Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Kamis, 04 Mei 2023

Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 (Kamis 4 Mei 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari / Tanggal : Kamis 4 Mei 2023
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 5

Assalaamualaikum, Wr.Wb
Hari ini kita akan belajar tema delapan subtema dua pembelajaran lima. Tujuan pembelajaran hari ini setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi makna simbol-simbol pramukadengan benar, mengidentifikasi perbedaan berbagaibangun datar berdasarkan sifat-sifatnya dengan benar danmenjelaskan simbol-simbol sila Pancasila dengan benar.

Berlatih Mandiri


Siti berlatih agar dapat menjahit dengan mandiri.Siti rajin berlatih menjahit.Siti berlatih menjahit tanda pengenal pramuka.Ibu Siti membimbing Siti menjahit.

Edo berlatih agar dapat membersihkan rumah dengan mandiri.Edo sedang membersihkan rumahbersama ayah. Edo memperhatikan cara ayah membersihkan kaca meja.

Lani berlatih agar dapat memasak secara mandiri.Lani sedang membantu Ibu memasak. Lani memperhatikan cara ibu memasak.

Udin berlatih agar dapat menabung di bank secaramandiri.Udin pergi ke bank bersama ayah. Udinmemperhatikan cara ayah menabung di bank.

Semua anak berlatih mandiri.Semua anak berlatihmengerjakan segala sesuatu sendiri.Semua anakmenjadi orang yang mandiri.



Siti dan Lani rajin berlatih.Siti dan Lani harusberlatih untuk mendapatkan tanda kecakapankhusus.Tanda kecakapan khusus dapat terlihatpada pakaian pramuka Siti dan Lani.Siti dan Lanijuga memiliki banyak tanda kecakapan khusus.Sitidan Lani anggota pramuka yang mandiri.Perhatikan kembali gambar Siti dan Lani di atas!

Apa saja tanda pengenal yang dimiliki Siti dan Lani?

Apa saja persamaan dan perbedaannya?Tuliskan persamaan dan perbedaan pada tabel berikut!



Siti memiliki tanda jabatan berbentuk persegipanjang.Mari, mengenal sifat persegi panjang melaluikegiatan berikut ini!

Perhatikan gambar persegi panjang berikut ini!


Ikuti kegiatan berikut untuk mengetahui sifat daribangun persegi panjang!Siapkan tali untuk mengukur panjang sisi persegi panjang!

Siapkan pula pojok siku-siku yang terbuat daripotongan kertas!

Persegi Panjang 1

Ukur sisi AB menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi CD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi AD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi BC menggunakan tali, lalu potong.

Tempelkan tali pada tabel berikut:

Amati potongan tali!
Apa yang kalian temukan?...
Panjang sisi AB = CD dan AD = BC.
Lalu, ukur semua sudut persegi panjang menggunakan pojok siku-siku!


Apa yang kalian temukan?
Besar sudut A 90° sudut B 90° sudut C 90° sudut 90°.

Lakukan kegiatan yang sama untuk persegi panjang 2 dan 3!

Jawaban pertanyaan akan membantumu membuat simpulan sifat persegi panjang.

Apakah persegi panjang merupakan bangun segi empat?Iya

Bagaimana ukuran panjang sisi-sisinya?Panjang ukuran sisi-sisi yang sejajar sama

Bagaimana ukuran besarnya sudutnya?Besar sudutnya 90°

Buatlah simpulan sifat persegi panjang dari kegiatan tersebut!


Kegiatan menentukan sifat persegi panjangdapat dilakukan secara berkelompok. Bekerjasama dengan teman satu kelompok sangatmenyenangkan. Pekerjaan menjadi terasa lebihmudah.Pekerjaan juga dapat dikerjakan lebih cepat.Anggota pramuka dilatih memilikiketerampilan secara berkelompok.Contoh keterampilan secaraberkelompok yaitu mendirikan tenda.


Saat mendirikan tenda perlu kerjasama. Anggota pramuka dilatihagar dapat bekerja sama. Anggota pramuka dilatih untuk saling menghargai.Bekerja sama dan saling menolong termasuk pengamalan sila ke tigaPancasila. Bunyi sila ketiga adalahpersatuan Indonesia.Lambang dari silaketiga Pancasila adalah pohon beringin.


Persatuan Indonesia


Sekelompok anggota pramuka sedangbermusyawarah.Mereka bermusyawarah,mendiskusikan penyelesaian suatu masalah.Mereka mencari cara untuk menghindari banjirdi lingkungan sekolah. Mereka berdiskusidengan baik.Semua anggota menyampaikanpendapat.Mereka setuju mengadakan kegiatanmembersihkan selokan di lingkungan sekolah.Sikap mereka menunjukkan sikap pengamalan darisila Pancasila.

Bermusyawarah merupakan pengamalan sila keempat Pancasila.Bunyi sila keempat Pancasilaadalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmatkebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Saat bermusyawarah, semua anggota diberikesempatan memberikan pendapat.Semuaanggota saling menghargai pendapat yangdikemukakan.Mereka mengamalkan sila keduaPancasila. Bunyi sila kedua Pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab.

Semua peserta musyawarah melaksanakan hasilkesepakatan. Mereka bekerja sama membersihkanselokan sekolah. Bekerja sama merupakan contohpengamalan sila ketiga Pancasila. Bunyi sila ketigaPancasila adalah persatuan Indonesia.

Bagaimana pelajaran hari ini apakah menyenangkan? Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan ke ibu guru ya. Tetap semangat belajar dan berlatihnya. Jangan lupa murojaah dan sholat lima waktunya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer