Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pengolahan Data
2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi
3. Pendidikan Pancasila : NKRI
Media pembelajaran : Video/PPT, LKPD
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen : Analisis Data dan Peluang
Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk beberapa visualisasi dan dalam tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi. Mereka dapat menentukan kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam suatu percobaan acak.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CP PANCASILA
Peserta didik mampu mengenal wilayahnya dalam konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan perilaku, gotong royong untuk menjaga persatuan di lingkungan sekolah dan sekitar sebagai wujud bela negara.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mendeskripsikan prosesnya bertumbuh, mengidentifikasi masa pubertas, mengenal teks eksposisi, menjelaskan kerja sama antara masyarakat dan pemerintah kabupaten / kota
Matematika
Matematika
Bahasa Indonesia
Teks Eksposisi
Kerjakan latihan berikut!
Soal No.1
Wiwin membaca sekilas suatu teks yang panjang untuk mendapatkan gambaran tentang isi teks tersebut. Kegiatan membaca yang dilakukan Wiwin disebut. . .
A. skimming
B. skipping
C. scanning
D. selecting
2. Perhatikan teks berikut!
Sumber Energi Terbarukan
Setiap hari, manusia melakukan berbagai aktivitas dalam hidupnya. Memasak, mencuci, menerangi rumah, menggerakkan mesin kendaraan, dan pabrik adalah beberapa contoh dari banyak kegiatan yang dilakukan manusia. Aktivitas manusia sehari-hari ditopang oleh penggunaan sumber-sumber energi. Kita mengenal ada dua jenis energi yang tersedia di alam: terbarukan dan tidak terbarukan.
Ide pokok dari paragraf di atas yaitu...
A. terdapat dua jenis energi yang digunakan manusia
B. berbagai aktivitas manusia memerlukan energi
C. memasak, dan menerangi rumah adalah aktivitas manusia
D. manusai dibantu oleh sumber-sumber energi dalam beraktivitas
3. Pengelolaan sampah yang baik harus berwawasan lingkungan, menetapkan prinsip kemandirian yang produktif , dan mengedepankan prinsip 3M.
Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. menghasilkan manfaat
B. tingkat baik buruknya sesuatu
C. penyelesaian masalah
D. memproses kembali bahan yang sudah terpakai
4. Pembakaran sampah plastik dapat menurunkan kualitas lingkungan.
Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. proses kelola
B. penyelesaian masalah
C. tingkat baik buruknya sesuatu
D. proses, cara, perbuatan
5. Bu Sari menugaskan siswa kelas V untuk membuat ringkasan cerita "Kancil dan Buaya".
Ringkasan cerita tersebut dibuat dengan tujuan untuk . . .
A. memperlambat pembaca untuk memahami cerita
B. membantu pembaca memahami isi cerita
C. mempercepat pembaca menemukan ide pendukung
D. memudahkan pembuat cerita untuk berkarya
Pendidikan Pancasila
Kerjakan tugas /latihan berikut!
1. Dalam kehidupan beragama seharusnya kita menghormati....
a. Orang yang seagama saja
b. Semua petinggi dan pemimpin agama
c. Semua orang apapun agamanya
d. Orang yang berbeda agama saja
2. Pembangunan pos kamling akan mudah dan cepat selesai bila warga....
a. Menyumbangkan banyak uang pada ketua RT
b. Bersatu dan bekerja sama dalam membangunnya
c. Dilakukan oleh semua laki-laki paling kuat
d. Dilakukan oleh siswa-siswi SD kelas enam
A. skimming
B. skipping
C. scanning
D. selecting
2. Perhatikan teks berikut!
Sumber Energi Terbarukan
Setiap hari, manusia melakukan berbagai aktivitas dalam hidupnya. Memasak, mencuci, menerangi rumah, menggerakkan mesin kendaraan, dan pabrik adalah beberapa contoh dari banyak kegiatan yang dilakukan manusia. Aktivitas manusia sehari-hari ditopang oleh penggunaan sumber-sumber energi. Kita mengenal ada dua jenis energi yang tersedia di alam: terbarukan dan tidak terbarukan.
Ide pokok dari paragraf di atas yaitu...
A. terdapat dua jenis energi yang digunakan manusia
B. berbagai aktivitas manusia memerlukan energi
C. memasak, dan menerangi rumah adalah aktivitas manusia
D. manusai dibantu oleh sumber-sumber energi dalam beraktivitas
3. Pengelolaan sampah yang baik harus berwawasan lingkungan, menetapkan prinsip kemandirian yang produktif , dan mengedepankan prinsip 3M.
Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. menghasilkan manfaat
B. tingkat baik buruknya sesuatu
C. penyelesaian masalah
D. memproses kembali bahan yang sudah terpakai
4. Pembakaran sampah plastik dapat menurunkan kualitas lingkungan.
Kata yang dicetak tebal memiliki arti. . .
A. proses kelola
B. penyelesaian masalah
C. tingkat baik buruknya sesuatu
D. proses, cara, perbuatan
5. Bu Sari menugaskan siswa kelas V untuk membuat ringkasan cerita "Kancil dan Buaya".
Ringkasan cerita tersebut dibuat dengan tujuan untuk . . .
A. memperlambat pembaca untuk memahami cerita
B. membantu pembaca memahami isi cerita
C. mempercepat pembaca menemukan ide pendukung
D. memudahkan pembuat cerita untuk berkarya
Pendidikan Pancasila
Kerjakan tugas /latihan berikut!
1. Dalam kehidupan beragama seharusnya kita menghormati....
a. Orang yang seagama saja
b. Semua petinggi dan pemimpin agama
c. Semua orang apapun agamanya
d. Orang yang berbeda agama saja
2. Pembangunan pos kamling akan mudah dan cepat selesai bila warga....
a. Menyumbangkan banyak uang pada ketua RT
b. Bersatu dan bekerja sama dalam membangunnya
c. Dilakukan oleh semua laki-laki paling kuat
d. Dilakukan oleh siswa-siswi SD kelas enam
3. Sebagai bangsa yang bersatu, kita harus memberi bantuan pada....
a. Warga yang sedaerah
b. Warga yang seagama saja
c. Semua orang yang membutuhkan dari suku yang sama
d. Semua orang yang membutuhkan
4. Membina persatuan dan kesatuan sangat penting bagi Indonesia karena....
a. Merupakan negara yang besar
b. Merupakan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, dan agama
c. Merupakan wilayah terbesar di Asia Tenggara
d. Merupakan negara yang belum lama merdeka
5. Bentuk saling menghormati antar umat beragama dalam perayaan hari besar suatu agama adalah....
a. Memberi kesempatan bagi umat agama lain untuk merayakan hari besar agamanya
b. Mengunjungi tempat perayaannya
c. Ikut serta merayakan dan menyumbangkan uang
d. Semua salah
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.
Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar hari ini berjalan dengan lancar, dari 23 peserta didik masih ada satu siswa yang kurang teliti dalam membandingkan data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar