Fase/Kelas : C/5
Mata Pelajaran :
1. Matematika : Pecahan
2. Bahasa Indonesia : jendela dunia
Capaian Pembelajaran Matematika :
(Elemen Bilangan)
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)Tujuan Pembelajaran Matematika : peserta didik diharapkan dapat membandingkan dan mengurutkan pecahan
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia :Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia : peserta didik dapat mengidentifikasi teks fiksi dan non fiksi
Matematika
Mengurutkan Pecahan
Mari kita simak video berikut!
Cara mengurutkan pecahan dengan penyebut yang sama seperti mengurutkan bilangan cacah pada umumnya.
Misalnya pecahan 3/9, 5/9, 1/9 diurutkan dari yang terkecil menjadi 1/9, 3/9, 5/9.
Contoh pecahan tersebut memiliki penyebut yang sama, yaitu 9, sehingga cara mengurutkannya hanya perlu melihat pembilang atau nilai angka yang di atas.
Langkah mengurutkan pecahan dengan penyebut yang tidak sama seperti berikut.
1. Mencari nilai KPK dari penyebut pecahan yang ingin diurutkan.
2. Mengalikan setiap penyebut pecahan dengan angka lain untuk menghasilkan nilai KPK tersebut.
3. Pembilang juga dikalikan sama dengan angka perkalian penyebut.
Baiklah sekarang Ayo kita berlatih mengurutkan pecahan!
Soal no.1 Urutkan pecahan berikut dari pecahan terkecil ke pecahan terbesar!
perhatikan penyebutnya, lalu urutkan pecahan tersebut dari pecahan terbesar ke pecahan terkecil!
Soal no.4 Urutkan pecahan berikut dari pecahan terkecil ke pecahan terbesar!
BAHASA INDONESIA
PROSES MEMBUAT BUKU
Buklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Booklet merupakan sebuah media komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa, dan berbentuk cetakan.
Langkah 1
Pilihlah kertas dan tentukan jumlah halaman.. Misalnya, dengan menggunakan kertas ukuran A4 Jumlah halaman 6 (3 lembar kertas)
Langkah 2
Lipat 3 lembar kertas A4 menjadi dua bagian yang sama seperti terlihat pada gambar di atas.
Langkah 3
Tumpuk kertas yang sudah dilipat sehingga membentuk sebuah buku.
Langkah 4
Putuskan apa yang akan dituangkan di setiap halaman
1. Sampul depan
2. Daftar isi
3. Isi
Langkah 5
Mulailah menggambar dan menulis pada setiap halaman
Langkah 6
Warnai gambar agar tampak lebih menarik
Pilihlah kertas dan tentukan jumlah halaman.. Misalnya, dengan menggunakan kertas ukuran A4 Jumlah halaman 6 (3 lembar kertas)
Langkah 2
Lipat 3 lembar kertas A4 menjadi dua bagian yang sama seperti terlihat pada gambar di atas.
Langkah 3
Tumpuk kertas yang sudah dilipat sehingga membentuk sebuah buku.
Langkah 4
Putuskan apa yang akan dituangkan di setiap halaman
1. Sampul depan
2. Daftar isi
3. Isi
Langkah 5
Mulailah menggambar dan menulis pada setiap halaman
Langkah 6
Warnai gambar agar tampak lebih menarik
Kesimpulan:
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar berjalan lancar untuk pelajaran matematika pada materi mengurutkan dengan penyebut yang berbeda masih ada enam siswa yang masih kesulitan dalam memahami materi tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar