Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Senin, 17 April 2023

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 (Senin 17 April 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari / Tanggal : Senin 17 April 2023
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 1

Assalaamualaikum, Wr. Wb.
Hari ini kita akan belajar tema delapan subtema dua pembelajaran satu. Tujuan Pembelajaran hari ini adalah anak-anak dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol pramukadari teks yang dibaca dengan benar, mengidentifikasi macam-macam bangundatar melalui gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar, mengidentifikasi kombinasi gerak kuatlemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.

Sebelum memulai pembelajaran kita simak video berikut ya:


Aku anggota pramuka yang mandiri.Anggotapramuka dilatih untuk dapat bekerja secaramandiri. Aku selalu berusaha bekerja tanpa bantuan orang lain. Aku selalu menyiapkanperalatan sendiri. Aku menyiapkan dan mengenakan seragam pramuka sendiri.

Aku mengenakan kelengkapan seragam pramukasecara mandiri.Seragam pramuka memiliki banyakkelengkapan.Diantaranya baju seragam lengkapdengan celana atau rok.Baju dilengkapi dengantanda-tanda pramuka.Ada juga tutup kepala dansetangan leher.Dilengkapi dengan ikat pinggang,kaus kaki, dan sepatu.

Latihan pramuka membuatku menjadi mandiri.Aku sudah dapat mandiri melakukan kegiatan.Akuselalu menyiapkan perlengkapan sekolah secaramandiri.Aku mengerjakan tugas dan merapikankamar secara mandiri.Untuk dapat mengerjakankegiatan secara mandiri perlu berlatih. Latihanakan menyenangkan jika dikerjakan secarabersama-sama. Dalam pramuka, aku berlatihmengerjakan tugas secara mandiri bersamateman-teman.



Perhatikan seragam pramuka Siti dan Udin berikut:


Seragam yang dikenakan Udin dan Siti merupakanseragam pramuka siaga.Perhatikan persamaan dan perbedaan di antara keduanya!




Perhatikan bentuk tanda pramuka tersebut.Bentuktanda pramuka merupakan bentuk bangun datar.Ada lingkaran, segitiga, persegi, dan persegipanjang.Tuliskan pada tabel berikut!Tuliskan secara berkelompok sesuai bentuknya!

Pohon kelapa dipilih menjadi lambang pramukakarena banyak manfaatnya. Anggota pramuka jugaharus bermanfaat untuk orang lain.

Salah satu bagian kelapa yang dapat dimanfaatkanyaitu tempurungnya kelapa.Tempurung kelapadigunakan untuk membuat kerajinan.Tempurungkelapa dapat dijadikan hiasan, alat permainan,juga alat menari.

Yuk kita simak bagaimana cara mempraktikkan tari tempurung kelapa dari Sumatra Barat.


Tugas hari ini:
Setelah mempelajari tanda-tanda pramuka,
Kelompokkanlah tanda-tanda pramuka menjadi bangun datar berikut
Tuliskan secara berkelompok sesuai bentuknya!

Bagaimana pelajaran hari ini apakah menyenangkan? Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan ke ibu guru ya. Tetap semangat belajar dan berlatihnya. Jangan lupa murojaah dan sholat lima waktunya.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer