KEGIATAN PEMBELAJARAN : P5 ( PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA )
TEMA : KEARIFAN LOKAL
JUDUL : LESTARIKAN BUDAYAKU
CINTAI NEGERIKU MODEL PEMBELAJARAN : PJBL(PROJECT BASED LEARNING)
METODE PEMBELAJARAN : EKSPLORASI
MEDIA/ALAT DAN BAHAN : VIDEO, LKPD.
TUJUAN KEGIATAN P5
● Membentuk karakter Pelajar Pancasila (beriman dan bertaqwa, gotong royong, dan mandiri, dan kreatif)
● Peserta didik mampu menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan sekolah.
● Peserta didik terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang)
● Peserta didik berani mencoba, tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan dan adaptif dalam situasi baru.● Peserta didik dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/perasaannya dalam bentuk karya dan atau Tindakan sederhana serta mengapresiasi karya dan Tindakan yang dihasilkan
● Peserta didik berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya.
Tujuan : Dengan mengangkat tema “KEARIFAN LOKAL” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan agar peserta didik mengenal adat budaya serta kebiasaan masyarakt Indonesia pada umumnya
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kearifan Lokal” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.
Tujuan Pembelajaran :
-Peserta didik dapat mengenal keragaman budaya di indonesia
Apa kabar anak-anak Bu Guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Hari ini kegiatan P5 akan diisi dengan membuat diorama keragaman budaya Indonesia
Simak video berikut!
Berikut adalah bahan-bahan yang lebih detail:
Bahan utama:
Kardus: Sebagai dasar diorama.
Kertas warna/kertas karton: Untuk membuat latar belakang, elemen dekoratif, atau pakaian adat.
Styrofoam: Bisa digunakan sebagai dasar diorama atau untuk membuat bentuk-bentuk 3D.
Bahan dekorasi:
Cat: Untuk mewarnai diorama, latar belakang, dan elemen-elemen lainnya.
Spidol: Untuk membuat detail, tulisan, atau gambar-gambar kecil.
Lem: Untuk menempelkan semua bahan bersama-sama.
Gunting: Untuk memotong bahan-bahan.
Miniatur: Pakaian adat, rumah adat, alat musik tradisional, atau figur tokoh budaya bisa digunakan untuk menambahkan detail dan keunikan pada diorama.
Material lain: Bisa berupa batang-batang kecil untuk membuat pohon, pasir untuk membuat tanah, kain untuk membuat pakaian, dan lain-lain.
Tips:
Gunakan imajinasimu: Buat diorama yang kreatif dan menarik dengan tema-tema keberagaman budaya yang ingin kamu tampilkan.
Teliti dalam memilih bahan: Pilih bahan yang sesuai dengan tema dan detail yang ingin kamu tampilkan.
Perhatikan skala: Buat diorama dengan skala yang sesuai agar terlihat proporsional dan tidak terlalu besar atau kecil.
Jangan ragu untuk berkreasi: Gunakan imajinasimu untuk membuat diorama yang unik dan menarik
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar peserta didik daoat mengikuti dengan baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar