Hari / Tanggal : Jumat / 8 November 2024
Fase / Kelas : C / 5
Muatan Pembelajaran : IPAS
Media pembelajaran : video, gambar benda elektronik
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Fase / Kelas : C / 5
Muatan Pembelajaran : IPAS
Media pembelajaran : video, gambar benda elektronik
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi sumber energi listrik dan perubahan ernergi listrik.
IPAS
Enenrgi Listrik
Setelah menyimak tayangan video di atas kerjakan soal latihan berikut!
Ayo Berlatih
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
A. spion
B. aki
C. gardu
D. roda
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Zaki ditugaskan oleh Ibu guru untuk menuliskan sumber energi listrik. Agar tugas Zaki benar, maka dia harus menulis nomor . . . .
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
A. elektron
B. neutron
C. proton
D. ozon
A. emas
B. besi
C. tembaga
D. plastik
A. gerak
B. cahaya
C. bunyi
D. panas
A. gerak
B. panas
C. bunyi
D. cahaya
A. mati (padam)
B. menyala lebih redup
C. menyala lebih terang
D. menyala seperti dengan 1 baterai
A. menyala seperti semula
B. menyala lebih terang
C. menyala lebih redup
D. mati (padam)
Soal No.1
Perhatikan benda berikut!- lemari
- bolpoin
- parfum
- blender
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
Soal No.2
Sepeda motor Pak Anton dapat menyala dan memancarkan cahaya karena mendapatkan energi listrik dari ....A. spion
B. aki
C. gardu
D. roda
Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!Tino bersama teman-temannya membuat rangkaian listrik seperti gambar di atas. Bagian rangkaian tersebut yang dapat memutuskan dan menyambungkan aliran listrik yaitu ....A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!No | Pilihan |
---|---|
1 | roda |
2 | aki |
3 | kabel |
4 | baterai |
5 | PLN |
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
Soal No.5
Energi listrik merupakan energi yang berasal dari pergerakan benda yang sangat kecil yang disebut . . . .A. elektron
B. neutron
C. proton
D. ozon
Soal No.6
Diana membeli kabel listrik di toko. Kemudian dia mengelupas bagian luar kabel yang berwarna hitam sehingga terlihat bagian dalam kabel yang terbuat dari ....A. emas
B. besi
C. tembaga
D. plastik
Soal No.7
Perhatikan gambar di bawah!Benda pada gambar di atas dapat mengubah energi listrik menjadi energi....A. gerak
B. cahaya
C. bunyi
D. panas
Soal No.8
Perhatikan gambar di bawah!Benda pada gambar di atas dapat kita lihat pada suatu ruangan. Fungsinya agar orang yang berada dalam ruangan tidak kepanasan. Benda tersebut dapat mengubah energi listrik menjadi energi ....A. gerak
B. panas
C. bunyi
D. cahaya
Soal No.9
Dwita membuat rangkaian listrik sederhana dengan menggunakan 2 lampu, kabel, dan 1 baterai. Lampu dapat menyala pada rangkaian tersebut. Kemudian Dwita menambahkan 1 baterai lagi, maka lampu akan ....A. mati (padam)
B. menyala lebih redup
C. menyala lebih terang
D. menyala seperti dengan 1 baterai
Soal No.10
Adit memasang baterai pada senter sehingga senter dapat menyala. Tiba-tiba Adit melepas baterai lalu memasangnya secara terbalik pada senter, maka senter tersebut akan. . . .A. menyala seperti semula
B. menyala lebih terang
C. menyala lebih redup
D. mati (padam)
Kesimpulan :
Alhamdulillh kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar pada mata pelajaran ipas ada tiga siswa yang belum memahami tentang materi magnet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar