Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Jumat, 14 April 2023

Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 6 (Jumat 14 April 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari / Tanggal : Jumat 14 April 2023
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 1 : Aku Anggota Pramuka
Pembelajaran : 6

Assalaamualaikum, Wr.Wb
Hari ini kita belajar tema delapan subtema satu pembelajaran enam. Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat menjelaskan arti gambar bagian-bagian burung garuda pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar, siswa dapat mengindentifikasi informasi terkait arti lambang negara dari teks yang dibaca dengan benar, siswa dapat menjelaskan perbedaan antara sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul dengan benar.

Nah sekarang kita akan belajar untuk mengetahui pemakaian atribut pramuka ,memahami Titik sudut, memahami makna lambang garuda pancasila Udin dan teman-teman dibagi dalam beberapa kelompok. Kelompok dalam pramuka siaga disebut dengan barung. Barung biasanya terdiri atas 6 orang anggota pramuka siaga.

Udin, Edo, dan Beni dan tiga teman lainnya bergabung dalam satu barung. Mereka memilih nama barung Merah. Siti, Lani, Dayu, dan tiga teman lainnya membentuk satu barung. Mereka memilih nama barung putih.

Tanda barung berbentuk segitiga. Tanda barung tidak bergambar. Warna tanda barung dipilih hasil diskusi anggota barung.

Setiap warna memiliki arti, Nama barung merupakan cerminan sifat-sifat baik. Sifat baik itu akan ditiru oleh anggota barung tersebut,

Penggunaan Tanda/Atribut Pramuka Siaga Putri


Warna tanda barung diutamakan mengambil warna dari Garuda Pancasila. Warna tersebut merah, putih, kuning, hijau, dan hitam. Jika diperlukan dapat diambil warna lain.

Perhatikan kembali lambang negara Garuda Pancasila ! Amati bagian yang memiliki warna merah, kuning, hijau, dan hitam.


Yuk kita tuliskan bagian warna yang terdapat pada lambang garuda pancasila.

No.

Warna

Bagian

1.

Merah

Bagian kanan atas dan kiri bawah perisai

2.

Putih

Bagian kiri atas dan kanan bawah perisai dan pada pita yang dicengkeram burung Garuda

3.

Kuning

Bagian kepala, lambang bintang, lambang rantai, sayap, kaki dan Ekor burung Garuda

4.

Hijau

Bagian lambang pohon beringin

4.

Hitam

Gambar kepala banteng dan dasar bagian tengah perisai.


Perhatikan kembali lambang barung berikut ini !


Apa warna yang kalmu pilih untuk kelompokmu ? Mengapa? Jelaskan pilihan wranamu disesuaikan dengan arti warna pada lambang negara Garuda Pancasila.
1. Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian.
2. Warna hitam memiliki makna keabadian.
3. Warna merah memiliki artian keberanian.
4. Warna hijau artinya adalah kesuburan dan kemakmuran.
5. Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran

Setelah mengetahui arti warna pada lambang burung Garuda, selanjutnya perhatikan tanda barung berikut. Tanda barung berbentuk segitiga sama sisi.


Segitiga memiliki sudut dan titik sudut. Tunjukan sudut yang dimiliki segitiga ! Berapa banyak sudut yang dimiliki segitiga? (3) Apa jenis sudut yang dimiliki segitiga? (Lancip)

Tentukan jenis sudut yang dimiliki gambar berikut !


Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan kutipan dari Kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular. Kata “bhinneka” memiliki arti beraneka ragam atau berbeda-beda, sedang kata “tunggal” berarti satu, dan kata “ika” bermakna itu. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diartikan “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun berbeda beda tapi pada hakikatnya tetap satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk melambangkan kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam ras, budaya, bahasa daerah, agama, suku bangsa dan kepercayaan.

Bagaimana pelajaran hari ini, apakah menyenangkan ? Jika ada yang kurang paham bisa langsung ditanyakan ke ibu guru ya. Jangan lupa murojaah dan sholat lima waktu. Tetap semagat berlatih dan belajar.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer