Muatan Pembelajaran : IPAS : Daerahku Kebanggaanku
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengenal warisan budaya di Indonesia.
IPAS
Warisan budaya daerah adalah warisan budaya yang khas dari suatu daerah, baik berupa benda maupun tak benda. Warisan budaya daerah memiliki nilai penting bagi bangsa dan layak untuk dilestarikan.
Contoh warisan budaya daerah di Indonesia, antara lain:
- Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah
- Candi Prambanan, candi yang dibangun sekitar tahun 850 M oleh Rakai Pikatan
- Angklung, alat musik yang berasal dari Jawa Barat yang dimainkan dengan cara digoyangkan
- Batik, warisan budaya dunia yang diakui UNESCO
- Wayang kulit, warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO
- Tari Saman, warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO
- Noken Papua, tas tradisional masyarakat Papua yang diakui UNESCO
- Pinisi, perahu tradisional Indonesia yang diakui UNESCO
- Pantun, warisan budaya tak benda yang diakui UNESCO
1. Apa yang dimaksud dengan warisan budaya benda?
a. Warisan budaya yang tidak dapat dilihat
b. Warisan budaya yang dapat dilihat, diraba, dan memiliki wujud fisik
c. Warisan budaya yang hanya bisa diraba
d. Warisan budaya yang hanya dapat dilihat
2. Contoh warisan budaya benda adalah .....
a. Musik dan tarian
b. Keterampilan dan bahasa
c. Bangunan dan alat musik
d. Kebiasaan dan adat istiadat
3. Apa yang membedakan budaya benda dengan budaya tak benda?
a. Budaya benda hanya dapat dilihat, sedangkan budaya tak benda hanya bisa diraba
b. Budaya benda memiliki wujud fisik, sedangkan budaya tak benda tidak memiliki wujud fisik
c. Budaya benda hanya terbentuk melalui akulturasi
d. Budaya tak benda lebih populer daripada budaya benda
4. Contoh warisan budaya tak benda adalah
a. Bangunan dan pakaian
b. Musik dan tarian
c. Senjata tradisional dan alat musik
d. Keterampilan dan pakaian adat
5. Apa yang dapat menyebabkan rusaknya warisan budaya?
a. Pemugaran
b. Pembersihan
c. Pemeliharaan
d. Tidak adanya tindakan menjaga
a. Warisan budaya yang tidak dapat dilihat
b. Warisan budaya yang dapat dilihat, diraba, dan memiliki wujud fisik
c. Warisan budaya yang hanya bisa diraba
d. Warisan budaya yang hanya dapat dilihat
2. Contoh warisan budaya benda adalah .....
a. Musik dan tarian
b. Keterampilan dan bahasa
c. Bangunan dan alat musik
d. Kebiasaan dan adat istiadat
3. Apa yang membedakan budaya benda dengan budaya tak benda?
a. Budaya benda hanya dapat dilihat, sedangkan budaya tak benda hanya bisa diraba
b. Budaya benda memiliki wujud fisik, sedangkan budaya tak benda tidak memiliki wujud fisik
c. Budaya benda hanya terbentuk melalui akulturasi
d. Budaya tak benda lebih populer daripada budaya benda
4. Contoh warisan budaya tak benda adalah
a. Bangunan dan pakaian
b. Musik dan tarian
c. Senjata tradisional dan alat musik
d. Keterampilan dan pakaian adat
5. Apa yang dapat menyebabkan rusaknya warisan budaya?
a. Pemugaran
b. Pembersihan
c. Pemeliharaan
d. Tidak adanya tindakan menjaga
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar hari ini berjalan dengan lancar peserta didik dapat membedakan warisan budaya benda dan warisan budaya tak benda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar