Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Selasa, 09 Mei 2023

Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 dan 3 (Selasa 9 Mei 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari / Tanggal : Selasa 9 Mei 2023
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 3 : Aku Suka Bertualang
Pembelajaran : 2 dan 3

Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat menjelaskan “Bhinneka Tunggal Ika” pada lambang negara “Garuda Pacasila” dengan benar, dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan, dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.

Mengenal Budaya Indonesia



Indonesia negara yang kaya akan budaya. Ada berbagai macam suku dan agama di indonesia. Masyarakat memiliki kebiasaan dan budaya yang sangat beragam. Bertualang untuk mengenal budaya indonesia merupakan tanda cinta tanah air. Bertualang untuk mengenal keindahaupakan kegiatan menyenangkan.

Keragaman budaya dipengaruhi oleh letak wilayah indonesia. Indonesia negeri yang sangat luas dan kaya. Indonesia yang luas terdiri atas lautan dan daratan. Indonesia juga memiliki pantai dan pegunungan yang sangat indah. Kebiasaan masyarakat di pegunungan berbeda dengan masyarakat di pesisir pantai.

Meskipun berbeda-beda bangsa indonesia tetap hidup rukun. Semua bekerja sama menjaga indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika.


Semboyan tersebut terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung garuda. Keberagaman harus disyukuri sebagai rahmat dari tuhan. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai tuhan.


Sikap udin dan kawan-kawan sesuai dengan semboyan negara indonesia. Semboyan negara indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika. Bhineka artinya berbeda-beda. Tunggal artinya satu. Ika artinya juga. Bhineka Tunggal Ika berarti, meskipun berbeda-beda tetapi satu juga, meskipun memiliki banyak suku bangsa dan agama, tetapi semua tetap satu, indonesia.

Ayo Berlatih
Berilah tanda centang (√) untuk contoh sikap menghormati perbedaan.
Berilah tanda silang (x) untuk contoh sikap tidak menghormati perbedaan.

NO

SIKAP

TANDA

1

Bermain dengan semua teman

2

Menolak pendapat orang lain

x

3

Memanggil teman dengan sebutan yang tidak baik

x

4

Memberi kesempatan teman untuk beribadah

5

Tidak memaksa teman yang takut bermain sepeda



Ayah dan ibu siti berasal dari Sumatera Barat. Kampung halaman orang tua siti berada di daerah pegunungan yang asri. Udara pegunungan sangat sejuk dan pemandangannya indah. Ada sungai, sawah, dan air terjun. Jalan di pegunungan berkelok-kelok dan menanjak. Pengemudi harus berhati-hati saat melintas jalan dipegunungan. Apalagi saat hujan turun, jalannya menjadi lebih licin. Rambu lalu lintas dipasang untuk menjaga keamanan pengendara.


Ayo Berlatih
Pasangkan simbol rambu-rambu lalu lintas berikut dengan artinya!




Bersepeda Bersama Teman


Hari ini udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka ingin berkeliling menggunakan sepeda. tidak semua teman udin ikut bermain menggunakan sepeda, teman udin ada yang belum dapat mengendarai sepeda.

Udin dan teman-teman melewati jalan raya. Mereka melihat rambu-rambu lalu lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan salah satu rambu lalu lintas, lampu lalu lintas terdiri atas 3 warna, yaitu merah, kuning, dan hijau.

Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus berhenti.

Udin dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan bersepeda membuat udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.


TUGAS HARI INI

Jawablah pertanyaan berikut sesuai bacaan sebelumnya, Hal. 129-130!

1. Apa kendaraan yang digunakan udin dan teman-teman?
2. Mengapa teman udin ada yang tidak ikut bermain?
3. Apa saja warna yang ada pada lampu lalu lintas?
4. Tuliskan arti setiap warna yang ada pada lampu lalu lintas?

Jangan lupa tugasnya kirimkan ke WA ibu guru yaa. 

Bagaimana pembelajaran hari ini apakah menyenangkan? Jika ada yang kurang paham bisa langsung ditanayakan ke ibu guru yaa.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Rabu 8 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Rabu 8 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : Matematika Assalamu'alaikum warohm...

Postingan Populer