Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan Seni Rupa
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia : Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia : peserta didik dapat mengekspresikan diri melalui hobi
Capaian Pembelajaran Seni Rupa :
Elemen Mengalami :
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Tujuan Pembelajaran Seni Rupa : Peserta didik dapat mengenal makrame
Assalamualaikum wr.wb
Seni Rupa
Apa kabar anak sholih/Sholihah?
Sudah siap belajar hari ini ?
Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.
Sudah melaksanakan sholat subuh hari ini, ibu guru yakin anak-anak hebat ibu guru sudah melaksanakan sholat subuh semua. Hari ini kita akan belajar bahasa indonesia dan matematika. Yuk kita mulai belajar.
BAHASA INDONESIA
Teks prosedur adalah tulisan yang memuat petunjuk secara urut dalam menghasilkan suatu karya. Tujuan Penulisan teks prosedur adalah memberi panduan kepada pembaca untuk menghasilkan karya sesuai yang diinginkan.
Ciri-ciri Teks Prosedur
• Memuat alat dan bahan yang diperlukan
• Memuat tahap kegiatan yang berurut
• Menggunakan kalimat perintah yang singkat dan jelas
• Menggunakan kata kerja aktif
Kapan kita menggunakan Teks Prosedur
• Membuat resep masakan
• Menjelaskan aturan permainan
• Membuat panduan eksperimen sains
• Memberikan arah atau panduan
Urutan Teks Prosedur
• Judul
• Alat dan Bahan
• Langkah Pembuatan
• Tip atau Kesimpulan
JUDUL
Tuliskan judul yang membuat pembaca memahami apa kreasi atau penjelasan yang kamu buat.
ALAT DAN BAHAN
Tuliskan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Tambahkan keterangan jumlah atau ukuran agar lebih jelas bagi pembaca.
LANGKAH PEMBUATAN
Tuliskan langkah-langkah pembuatan secara berurut. Gunakan kata kerja sebagai awal kalimat.
PENUTUP ATAU KESIMPULAN
Tuliskan tip untuk mempermudah cara pengerjaan ataupun hal-hal penting lainnya yang harus diperhatikan pembaca.
Contoh ragam teks prosedur:
Teks 1:
Cara Membuat Jus Buah dengan Menggunakan Blender
Alat dan bahan:
- Potongan buah, air, es batu
- Blender
Cara membuat:
- Siapkan potongan buah, air, dan es batu.
- Siapkan blender dengan kabel sudah tersambung ke panel listrik.
- Masukkan potongan buah, air, dan es batu ke dalam blender.
- Tutup blender dengan baik dan nyalakan tombol pemutar.
- Tunggu sekitar 1 menit hingga buah menjadi halus.
- Matikan blender.
- Sajikan jus buah dalam gelas.
Mudah, bukan? Jus akan terasa lebih enak jika diminum dalam keadaan dingin dan segar.
Teks 2:
Cara Mengoper Bola pada Olahraga Bola Basket
Alat dan bahan:
• bola basket
Langkah-langkah:
- Sikap badan sedikit membungkuk dan condong ke depan. Kedua tangan memegang bola dengan kedua siku tangan ditekuk sehingga bola berada di dekat dada.
- Langkahkan kaki kanan ke depan sambil mengangkat siku dengan pergelangan tangan diputar ke arah badan.
- Dorong bola ke depan sampai kedua lengan lurus. Gerakan diakhiri dengan melecutkan pergelangan tangan ke arah samping luar.
Latihan ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan mengoper bola setinggi dada untuk jarak dekat. Selamat berlatih.
Latihan
1. Lengkapi petunjuk cara membuat mi rebus sesuai dengan gambar di bawah ini.
- Panaskan air dalam panci dengan api sedang.
- Setelah air mendidih, masukkan mi ke dalam panci
- Masukkan telur, potongan sayur, dan irisan bawang. Jangan lupa tambahkan sedikit garam dan lada
- Aduk-aduk mi selama 2 menit. Stelah matang, angkat dan hidangkan pada mangkuk. Mi siap disantap.
2. Perhatikan gambar di bawah ini dengan saksama. Gambar di bawah ini menunjukkan prosedur mencuci tangan yang benar menurut petunjuk dari Kementerian Kesehatan. Sekarang, urutkan kelima kalimat di bawah ini agar menjadi sebuah teks prosedur mencuci tangan yang benar.
4. Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir.
2. Gosokkan sabun ke punggung, telapak, dan sela jari.
3. Bersihkan bagian bawah kuku-kuku.
1. Bilaslah tangan dengan air bersih mengalir hingga tidak bersabun lagi.
5. Keringkan tangan dengan handuk, tisu, atau keringkan dengan diangin-anginkan.
Makrame
Simaklah video berikut ini!
Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar, pada pelajaran membuat makrame masih ada lima siswa yg kesulitan dalam membuat makrame.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar