Fase/Kelas : C/5
Mata Pelajaran : IPAS (Indonesia Kaya Raya)
Capaian Pembelajaran IPAS:
Elemen Pemahaman IPAS:
Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.
Tujuan Pembelajaran IPAS : Peserta didik dapat menelaah kondisi geografis wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta mengidentifikasi kekayaan alam
IPAS
Jawablah pertanyaan berikut!
A. Indonesia memiliki iklim subtropis
B. bentang alam Indonesia yang sempit
C. Indonesia memiliki gurun pasir yang Indonesia negara kepulauan yang luas
D. Indonesia negara kepulauan yang luas
2. Perhatikan gambar berikut!
Keanekaragaman yang tampak pada gambar tersebut merupakan keanekaragaman...
jA .jenis B. genetik C. flora D. ekosistem
3. Gambar tersebut menunjukkan keanekaragaman...
A. jenis B. genetik C. fauna D. ekosistem
4. Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia bisa dibagi menjadi tiga wilayah yaitu wilayah Asiatis, wilayah Peralihan, dan wilayah Autralis. Wilayah Asiatis dan wilayah peralihan dibatasi oleh...
A. garis Wallace B. garis Webber
C. garis Meridiana D. garis Khatulistiwa
5.
Fauna yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar tersebut termasuk fauna wilayah...
A. Amerikalis B. Asiatis C. Autralis D. Peralihan
6. Curah hujan yang rendah dan relatif kering membuat flora di Indonesia Tengah didominasi oleh stepa tropis dan sabana. Berikut salah satu flora tipe peralihan di wilayah tersebut yaitu...
A. pohon sagu B. matoa C. cengkeh D. rotan
7. Kuskus dan kanguru merupakan salah satu fauna khas Indonesia...
A. barat B. tengah C. timur D. selatan

A. Jawa B. Sumatera C. Kalimantan D. Bali
9. Apa yang memengaruhi perbedaan-perbedaan dalam keanekaragaman genetik?
a. Keanekaragaman jenis.
b. Keanekaragaman ekosistem.
c. Gen atau pembawa sifat.
d. Suku yang dimiliki.
10. Apa manfaat keanekaragaman hayati?
a. Kesenangan dalam melihat berbagai jenis flora dan fauna.
b. Memperindah pemandangan alam saja.
c. Hanya sebagai objek penelitian.
d. Menyediakan sumber daya alam dan menjaga keseimbangan ekosistem.
Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan antusias dan semangat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar