Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Selasa, 02 Mei 2023

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2 dan 3 (Selasa 2 Mei 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari / Tanggal : Selasa 2 Mei 2023
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 2 dan 3

Assalaamualaikum, Wr.Wb
Hari ini kita akan belajar tema delapan subtema dua pembelajaran dua dan tiga. Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menulis pendapat tentang perilaku sehari-hariyang sesuai dengan artisimbol-simbol sila Pancasila dengan benar, mengidentifikasi perbedaan berbagaibangun datar berdasarkan sifat-sifatnya dengan benar, mengidentifikasi kombinasi gerak kuatlemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.

Mandiri dalam Mengambil Keputusan


Anggota pramuka dilatih untuk mengambilkeputusan secara mandiri. Misalkan mengambilkeputusan dalam menentukan nama kelompok.Semua anggota kelompok akan ikut berdiskusi.Setiap anggota kelompok dapat menyampaikanpendapat.Diskusi kelompok dipimpin oleh ketuakelompok.Setelah selesai berdiskusi, semuaanggota setuju.Nama kelompok telah ditetapkan.

Salah satu janji pramuka yaitu patuh dan sukabermusyawarah.Bermusyawarah artinya berdiskusi untuk membicarakan masalah.Bermusyawarah juga untuk menyelesaikan masalah. Bermusyawarah juga merupakan salah satupengamalan sila Pancasila.Bermusyawarahmerupakan pengamalan sila keempat.Silakeempat berbunyi kerakyatan yang dipimpin olehhikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratanperwakilan.Simbol sila keempat Pancasila berupakepala banteng.


Berikut ini contoh-contoh pelaksanaan silakeempat Pancasila.



AYO MEMBACA

Mandiri Mengerjakan Pekerjaan Rumah



Udin anggota pramuka yang rajin dan mandiri.Udin selalu merapikan kamar tidur sendiri.Udinmengerjakan pekerjaan rumah secara mandiri.Udin juga menyiapkan peralatan sekolah secaramandiri.Udin juga rajin membantu orang tua.Udinsudah dapat membersihkan rumah.Udin juga sukamembantu pekerjaan Ibu di dapur.Udin juga sudahdapat menjahit atribut pramuka dengan bantuanIbu.Udin cakap dan mandiri melakukan berbagaikegiatan.

Udin mendapat tanda khusus karena cakapdalam berbagai bidang.Tanda kecakapan khususmerupakan salah satu tanda pengenal pramuka.Selain tanda khusus, ada juga tanda umum.Tandaumum digunakan oleh seluruh anggota pramuka.Tanda umum pramuka diantaranya; tanda tutupkepala dan tanda pelantikan.Ada juga setanganleher, tanda harian, tanda WOSM atau tandapramuka sedunia.

Ada berbagai macam tanda kecakapan khusus(TKK).Tanda kecakapan khusus wajib sepuluhbuah.Berikut ini sepuluh tanda kecakapan khusus.


Tanda kecakapan khusus diberikan untukmenambah semangat anggota pramuka.Tandakecakapan khusus bertujuan untuk melatihketerampilan serta kemandirian.

Bentuk dan tingkatan tanda kecakapan khusussetiap kelompok pramuka berbeda.Untuk pramukasiaga berbentuk segitiga dan hanya satu tingkatan.Untuk pramuka penggalang ada tiga tingkatandengan bentuk yang berbeda.Tingkat purwaberbentuk lingkaran.Tingkat madya berbentukpersegi.Tingkat utama berbentuk segilima.Berikut contoh gambar TKK menabung sesuaitingkatan.


AYO BERLATIH

Masih ingatkah kalian dengan bentuk bangundatar?
Apakah kalian tahu sifat-sifat bangun datar?Perhatikan gambar persegi berikut ini!


Ikuti kegiatan berikut untuk mengetahui sifatpersegi!
Siapkan tali untuk mengukur sisi persegi!Siapkan pula pojok siku-siku yang terbuat dari potongan kertas!

Persegi 1

Ukur sisi AB, BC, CD, DA menggunakan tali, lalu potong.


Amati potongan tali!Apa yang kalian temukan?
Panjang sisi AB, BC, CD, DA = 4 CM.
Ukur semua sudut persegi menggunakan pojok siku-siku!


Apa yang kalian temukan?
Besar sudut A = 90° sudut B = 90°, sudut C = 90°, sudut D= 90°

Lakukan kegiatan yang sama untuk persegi 2 dan persegi 3!

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan sebelumnya!
Jawaban pertanyaan akan membantumu membuat simpulan sifat persegi.
1. Apakah persegi merupakan bangun segi empat?
Jawaban: Iya, persegi merupakan bangun segi empat.

2. Bagaimana ukuran panjang sisi-sisinya?
Jawaban: Ukuran panjang tiap-tiap sisinya adalah sama.

3. Bagaimana ukuran besar sudutnya?
Jawaban: Ukuran besar sudutnya memiliki besar yang sama.

Berikut ini contoh tanda kecakapan khusus berbentuk persegi.

Tanda kecakapan khusus terdiri atas lima bidang.Setiap bidang memiliki warna khusus.Bidangagama berwarna dasar kuning.Bidang patriotism dan seni budaya berwarna dasar merah.Bidang ketangkasan dan kesehatan berwarna dasar putih. Bidang keterampilan dan teknik pembangunanberwarna dasar hijau.Bidang sosial berwarnadasar biru.

AYO MENARI
Masih ingatkah kamu dengan tari Tempurung yang sudah dipelajari sebelumnya?
Ikuti petunjuk berikut untuk berlatih menari tari Tempurung!
1. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke bawah belakang. Tepukkan tangan sambil berjalan dalam barisan.
2. Tepukkan tangan dua kali di sebelah kiridan sebelah kanan. Tepukkan tangan secarabergantian sebanyak empat kali.

3. Jalan ke kiri dua langkah dan tepukkan satu kali.Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepukkantangan satu kali. Lakukan gerakan tepuk tangansambil melompat. Lakukan sebanyak dua kali.

4. Tepukkan tangan di sebelah kiri bawah. Tepukkantangan di sebelah kanan bawah. Tepukkantangan di sebelah kiri atas. Tepukkan tangan disebelah kanan atas sambil mengangkat kaki kiri.Lakukan sebanyak dua kali.

5. Jalan ke kiri dua langkah dan tepuk tangan satukali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepuktangan satu kali. Sambil melangkah tengokkan kepala ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Lakukan sebanyak dua kali.

6. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke belakangbawah. Tepuk tangan dilakukan sambil berjalanmembentuk lingkaran. Lalu, dengan gerakan yangsama berjalan keluar meninggalkan tempat menari.


TUGAS HARI INI

Setelah membaca teks berjudul “Mandiri dalam Mengambil Keputusan” Hal.64-65
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Apa arti bermusyawarah?
2. Sebutkan 3 contoh kegiatan bermusyawarah.
3. Termasuk pengamalan sila keberapa kegiatan bermusyawarah?
4. Apa simbol dari sila Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan?

Bagaimana pelajaran hari ini apakah menyenangkan? Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan ke ibu guru ya. Tetap semangat belajar dan berlatihnya. Jangan lupa murojaah dan sholat lima waktunya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer