Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Kamis, 24 Agustus 2023

Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 dan 5 (Kamis 24 Agustus 2023)

Materi Kelas 6

Hari/Tanggal : Kamis 24 Agustus 2023
Tema : 2 (Persatuan dalam perbedaan)
Subtema : 2 (Bekerja sama mencapai tujuan)
Pembelajaran : 4 dan 5
Mata Pelajaran : PPkn (3.4) , Bahasa Indonesia (3.4), IPS (3.4), SBDP (3.3)
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan.
2. Siswa mampu menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan dengan menggunakan kalimat efektif.
3. Siswa mampu mengidentifikasi contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.
4. Siswa mampu menuliskan contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.
5. Siswa mampu menyebutkan makna upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari melalui peta pikiran.
6. Siswa mampu mempresentasikan contoh makna upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari melalui peta pikiran.
5. Siswa mampu mengidentifikasi gerakan pada tari Indang.
6. Siswa mampu mempraktikkan gerakan pada tari Indang.

Assalamualaikum
Selamat pagi anak sholih/sholihah bagaimana kabarnya hari ini? 
Hari ini kita akan belajar tema dua subtema dua pembelajaran empat. 

Para pahlawan juga bersatu dan bekerja sama melalui cara diplomasi dengan tujuan untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan kemerdekaan bangsa kita!

Ayo Membaca
Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilakukan melalui pertempuran, namun juga dilakukan melalui jalur diplomasi, perjanjian, dan perundingan, seperti Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB). Amati gambar dan baca teks dalam hati.

Perjanjian Linggarjati (15 November 1946-25 Maret 1947)
Perjanjian Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Perjanjian tersebut ditandatangani secara sah oleh kedua negara pada 25 Maret 1947. Hasil Perundingan:
  1. Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatra dan Madura.
  2. Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
  3. Pihak Belanda dan Indonesia sepakat membentuk negara Republik Indonesia Serikat (RIS).
  4. Dalam bentuk RIS, Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth/ Persemakmuran. Perjanjian Linggarjati ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia.

Pelanggaran Perjanjian
Pelaksanaan hasil perundingan ini tidak berjalan mulus. Pada tanggal 20 Juli 1947, Gubernur Jendral H.J. van Mook akhirnya menyatakan bahwa Belanda tidak terikat lagi dengan perjanjian ini. Pada tanggal 21 Juli 1947, meletuslah Agresi Militer Belanda I.

Perjanjian Renville (8 Desember 1947 – 17 Januari 1948)
Perjanjian ini dilakukan antara Indonesia dan Belanda. Perjanjian ini ditandatangani pada tanggal 17 Januari 1948 di atas kapal perang Amerika Serikat (USS Renville), yang berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.
Perjanjian renville

Perundingan dimulai pada tanggal 8 Desember 1947. Perundingan ini ditengahi oleh Komisi Tiga Negara (KTN), yaitu Amerika Serikat, Australia, dan Belgia. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Amir Syarifuddin. Delegasi Kerajaan Belanda dipimpin oleh R. Abdul Kadir Widjojoatmodjo. Hasil Perundingan:
  1. Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra sebagai bagian wilayah Republik Indonesia.
  2. Disetujuinya sebuah garis yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda.
  3. TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan di Jawa Barat dan Jawa Timur

Perjanjian Roem-Roijen (14 April 1949 - 7 Mei 1949)
Perjanjian ini dimulai pada tanggal 14 April 1949 dan ditandatangani pada tanggal 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta. Nama perjanjian ini diambil dari kedua pemimpin delegasi, Mohammad Roem dan Herman van Roijen.

Tujuan perjanjian ini adalah untuk menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum KMB di Den Haag. Hasil Pertemuan:
  1. Angkatan bersenjata Indonesia akan menghentikan semua aktivitas gerilya. Pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri KMB.
  2. Pemerintah Republik Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta.
  3. Angkatan bersenjata Belanda akan menghentikan semua operasi militer dan membebaskan semua tawanan perang.

Konferensi Meja Bundar (23 Agustus 1949 - 2 November 1949)
Hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB):
  1. Belanda mengakui RIS sebagai negara merdeka dan berdaulat.
  2. Status Irian Barat diselesaikan dalam waktu setahun sesudah pengakuan kedaulatan.
  3. Akan dibentuk Uni Indonesia- Belanda.
  4. RIS mengembalikan hak milik Belanda dan memberikan hak konsesi dan izin baru untuk perusahaan-perusahaan Belanda.
  5. Pengambilalihan utang Hindia Belanda oleh Republik Indonesia Serikat.

Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif! 1. Peta Pikiran Perjanjian Linggarjati
Apa :
Perjanjian Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat
Mengapa :
Diadakannya perundingan Linggarjati dilatarbleknagi oleh masuknya AFNEI yang diboncengi NICA ke Indonesia
Siapa :
Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, Belanda diwakili oleh Wim Schermerhorn, Inggris diwakili oleh Lord Killearn.

Perjanjian
Linggarjati

Bagaimana :
Belanda mengakui secara de facto wilayah RI dan meninggalkan wilayah RI. Sepakat membentuk RIS dan tergabung dalam Persemakmuran.
Di Mana :
Linggarjati-Jawa Baat
Kapan :
15 November 1946-25 Maret 1947

2. Peta Pikiran Perjanjian Renville
Apa :
Perjanjian Linggarjati adalah perjanjian antara Indonesia dan pemerintah Belanda
Mengapa :
Perundingan Linggarjati sudah tidak diakui oleh kedua belah pihak
Siapa :
Pemerintah Indonesia, Pemerintah Belanda dan Komisi Tiga Negara (KTN).

Perjanjian
Renville

Bagaimana :
Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra. Disetujuinya sebuah garis yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda. TNI harus ditarik mundur.
Di Mana :
Kapal perang Amerika Serikat (USS Renville)
Kapan :
8 Desember 1947 – 17 Januari 1948

3. Peta Pikiran Perjanjian Roem-Roijen
Apa :
Perjanjian Linggarjati adalah perjanjian antara Indonesia dan pemerintah Belanda
Mengapa :
Terjadinya serangan dari pihak Belanda terhadap Indonesia setelah kemerdekaan
Siapa :
Mohammad Roem dan Herman van Roijen.

Perjanjian
Roem-Roijen
Bagaimana :
ABRI dan tentara Belanda menghentikan semua aktivitas, Pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri KMB dan dikembalikan ke Yogyakarta.
Di Mana :
Hotel Des Indes, Jakarta
Kapan :
14 April 1949 - 7 Mei 1949

4. Peta Pikiran Konferensi Meja Bundar
Apa :
KMB adalah perjanjian antara Indonesia dan pemerintah Belanda
Mengapa :
Kegagalan Belanda untuk meredam kemerdekaan Indonesia dan adanya kecaman dari dunia internasional
Siapa :
Indonesia dipimpin Drs. Moh Hatta, BFO dipimpin oleh Sultan Hamid II dan Belanda dipimpin oleh Mr. Van Marseveen. Dari PBB dipimpin oleh Crittchlay.

Perjanjian
Konferensi Meja Bundar
Bagaimana :
Belanda mengakui RIS. Status Irian Barat akan diselesaikan. Akan dibentuk Uni Indonesia-Belanda. RIS mengembalikan hak milik Belanda, dan Pengambilalihan utang Hindia Belanda oleh RIS.
Di Mana :
Den Haag Belanda
Kapan :
23 Agustus 1949 - 2 November 1949

Ayo Mencoba
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu dan kelompokmu telah merancang naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan.
Apa makna persatuan dan kesatuan menurut pendapatmu? 
Rasa persatuan dan kesatuan menurutku dapat meningkatkan rasa persahabatan, kekeluargaan dan tolong menolong antar sesama dan meningkatkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air
Apa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!
Contoh sikap yang menunjukan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari hari antara lain :
  1. Hidup rukun antara sesama manusia, saling tolong menolong jika ada yang membutuhkan pertolongan.
  2. Selalu menyelesaikan masalah dengan musyawarah.
  3. Ikut serta dalam kegiatan desa, seperti gotong royong, kerja bakti, ronda, dan acara desa lainnya.
  4. Menjaga keamanan dan perdamaian di sekitar lingkungan bermasyarakat.
  5. Ikut serta dalam kegiatan pembangunan yang di selenggarakan pemerintah.
Apa manfaat dari persatuan dan kesatuan?
Manfaat Persatuan dan Kesatuan adalah bisa mengatasi semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran. Pembangunan nasional akan berjalan lebih lancar, aman, dan baik. Supaya tidak terjadi perpecahan bangsa dan keutuhan terus terjaga.

Pembelajaran 5 

Sejak dulu bangsa Indonesia terus mengedepankan pentingnya kerja sama serta persatuan dan kesatuan, khususnya dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Ayo Berdiskusi
Pada pertemuan sebelumnya kamu telah mempelajari upaya-upaya yang telah dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, kamu juga sudah ditugaskan secara berkelompok untuk mencari informasi tentang berbagai peristiwa terkait upaya mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah seperti di bawah ini. 

1. Peta Pikiran Pertempuran Ambarawa
Apa :
Pertempuran yang berkobar di Ambarawa
Mengapa :
Sekutu mengingkari perundingan damai
Siapa :
Tentara Keamanan Rakyat dan Pasukan Inggris + NICA

Pertempuran
Ambarawa

Bagaimana :
Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu mundur
Di Mana :
Ambarawa
Kapan :
12 Desember 1945

2. Peta Pikiran Pertempuran Medan Area
Apa :
Pertempuran yang berkobar di Kota  Medan
Mengapa :
Kedatangan Sekutu yang diboncengi NICA serta ultimatum Sekutu
Siapa :
Barisan Pemuda Indonesia dan Sekutu dibawah pimpinan T.E.D Kelly

Pertempuran
Medan Area

Bagaimana :
Medan jatuh ke tangan pasukan sekutu dan TKR harus mengungsi Pematang Siantar
Di Mana :
Kota Medan
Kapan :
13 Oktober 1945 - 1946

3. Peta Pikiran Bandung Lautan Api
Apa :
Peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung
Mengapa :
Sekutu mengultimatum agar Bandung Utara dikosongkan oleh penduduk Indonesia, termasuk pasukan bersenjata.
Siapa :
Pasukan Inggris bagian dari Brigade Mac Donald dan Tentara Republik Indonesia

Pertempuran
Bandung Lautan Api

Bagaimana :
TRI bersama milisi rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung.
Di Mana :
Kota Bandung
Kapan :
23 Maret 1946

4. Peta Pikiran Agresi Militer 1
Apa :
 Operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatra terhadap Republik Indonesia  
Mengapa :
Belanda merencanakan negara-negara boneka dan ingin mengembalikan kekuasaan Belanda atas Indonesia.
Siapa :
Pemerintah Belanda di bawah van Mook dan Tentara Republik Indonesia di bawah pimpinan Jenderal Soedirman

Pertempuran
Agresi Militer 1

Bagaimana :
Gencatan senjata akhirnya tercipta sementara. Belanda kembali mengingkari dengan Agresi Militer Belanda II.
Di Mana :
Sumatra dan Jawa
Kapan :
21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947.

5. Peta Pikiran Agresi Militer 2
Apa :
Belanda melancarkan agresinya yang kedua dengan menggempur Ibu kota RI, Yogyakarta.  
Mengapa :
Belanda masih ingin menjajah Indonesia dan mereka melihat persetujuan renvile lebih menguntungkan Indonesia
Siapa :
Pemerintah Belanda di bawah Simon Hendrik Spoor dan Tentara Republik Indonesia di bawah pimpinan Jenderal Soedirman

Pertempuran
Agresi Militer 2

Bagaimana :
Jatuhnya ibu kota menyebabkan dibentuknya Pemerintah Darurat RI di Sumatra yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara.
Di Mana :
Sumatra dan Jawa
Kapan :
19–20 Desember 1948

Presentasikan peta pikiran yang telah kamu buat di depan kelas! Catat informasi penting berdasarkan presentasi yang dilaksanakan setiap kelompok!

Kamu telah melakukan kerja sama secara berkelompok untuk mencari informasi tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Apakah kerja sama yang kamu lakukan dapat terlaksana dengan baik?
Iya. Dapat terlaksana dengan baik. Dengan kerjasama tugas mencari informasi tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dapat terselesaikan dengan baik.
Apakah tujuan dapat tercapai melalui kerja sama tersebut?
Tujuan juga dapat tercapai yaitu selesainya tugas tepat waktu.
Ayo Berkreasi
Sebelumnya kamu telah mempelajari beberapa gerakan dalam tari Indang. Latih kembali gerakan tersebut secara berpasangan.
Apakah kamu sudah dapat melakukan seluruh gerakan dengan baik?
Gerakan mana yang sudah kamu kuasai dengan baik? Jelaskan!
Gerakan mana yang belum kamu kuasai dengan baik?
Apa rencanamu agar gerakan tersebut lebih baik lagi?

Ayo Mengamati
Sekarang kamu akan mempelajari lebih lanjut gerakan tari Indang berikutnya. Amati gambar dan penjelasan untuk gerakan tari Indang selanjutnya.
  1. Tangan kiri menumpu tangan kanan (membentuk sudut siku-siku) sembari menggerakkan ujung-ujung jari agar berbunyi (tuk). Dilakukan bergantian selama tiga kali. Kemudian, tangan kanan diayunkan ke arah kiri sehingga posisi tangan kanan menumpu tangan kiri.
  2. Tangan kanan ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan). Sedangkan tangan kiri ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama tiga kali. Selanjutnya, tangan kanan dan kiri ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kiri menumpu tangan kanan).
  3. Tangan kiri ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan). Sedangkan tangan kanan ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama 3x. Selanjutnya, tangan kiri dan kanan ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kanan menumpu tangan kiri).
  4. Ulangi gerakan nomor 2.
  5. Ulangi gerakan nomor 3
  6. Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan
  7. Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.
  8. Ulangi gerakan nomor 6.
  9. Ulangi gerakan nomor 7.
  10. Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan
  11. Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.
Tari Indang

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Soal Ujian Sekolah (US), Senin 13 Mei 2024

Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Hari/Tanggal : Senin 13 Mei 2024 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia A. Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang pa...

Postingan Populer