Hari / Tanggal : Kamis/ 21 November 2024
Fase / Kelas : C / 5
Mata Pelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila
Media Pembelajaran : Video, alat tulis
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini Bu Guru harap kalian dapat mengubah pecahan biasa menjadi desimal, bermain peran melakukan wawancara, dan dapat menyebutkan contoh hak dan kewajiban.
Matematika
BAHASA INDONESIA
1. Apa yang dimaksud dengan wawancara?
Wawancara adalah tanya jawab dengan seorang narasumber untuk memperoleh informasi yang diinginkan.
2. Apa tujuan kita melakukan wawancara?
Tujuan wawancara adalah untuk mencari informasi tertentu.
3. Bagaimana cara melakukan wawancara yang baik?
Sikap Saat Wawancara• bersikap sopan dan menghormati narasumber;• menyapa dengan sapaan yang sesuai, misalnya Bapak, Ibu, Kakak, dan lainnya;• berbicara dengan tenang; dan• berbahasa Indonesia yang baik, singkat, dan jelas.Cara Berbicara• Nada suara jangan terlalu keras, tetapi juga tidak terlalu pelan.• Gunakan intonasi yang sopan.• Ucapkan pertanyaan dengan jelas.Bahasa Tubuh dan Penampilan• Berdirilah atau duduklah dengan tegak.• Tataplah narasumber saat berbicara. Tatap mata narasumber secara wajar.• Gunakan gerak tangan untuk menegaskan sesuatu.• Berpakaianlah dengan sopan dan rapi.
4. Apa yang harus dipersiapkan agar wawancara berjalan dengan lancar?
Langkah-Langkah Persiapan• Buat janji bertemu dengan narasumber.• Siapkan daftar pertanyaan.• Siapkan alat tulis untuk mencatat atau alat perekam.• Siapkan kamera (jika ada).Informasi yang Perlu Dicatat• jawaban sesuai daftar pertanyaan;• identitas narasumber; dan• tanggal wawancara diadakan.Agar Siap dan Percaya Diri• Pelajari semua tentang narasumber.• Kuasai daftar pertanyaan wawancara.• Berlatih mengajukan pertanyaan sebelum melakukan wawancara sebenarnya.
5. Selain melakukan tatap muka, adakah cara lain untuk mendapatkan informasi dari narasumber?
Wawancara tak langsung bisa melalui sambungan telepon, teks (chatting), dan email (wawancara tertulis).
Di bawah ini adalah contoh pertanyaan yang dapat diajukan ketika mewawancarai seorang pengusaha atau wirausaha.
- Apa jenis usaha yang dijalankan?
- Kapan memulai usaha?
- Mengapa memilih usaha ini?
- Berapa modal yang digunakan untuk memulai usaha?
- Di mana tempat yang dipilih untuk memasarkan usaha?
Apakah kalian dapat menambahkan pertanyaan lain? Ayo tunjuk tangan. Berbicaralah yang lantang agar teman-teman dapat mendengar pertanyaan yang kalian buat.
Berbicara, Berdiskusi, Mempresentasikan
Bermain peran. Bacalah dialog di bawah ini bersama rekan kalian. Tentukan peran masing-masing. Saat berlatih, lengkapi bagian yang tidak lengkap dengan kalimat tanya yang tepat.
Narasumber (N) : Nadya Hersa
Hari/tanggal wawancara : Selasa, 18 Agustus 2020
Waktu wawancara : Pukul 10.00 WIB
Tempat wawancara : Kantor KS Group
Pewawancara (P) : Indah
Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar hari ini berjalan dengan lancar, pada materi matematika tentang mengubah pecahan menjadi desimal masih ada lima siswa yang kurang teliti mengerjakan soal yang diberikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar