Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Senin, 23 Januari 2023

Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 1 (Senin 23 Januari 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari / Tanggal : Senin, 23 Januari 2023
Tema 5 : Cuaca
Subtema 4 : Cuaca, Musim, dan Iklim
Pembelajaran : 1

AssalaamualaikumWr. Wb.

Selamat pagi anak sholih/sholihah hari ini kita akan belajar tema lima subtema empat pembelajaran satu yaitu tentang cuaca, musim dan iklim.

Tujuan pembelajaran hari ini Siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan tentang cuaca, musim, dan iklim dengan tepat, Siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan tentang cuaca, musim, dan iklim menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar, Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar, Siswa dapat menyebutkan cara pengurangan pecahan berpenyebut sama.

Cuaca, Musim, dan Iklim




Indonesia adalah negara yang berada di garis khatulistiwa bumi. Jadi, musim di negara kita hanya ada 2 jenis, yaitu musim hujan dan musim kemarau.
Jika cuaca cerah berlangsung terus-menerus, tanda musim kemarau sedang berlangsung. Sesekali cuaca berawan.
Jika cuaca mendung dan hujan sering terjadi, itu tanda musim hujan telah tiba.
Jika cuaca cerah dan hujan datang silih berganti, itu pertanda sedang memasuki masa peralihan atau pancaroba. Saat seperti ini cuaca cepat berubah, mulai dari cuaca cerah, berawan, mendung, lalu hujan.

Ayo Membaca

Setelah kalian membaca teks informasi diatas mengenai Iklim, Cuaca, dan Perubahannya, Yuk kita tuliskan informasi yang diperoleh.
1. Cuaca merupakan suatu gejala alam.
2. Cuaca dapat terjadi dan berubah dalam waktu singkat, perubahannya dapat dirasakan dari menit ke menit atau jam ke jam.
3. Iklim merupakan lamanya keadaan cuaca di suatu daerah tertentu dan diamati dalam waktu lama dari bulan ke bulan.
4. Iklim menyebabkan adanya musim, misalnya musim dingin, panas, semi, gugur, hujan, dan kemarau.
5. Indonesia terletak di garis khatulistiwa atau equator. Iklim di indonesia disebut iklim tropis dan memiliki 2 musim. Musim hujan terjadi di bulan Oktober-Februari sedangkan musim kemarau terjadi di bulan Maret-September.












Edo memberi potongan kain dengan melakukan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama. Cara untuk mengurangkan dua pecahan yang sama penyebutnya adalah dengan mengurangkan pembilangnya saja.















Untuk mengurangkan pecahan dengan penyebut sama, kita hanya perlu mengurangkan pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap.

Jadi, jika kita mengurangi pecahan berpenyebut sama, maka penyelesaiannya adalah sebagai berikut:

















Jadi hari ini kita sudah belajar tentang cuaca, iklim dan musim dengan membaca teks bacaan kalian bisa menemukan informasi apa saja yang terdapat dalam teks bacaan, kemudia kita sudah belajar tentang pengurangan pecahan dengan penyebut yang sama. 

Tetap semangat belajar dan berlatih, jangan lupa sholat lima waktu dan murojaahnya. 

Wassalamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer