Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Rabu, 03 Mei 2023

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 (Rabu 4 Mei 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari / Tanggal : Rabu 3 Mei 2023
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 4

Assalaamualaikum, Wr.Wb
Hari ini kita akan belajar tema delapan subtema 2 pembelajaran empat. Tujuan pembelajaran hari inisetelah mengamati, siswa dapat memberikan pendapat tentang perilaku sehari-hariyang sesuai dengan artisila Pancasiladengan benar dan Setelah membaca teks, siswa dapat menceritakan pengalaman mengamalkanmakna simbol Pramuka dengan benar.

Mandiri Saat Melaksanakan Ibadah


Udin dan teman-teman taat dalam beribadah.Mereka melaksanakan ibadah dengan kesadaran sendiri.Mereka berani pergi ke tempat ibadah sendiri.Tempat ibadah dekat dengan tempat tinggal.Mereka selalu meyiapkan peralatan beribadah sendiri.Mereka mandiri saat melaksanakan ibadah.Taat dalam beribadah sesuai dengan janji pramuka.Salah satu janji pramuka yaitu takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.Taat dalam beribadah juga sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila.Bunyi sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.Lambang dari sila pertama Pancasila berbentuk bintang.

Ketuhanan Yang Maha Esa


Berikut ini beberapa contoh sikap pengamalan sila pertama Pancasila.



AYO BERLATIH

Tuliskan 5 contoh perilaku yang menunjukkanpengamalan sila pertama Pancasila!
1. Maria menghormati temannya dengan tidak bermain gaduh ketika sedang beribadah.
2. Siti berbagi makanan dengan makanan yang berbeda agama/kepercayaan
3. Katrina berteman dengan semua teman dan tidak pandang agama
4. Anisa merawat kucing dengan penuh kasih saying karena kucing adalah ciptaan Tuhan.
5. Riko melaksanakan shalat dengan taat

Anggota pramuka harus menjadi orang yang taatterhadap Tuhan. Taat beribadah termasuk sikap pengamalan sila pertama Pancasila. Mencintai dan menjaga makhluk ciptaan Tuhan juga pengamalansila pertama Pancasila.

Memanfaatkan tanaman dengan cara yangbaik termasuk menjaga makhluk ciptaan Tuhan. Misalkan memanfaatkan pohon kelapa.Beberapa manfaat pohon kelapa adalah sebagai berikut.



Buah kelapa dapat bertahan lama.Buah kelapaselalu kuat dalam berbagai keadaan.Artinya,anggota pramuka selalu taat terhadap Tuhan.Anggota Pramuka seorang yang memiliki tubuhyang kuat dan sehat.Anggota pramuka selalu kuatdalam menghadapi tantangan.

Buah kelapa dapat tumbuh dimana saja.Artinya,anggota pramuka dapat menyesuaikan dengankeadaan sekelilingnya.

Pohon kelapa menjulang lurus keatas.Pohonkelapa salah satu pohon yang tertinggi diIndonesia.Artinya, anggota pramuka mempunyaicita-cita yang tinggi.Anggota pramukaberpendirian teguh.

Pohon kelapa tumbuh kuat dan erat di dalam tanah.Artinya anggota pramuka memiliki tekad yang kuat.Anggota pramuka berpegang kuat pada landasan yang baik.

Kelapa merupakan pohon serba guna.Mulai dari ujung daun hingga akar pohon kelapa sangatbermanfaat.Artinya, anggota pramuka adalahmanusia yang berguna.Anggota pramuka berguna untuk tanah air.Anggota pramuka berguna untukbangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.Anggota pramuka berguna untuk umat manusia.

Bagaimana pelajaran hari ini apakah menyenangkan? Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan ke ibu guru ya. Tetap semangat belajar dan berlatihnya. Jangan lupa murojaah dan sholat lima waktunya.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer