Fase/Kelas : C/5
Mata Pelajaran :
1. Matematika : Segitiga dan Segi Empat di sekitarmu
2. Bahasa Indonesia : Jadi Warga Dunia
Capaian Pembelajaran Matematika :
(Elemen : Pengukuran)
Peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
Tujuan Pembelajaran Matematika : Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri bangun segiempat dan segitiga
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia :
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia : Peserta didik menemukan dan mengidentifikasi informasi pada satu paragraf.
Matematika
Jenis -jenis segitiga
A. Berdasarkan sisi yaitu :
Mata Pelajaran :
1. Matematika : Segitiga dan Segi Empat di sekitarmu
2. Bahasa Indonesia : Jadi Warga Dunia
Capaian Pembelajaran Matematika :
(Elemen : Pengukuran)
Peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
Tujuan Pembelajaran Matematika : Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri bangun segiempat dan segitiga
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia :
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia : Peserta didik menemukan dan mengidentifikasi informasi pada satu paragraf.
Matematika
Jenis -jenis segitiga
A. Berdasarkan sisi yaitu :
1. segitiga sama sisi
2. segitiga sama kaki
3. segitiga sembarang
B. Berdasarkan sudut yaitu :
1. segitiga lancip
2. segitiga tumpul
3. segitiga siku-siku
Bahasa Indonesia
Untuk menemukan dan mengidentifikasi informasi pada satu paragraf, Anda bisa membaca dan mencermati setiap kalimat dalam paragraf tersebut. Anda juga bisa menandai informasi penting dan menyimpulkan isi paragraf.
Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menemukan informasi penting dalam paragraf:
Baca seluruh paragraf dengan cermat
Baca setiap kalimat dengan teliti
Identifikasi kata benda atau subjek yang mendominasi paragraf
Tentukan kalimat utama
Temukan ide pokok dalam kalimat utama
Tandai informasi penting
Simpulkan isi paragraf
Selain itu, Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut: Membaca judul teks dengan saksama, Membuat daftar pertanyaan pada setiap paragraf, Perhatikan kata yang sering diulang, Memahami sinonim kata kunci.
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu, mematuhi Ayah Bunda dan murojaah surah-surah pendeknya ya....
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Bahasa Indonesia
Untuk menemukan dan mengidentifikasi informasi pada satu paragraf, Anda bisa membaca dan mencermati setiap kalimat dalam paragraf tersebut. Anda juga bisa menandai informasi penting dan menyimpulkan isi paragraf.
Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menemukan informasi penting dalam paragraf:
Baca seluruh paragraf dengan cermat
Baca setiap kalimat dengan teliti
Identifikasi kata benda atau subjek yang mendominasi paragraf
Tentukan kalimat utama
Temukan ide pokok dalam kalimat utama
Tandai informasi penting
Simpulkan isi paragraf
Selain itu, Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut: Membaca judul teks dengan saksama, Membuat daftar pertanyaan pada setiap paragraf, Perhatikan kata yang sering diulang, Memahami sinonim kata kunci.
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu, mematuhi Ayah Bunda dan murojaah surah-surah pendeknya ya....
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar