Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Kamis, 25 Mei 2023

Ringkasan Materi Tema 7

Ringkasan Materi

Hari/Tanggal : Kamis 25 Mei 2023
Kelas : 3
Tema 7 : Perkembangan Teknologi

Assalamualaikum anak sholih sholihah, karna sebentar lagi kita akan menghadapi Penilaian Akhir Semester, berikut materi rangkuman tema 7 yaitu Perkembangan Teknologi. Materi ini bisa kalian pelajari di rumah ya sebagai bahan belajar dirumah sebelum menghadapi Penilaian Akhir Semester. Semangat belajar dan berlatih. 😊

PPKN

Setiap orang memiliki kesukaan atau kebiasaan yang berbeda. Kita harus saling menghargai dan menghormati setiap perbedaan atau keberagaman. Sikap memahami dan menerima perbedaan atau kesukaan seseorang sesuai dengan pengamalan Pancasila yaitu Sila ke-3. Kita harus bisa menyikapi keberagaman dengan sikap tenggang rasa.

Tenggang rasa artinya kita dapat menghargai perasaan orang lain. Kita juga harus bisa memahami sikap setiap orang. Jika kita tidak dapat menerima perbedaan maka akan terjadi pertengkaran dan perpecahan. Dengan menerima perbedaan, akan memperkaya wawasan dan pengetahuan kita.

Sila ke-3 Pancasila menjadi landasan agar kita selalu hidup rukun. Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda namun  tetap satu.

BAHASA INDONESIA

Paragraf adalah kumpulan dari beberapa kalimat. Dalam sebuah paragraf ada beberapa informasi yang bisa kita ambil. Dalam paragraf juga ada yang dinamakan kalimat utama. Kalimat utama/gagasan utama adalah kalimat pokok dalam sebuah paragraf. Ada yang dinamakan Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif.

Paragraf Deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya ada di awal kalimat. Paragraf Induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya ada di akhir paragraf.

Teknologi Produksi Pangan.

Teknologi pangan merupakan suatu cara untuk mengolah bahan makanan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Dengan teknologi pangan, makanan dapat bertahan lebih lama (awet). Contohnya yaitu :

Kacang kedelai dibuat menjadi tahu, tempe dan kecap.

Susu sapi diolah menjadi susu bubuk, mentega, dan keju

Daging sapi diolah menjadi sosis, bakso.

Jadi, tahu, tempe, kecap, susu bubuk, mentega, keju, sosis, dan bakso, merupakan contoh makanan yang dihasilkan oleh teknologi pangan.

Teknologi Produksi Sandang.

Bahan dasar pakaian :

NO

BAHAN DASAR

KETERANGAN

1

Kapas

Dipakai sehari-hari, nyaman dipakai di  siang hari

2

Bulu domba

Dipakai saat udara dingin, dapat menghangatkan badan

3

Serat Sutra

Dipakai saat acara khusus, termasuk pakain istimewa

Zaman dahalu, bahan dasar pakaian adalah daun, kayu dan kulit hewan. Semuanya diolah dengan cara sederhana. Saat ini bahan dasar seperti kapas, bulu domba dan serat sutra sudah diolah dengan cara modern. Bahan dasar diolah menjadi serat, serat dipintal menjadi benang dan benang ditenun menjadi kain. Selanjutnya kain dijahit menjadi pakaian.


Kain adat di Indonesia beraneka ragam. Seperti kain Songket berasal dari Melayu. Kain Sasirangan berasal dari Banjar Kalimantan. Kain Batik dari Jawa. Kain Tenun dari Nusa Tenggara. Selain itu juga ada yang dinamakan Pakaian Profesi, yaitu pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Contohnya adalah pakaian Dokter, Polisi, Guru, Tentara, Pilot, Pengacara, dan lain-lain.

Teknologi Komunikasi

Komunikasi adalah cara penyampaian gagasan antarmanusia. Zaman dahulu ada bermacam-macam cara menyampaikan pesan dari jauh. Suku Indian menggunakan asap sebagai tanda pesan. Kalau di Indonesia menggunakan kentungan, gong dan lonceng. Dahulu untuk menyampaikan pesan secara tertulis dengan menggunakan surat. Surat ditulis di atas daun lontar. Setelah berkembang kemudian ada surat kabar/koran, telegraf, telepon kabel, radio, dan televisi. Saat ini sudah ada jaringan internet. Manusia dapat bertukar informasi melalui surat elektronik dan jejaring sosial dengan menggunakan ponsel/telepon genggam, tablet dan komputer. Satelit juga bisa menyampaikan pesan/informasi dari seluruh dunia.

Teknologi Transportasi

Alat Transportasi juga sudah mengalami perkembangan yang pesat. Dahulu orang bepergian menggunakan kuda, delman, sepeda, kereta api uap, dan sampan/kayu. Saat ini sudah ada sepeda motor, mobil, bus, angkutan umum, kereta api modern, perahu mesin, Speed boat, Kapal Feri, Kapal Pesiar dan pesawat terbang.

Alat Transportasi Khusus adalah alat transportasi yang digunakan untuk tujuan khusus. Seperti Truk untuk mengangkut barang, Mobil Ambulans untuk mengangkut orang sakit, Mobil Pemadam digunakan untuk memadamkan api saat ada kebakaran.

MATEMATIKA

Menghitung Luas bangun datar dengan satuan tidak baku.

Contoh :


 
Luas bidang A adalah 7 satuan persegi

Luas bidang B adalah 10 satuan persegi

Luas bidang C adalah 6 satuan persegi

Luas bidang D adalah 7 satuan persegi                                                                   

VOLUME BENDA

Volume paling banyak adalah botol milik Siti. Volume paling sedikit adalah botol milik Edo. Botol Udin dan Dayu volumenya sama banyak.

Alat ukur volume yang digunakan sehari-hari bermacam-macam. Misalnya, Untuk mengisi ember sampai penuh, Ayah Udin membutuhkan 15 gayung air. Itu artinya alat ukur volume yang digunakan ibu adalah gayung.

Ibu mau mengisi panci dengan air. Panci itu bisa penuh setelah dituangkan 10 gelas air. Itu artinya alat ukur volume yang digunakan ibu adalah gelas.

SIMETRI LIPAT



















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer