Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Rabu, 11 Januari 2023

Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 4 (Rabu 11 Januari 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari/ Tanggal : Rabu. 12 Januari 2021
Tema 5 : Cuaca
Subtema 2 : Perubahan Cuaca
Pembelajaran : 4

Assalaamualaikum Wr. Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa.Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Tujuan pembelajaran hari ini Dengan membaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia yang terdapat dalam teks bacaan dengan tepat.

AYO MEMBACA

Bacalah artikel berita berikut:

ARTIKEL 1

Pengaruh Cuaca terhadap

Kesehatan dan Perilaku

Jakarta, CNN Indonesia–Kondisi cuaca ternyata memiliki berpengaruh besar terhadap manusia.Pengaruhnya adalah sebagai berikut.

1.      Udara sejuk dapat membuat tidur menjadi nyenyak.

Udara yang sejuk, tidak terasa panas.Angin berhembus dengan lembut.Kita pun dapat tidur dengan nyenyak.Kebalikannya, udara yang panas membuat kita berkeringat.Tidur pun menjadi tidak nyaman.

2.      Hujan dapat membuat alergi kian parah.

Banyak orang yang pilek karena alergi.Salah satunya karena cuaca dingin. Saat cuaca hujan, udara menjadi lebih dingin. Alergi pun dapat bertambah parah.

3.      Hari yang cerah sangat meningkatkan suasana hati.

Saat cuaca cerah, langit terlihat biru.Kicauan burung-burung pun terdengar.Suasana ini dapat membuat hati bahagia sepanjang hari.

ARTIKEL 2

Perubahan Cuaca Penyebab

Kenaikan Jumlah Pasien

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, berbicara tentang dampak perubahan cuaca.

Di Kediri terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu.Cuaca panas dan dingin berganti dengan cepat.

Daya tahan tubuh menjadi terganggu.Akibatnya, orang mudah terserang penyakit.

Hal ini menyebabkan kunjungan pasien ke rumah sakit meningkat.Dari 400-500 orang per hari, menjadi 600-700 orang per hari.

Ada 2 penyakit yang sering dikeluhkan pasien saat perubahan cuaca ini.Penyakit itu adalah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan diare.

Penyakit tersebut sebenarnya dapat dicegah.Caranya dengan banyak makan sayur, buahbuahan, dan minum air putih.

Selain itu, Dianjurkan agar warga banyak berolahraga.

Setelah membaca kedua artikel di atas mari tuliskan beberapa kata atau istilah khusus yang kita temukan ke dalam table berikut :


Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha. Jangan lupa murojaah dan sholat lima waktunya.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer