Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Kamis, 06 April 2023

Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 5 (Rabu 6 April 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari / Tanggal : Kamis 6 April 2023
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 4 : Perkembangan Teknologi Transportasi
Pembelajaran : 5

Assalaamualaikum, Wr. Wb.
Hari ini kita akan belajar tema tujuh subtema empat pembelajaran lima. Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat menuliskan manfaat teknologi transportasi bagi kehidupan manusi , siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

Pergi dengan Alat Transportasi

Banyak orang memiliki alat transportasi pribadi. Yaitu, alat transportasi yang digunakan untuk diri sendiri. Ada yang memiliki sepeda, sepeda motor, dan mobil.

Ada juga orang yang tidak memiliki alat transportasi pribadi. Mereka menggunakan alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang dipakai bersama-sama. Ada angkutan kota, bus, dan kereta.

Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan manusia pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan. Selain itu, asapnya membuat udara kotor.

Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kota mulai menggunakakan alat transportasi umum bus dan kereta.

Ayo Mencoba
Dalam perjalanan menuju Manado, Beni mengamati pesawat yang ditumpanginya. Beni mengamati televisi pesawat, jendela, pintu, dan lainnya. Semua berbentuk bangun datar. Beni berpikir
berapa keliling masing-masing bangun datar yang ia jumpai di pesawat?

Selesaikanlah masalah-masalah yang Beni pikirkan berikut ini!
1. Layar televisi di pesawat berbentuk persegi panjang. Panjangnya 25 cm dan lebarnya 20 cm. Jika tepi televisi ingin diberi bingkai pelindung, berapa panjang bingkai yang dibutuhkan? Panjang bingkai = keliling televisi.
Jawab: 25 + 20 +25 +20 = 90 cm

2. Pesawat dilengkapi banyak jendela. Jendela pesawat berbentuk persegi panjang. Lebar 15 cm dan panjang 30 cm. Jika sekeliling jendela ingin diberi karet pelindung, berapa panjang karet yang dibutuhkan? Panjang karet = keliling jendela
Jawab: 15 + 30 + 15 + 30 = 90 cm

3. Pintu pesawat berbentuk persegi panjang. Lebarnya 90 cm dan tingginya 230 cm. Berapakah keliling pintu pesawat?
Jawab: 90 + 230 + 90 + 230 = 640 cm

4. Pramugari memberi tisu sebelum kami makan. Tisu berbentuk persegi. Setiap sisi panjangnya 45 cm. Berapakah keliling tisu?
Jawab:45 + 45 + 45 + 45 = 180 cm

Hari ini kita sudah belajar tentang alat transportasi dan menentukan keliling bangun datar dengan soal cerita. Semangat berlatih dan belajar, jangan lupa murojaah dan sholat lima waktu. 

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer