Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Selasa, 11 April 2023

Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 dan 3 (Selasa 11 April 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari / Tanggal : Selasa 11 April 2023
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 1 : Aku Anggota Pramuka
Pembelajaran : 2 dan 3

Assalaamualaikum, Wr.Wb
Hari ini kita akan belajar tema delapan subtema satu pembelajaran dua dan tiga.
Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengindentifikasi informasi terkait arti lambang negara dengan benar, siswa dapat menceritakan gambar dan simbol apa saja yang terdapat pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar, siswa dapat mengindentifikasi arti lagu Garuda Pancasila dengan benar, siswa dapat menjelaskan arti sudut dengan benar.

Udin dan teman-teman senang menjadi anggota pramuka. Dalam setiap latihan pramuka mereka selalu belajar berbagai hal. Banyak kegiatan kepramukaan yang diajarkan melalui permainan. Salah satu alat yang dapat dijadikan alat bermain adalah tongkat. Banyak permainan yang dapat dilakukan dengan menggunakan tongkat. Salah satunya permainan lompat tongkat berikut ini.


Sebelum melakukan permainan lompat tongkat, lakukan latihan keseimbangan seperti berikut.
1. Berdirilah dengan tegak.
2. Angkat kaki kirimu.
3. Berdirilah dengan satu kaki. Jagalah keseimbangan tubuhmu.
4. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.
5. Angkat kaki kananmu.
6. Berdirilah dengan satu kaki. Jagalah keseimbangan tubuhmu.
7. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.

Lalu, cobalah melompat dengan menggunakan satu kaki.
Coba juga melompat cepat menggunakan satu kaki. Lompatlah menggunakan kaki kiri dan kanan secara bergantian.

Ayo Membaca

Lambang Negara




Lambang negara kita adalah Garuda Pancasila. Lambang negara adalah suatu bentuk yang digunakan sebagai lambang resmi negara. Lambang negara Indonesia adalah burung Garuda.

Lambang burung Garuda menggambarkankebesaran dan kekuatan. Indonesia ingin menjadinegara yang besar dan kuat. Sebagai warga negara, kita juga harus kuat dan sehat. Sebagai warga negara, kita harus menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat.

Lambang negara Garuda Pancasila terdiri atas beberapa bagian. Kepala burung Garuda menoleh ke sebelah kanan. Pada leher burung Garuda terdapat perisai yang menyerupai jantung. Leher,sayap, dan ekor memiliki sejumlah bulu. Perisai dilengkapi dengan lambang sila Pancasila. Garuda mencengkram pita yang bertuliskan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Dari Cerita teks “Lambang Negara” kita mendapatkan informasi sebagai berikut :
1. Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila.
2. Menurutmu mengapa burung Garuda dipilih sebagai lambang negara? Burung Garuda dipilih sebagai lambang negara karena Garuda melambangkan kebesaran dan kekuatan.
3. Bentuk perisai yang menggantung di leher burung Garuda adalah berbentuk menyerupai jantung.
4. Tulisan pada pita yang dicengkeram burung Garuda adalah Bhinneka Tunggal Ika

Biasanya lambang negara di pasang di kelas, ruang kepala sekolah, kantor pemerintahan seperti kelurahan, dan kecamatan. Mengenal lambang negara sebagai identitas bangsa dapat memperkuat karakter nasionalis.

Bendera Merah Putih merupakan lambang Negara Republik Indonesia. Garuda pancasila juga merupakan lambang Negara Republik Indonesia.


Mengenal Arti Lagu Garuda Pancasila


Anggota pramuka harus mengenal baik negaranya. Anggota pramuka harus mengenal bahasa dan lambang negara. Anggota pramuka juga harus mengenal lagu kebangsaan. Mengenal lambang negara untuk melatih rasa cinta terhadap tanah air. Mengenal lagu kebangsaan juga untuk melatih rasa cinta terhadap tanah air

Salah satu kegiatan mengenal negara adalah memahami arti lagu Garuda Pancasila. Syair lagu Garuda pancasila memiliki arti bahwa kita sebagai warga negara akan selalu mendukung Pancasila. Warga negara Indonesia berjiwa patriot. Berjiwa patriot berarti siap berjuang dan rela berkorban untuk negara. Rakyat Indonesia akan hidupmakmur sentosa jika melaksanakan nilai-nilaiPancasila. Untuk itu, bangsa Indonesia harus terusmaju. Bangsa Indonesia harus pantang mundur.

Setelah memahami lagu Garuda pancasila,diharapkan anggota pramuka memiliki sikapnasionalis. Anggota pramuka harus mencintainegara Indonesia. Anggota pramuka selalu bersikapsesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Warga negara Indonesia berjiwa patriot. Berjiwa patriot artinya siap berjuang dan rela berkorban untuk negara.

Rakyat Indonesia akan hidup makmur sentosa jika melaksanakan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu bangsa Indonesia harus terus maju dan pantang mundur.

Setelah memahami lagu Garuda Pancasila diharapkan anggota pramuka memiliki sikap nasionalis. Anggota pramuka harus mencintai negara Indonesia dan selalu bersikapsesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Arti dari syair lagu Garuda Pancasila yaitu :

Syair Lagu

Artinya

Garuda pancasila, akulah pendukungmu

Warga negara Indonesia mencintai negara dan mengenal baik lambang negaranya

Patriot proklamasi, sedia berkorban untukmu

Warga negara Indonesia siap membela/ menegakkan/ melindungi ideologi pancasila.

Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosa

Mengakui Pancasila sebagai dasar negara dan siap melaksanakan nilai-nilai Pancasila untuk menjadikan rakyat Indonesia hidup makmur sentosa.

Pribadi bangsaku, Ayo maju maju, Ayo maju maju, Ayo maju maju

Sebagai warga negara Indonesia akan terus maju dan tidak mudah menyerah.


Ayo Berlatih
Melatih kecintaan terhadap negara dapat dilakukan melalui kegiatan upacara. Edo menjadi pemimpin upacara saat latihan pramuka. Edo memimpin upacara dengan baik dan dapat menunjukkan sikap hormat bendera dengan baik. Edo juga sudah dapat menunjukan sikap baris yang baik. Edo menjadi contoh bagi teman-temannya.

Dapatkah kamu menjiplak tepi lurus dari gambar-gambar berikut? Bagaimana sudut yang kamu hasilkan dari menjiplak tepi lurus? Ingat sudut dibentuk oleh dua buah garis !


Ayo Bernyanyi
Latihan pramuka akan ditutup dengan menyanyikan lagu


Kegiatan ini dapat dilakukan menggunakan alat musik pukul.

Berikut ini video lagu Aku Dapat Berbaris Karya Pak Kasur


Pola irama yaitu panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dapat dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan merupakan bunyi yang teratur yang digambarkan seperti bunyi detak jarum jam. Pola irama berjalan menurut birama. Birama yaitu kuat dan lemahnya bunyi dalam lagu. Kuat lemahnya bunyi dibatasi garis birama. Birama ditandai dengan tanda birama. Contoh dari tanda birama yaitu 4/4. Artinya setiap birama ada empat ketukan

Hari ini kita sudah belajar tentang arti lagu pancasila, bagaimana pelajaran hari ini apakah menyenangkan? Jika ada yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan ke ibu guru ya. tetap semangat murojaah dan sholat lima waktunya.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer