Fase / Kelas : C / 5
Muatan Pembelajaran :
1. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi
2. Pendidikan Pancasila : Persatuan dan Kesatuan di Wilayah Kabupaten atau Kota
3. Matematika : Pengolahan Data
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CP PANCASILA
Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CP PANCASILA
Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Elemen : Pengukuran
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat, membuat poster hari bumi, mengenal provinsi yang ada di Indonesia beserta ibu kota nya dan dan dapat membandingkan pada data tabel dan diagram piktogram.
Bahasa Indonesia
Membuat Poster Hari Bumi

Sebelum membuat poster silahkan simak caranya pada video berikut!
Tugas Bahasa Indonesia :
Buatlah sebuah poster hasil kreativitasmu tentang menjaga lingkungan.
Poster dibuat pada HVS/buku gambar, lalu guntinglah dan tempelkan pada buku IPAS.
Pendidikan Pancasila
Pendidikan Pancasila
Mengenal Wilayah Kabupaten dan Provinsi
Tugas Pendidikan Pancasila :
Di Indonesia ada 38 Provinsi tuliskan di buku latihan dan hafalkan (minimal 10) provinsi yang ada di Indonesia beserta Ibu Kotanya dan di setorkan saat masuk sekolah hari selasa 13 Mei 2025.
Matematika
Pilihan Ganda
80 80 60 70 90 60 70 80
90 70 60 80 90 80 70 80 80
80 70 80 90 80 70 90 90 90
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi:
Tanda titik-titik pada tabel di atas diisi dengan . . .
34kg 38kg 37kg 35kg 36kg 37kg 35kg 36kg 37kg
35kg 36kg 34kg 36kg 35kg 36kg 38kg 37kg 38kg
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi:
Tanda titik-titik pada tabel di atas diisi dengan . . .
A. 8 orang B. 24 orang C. 36 orang D. 48 orang
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat, membuat poster hari bumi, mengenal provinsi yang ada di Indonesia beserta ibu kota nya dan dan dapat membandingkan pada data tabel dan diagram piktogram.
Bahasa Indonesia
Membuat Poster Hari Bumi
Sebelum membuat poster silahkan simak caranya pada video berikut!
Tugas Bahasa Indonesia :
Buatlah sebuah poster hasil kreativitasmu tentang menjaga lingkungan.
Poster dibuat pada HVS/buku gambar, lalu guntinglah dan tempelkan pada buku IPAS.
Pendidikan Pancasila
Pendidikan Pancasila
Mengenal Wilayah Kabupaten dan Provinsi
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dibagi menjadi 38 provinsi, yang selanjutnya dibagi lagi menjadi sejumlah kabupaten dan kota. Provinsi adalah satuan teritorial administratif di bawah wilayah negara, sedangkan kabupaten dan kota adalah unit administratif yang lebih kecil di bawah provinsi.
Berikut adalah beberapa contoh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia:
- Provinsi Lampung: Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Selatan, Kota Bandar Lampung.
- Provinsi Jawa Barat: Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kota Bekasi.
- Provinsi DKI Jakarta: Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur.
- Provinsi Jawa Tengah: Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kota Semarang, Kota Surakarta.
- Provinsi Yogyakarta: Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta.
Indonesia memiliki total 416 kabupaten dan 98 kota, termasuk 1 kabupaten administrasi dan 5 kota administrasi. Kabupaten dan kota ini memiliki pemerintahan daerah masing-masing, yang diatur dengan undang-undang.
Di Indonesia ada 38 Provinsi tuliskan di buku latihan dan hafalkan (minimal 10) provinsi yang ada di Indonesia beserta Ibu Kotanya dan di setorkan saat masuk sekolah hari selasa 13 Mei 2025.
Matematika
Soal No.1
Berikut data hasil ulangan Matematika siswa kelas V SD Suka Maju.80 80 60 70 90 60 70 80
70 60 80 80 80 70 90 80
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi .
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi .
. .
A.
B.
C.
D.
A.
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | || | 2 |
80 | 6 | |
70 | |||| | 4 |
60 | ||| | 3 |
B.
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | || | 2 |
80 | 7 | |
70 | |||| | 4 |
60 | ||| | 3 |
C.
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | || | 2 |
80 | 7 | |
70 | |||| | 4 |
60 | |||| | 4 |
D.
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | || | 2 |
80 | 8 | |
70 | ||| | 3 |
60 | ||| | 3 |
Soal No.2
Berikut data hasil ulangan IPAS siswa kelas V SD Tunas Harapan.90 70 60 80 90 80 70 80 80
80 70 80 90 80 70 90 90 90
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi:
Nilai | Turus | Frekuensi |
90 | 6 | |
80 | . . . . | . . . . |
70 | ||| | 4 |
60 | | | 1 |
A. ||||| || dan 7 B. ||||| ||| dan 8
C. |||| || dan 7 D. |||| ||| dan 8
Soal No.3
Berikut data berat badan siswa kelas V SD Tunas Harapan.34kg 38kg 37kg 35kg 36kg 37kg 35kg 36kg 37kg
35kg 36kg 34kg 36kg 35kg 36kg 38kg 37kg 38kg
Jika data di atas diubah menjadi tabel frekunesi, maka akan menjadi:
Berat Badan | Turus | Frekuensi |
38 | ||| | 3 |
37 | |||| | 4. |
36 | 5 | |
35 | . . . | . . . |
34 | || | 2 |
A. |||| dan 4 B. |||| dan 5
C. ||||| | dan 6 D.|||| || dan 7
Perhatikan piktogram olahraga kesukaan siswa kelas V SD Sakura!Banyak siswa kelas V SD Sakura yang menyukai olahraga sepak bola....
C. ||||| | dan 6 D.
Perhatikan piktogram olahraga kesukaan siswa kelas V SD Sakura!Banyak siswa kelas V SD Sakura yang menyukai olahraga sepak bola....
A. 7 orang B. 14 orang C. 21 orang D. 28 orang
Soal No.5
Perhatikan piktogram makanan kesukaan siswa SD Jepun!Banyak siswa SD Jepun yang menyukai ayam geprek yaitu . .A. 8 orang B. 24 orang C. 36 orang D. 48 orang
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.
Wassalamualaikum wr wb
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.
Wassalamualaikum wr wb
Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar peserta didik dapat mengikuti kegiatan google meet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar