                                                          
A. 7 orang           B. 14 orang         C. 21 orang      D. 28 orang

Soal No.5
Perhatikan piktogram makanan kesukaan siswa SD Jepun!
Banyak siswa SD Jepun yang menyukai ayam geprek yaitu . .

A. 8 orang           B. 24 orang            C. 36 orang        D. 48 orang



Bahasa Indonesia

Teks Eksposisi









Kerjakan latihan berikut!

Soal No.1
Wiwin membaca sekilas suatu teks yang panjang untuk mendapatkan gambaran tentang isi teks tersebut. Kegiatan membaca yang dilakukan Wiwin disebut. . .
A. skimming
B. skipping
C. scanning
D. selecting


2. Perhatikan teks berikut!
Sumber Energi Terbarukan
Setiap hari, manusia melakukan berbagai aktivitas dalam hidupnya. Memasak, mencuci, menerangi rumah, menggerakkan mesin kendaraan, dan pabrik adalah beberapa contoh dari banyak kegiatan yang dilakukan manusia. Aktivitas manusia sehari-hari ditopang oleh penggunaan sumber-sumber energi. Kita mengenal ada dua jenis energi yang tersedia di alam: terbarukan dan tidak terbarukan.
Ide pokok dari paragraf di atas yaitu...
A. terdapat dua jenis energi yang digunakan manusia
B. berbagai aktivitas manusia memerlukan energi
C. memasak, dan menerangi rumah adalah aktivitas manusia
D. manusai dibantu oleh sumber-sumber energi dalam beraktivitas


3. Pengelolaan sampah yang baik harus berwawasan lingkungan, menetapkan prinsip kemandirian yang produktif , dan mengedepankan prinsip 3M.
Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. menghasilkan manfaat
B. tingkat baik buruknya sesuatu
C. penyelesaian masalah
D. memproses kembali bahan yang sudah terpakai


4. Pembakaran sampah plastik dapat menurunkan kualitas lingkungan.
Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. proses kelola
B. penyelesaian masalah
C. tingkat baik buruknya sesuatu
D. proses, cara, perbuatan


5. Bu Sari menugaskan siswa kelas V untuk membuat ringkasan cerita "Kancil dan Buaya".
Ringkasan cerita tersebut dibuat dengan tujuan untuk . . .
A. memperlambat pembaca untuk memahami cerita
B. membantu pembaca memahami isi cerita
C. mempercepat pembaca menemukan ide pendukung
D. memudahkan pembuat cerita untuk berkarya

Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.

Wassalamualaikum wr wb

Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar hari ini berjalan dengan lancar peserta didik dapat mengikuti kegiatan hari ini dengan baik pada materi diagram batang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 5 / SAS Hari ke-5 (Senin 2 Juni 2025)

Hari / Tanggal : Senin 2 Juni 2025 Fase / Kelas : C / 5 Mata Pelajaran : SAS IPAS Assalamualikum wr.wb. Apa kabar anak Sholeh Sholehah? Semo...

Postingan Populer