Fase/Kelas : C/5
Mata Pelajaran :
1. Matematika : Sudut
2. Bahasa Indonesia : Jadi Warga Dunia
Capaian Pembelajaran Matematika :
(Elemen : Pengukuran)
Peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
Tujuan Pembelajaran Matematika : Peserta didik dapat memahami pengertian sudut dan mengidentifikasi jenis sudut
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia :
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia : peserta dididk dapat memahami singkatan dan akronim.
Matematika
Mengukur sudut dilakukan dengan menggunakan busur derajat. Busur derajat adalah alat ukur yang berbentuk setengah lingkaran atau lingkaran penuh.
Berikut langkah-langkah mengukur sudut dengan busur derajat:
- Letakkan titik pusat busur derajat pada titik sudut.
- Sesuaikan garis alas busur derajat dengan salah satu kaki sudut.
- Ukur sudut mulai dari 0 derajat yang ada di garis alas busur derajat hingga sampai pada sudut yang diukur.
- Besar sudut yang diukur adalah jumlah derajat yang disilangkan pada busur derajat.
Soal No.1
Perhatikan gambar berikut ini!Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip
Soal No.2
Perhatikan gambar berikut ini!Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip
Soal No.3
Perhatikan gambar berikut ini!Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip
Soal No.4
Perhatikan gambar berikut ini!Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°A. 70
B. 80
C. 110
D. 120
Soal No.5
Perhatikan gambar berikut ini!Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°A. 80
B. 90
C. 100
D. 110
Soal No.6
Perhatikan gambar berikut ini!Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°A. 50
B. 60
C. 120
D. 130
Soal No.7
Perhatikan gambar berikut ini!Sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum jam pendek dan panjang pada gambar di atas yaitu. . .A. 80°
B. 90°
C. 110°
D. 120°
Soal No.8
Perhatikan gambar berikut ini!Sudut terbesar yang dibentuk oleh jarum jam pendek dan panjang pada gambar di atas yaitu. . .A. 300°
B. 310°
C. 320°
D. 360°
Soal No.9
Sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum pendek dan jarum panjang pada jam saat menunjukkan pukul 04.15 yaitu. . .A. 30°
B. 37,5 °
C. 40°
D. 42,5°
Soal No.10
Sudut yang besarnya 180° disebut . . .A. sudut lurus
B. sudut refleks
C. sudut tumpul
D. sudut penuh
BAHASA INDONESIA
FAKTA DAN OPINI
- Peristiwa atau keadaan yang benar-benar terjadi dan bersifat objektif. Fakta dapat dibuktikan dengan data-data relevan dan biasanya dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, atau berapa.
- Pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang terhadap suatu persoalan yang bersifat subjektif. Opini tidak dapat dibuktikan kebenarannya dan biasanya disertai alasan sebagai penguat pendapat. Opini dapat menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa.
Berikut beberapa ciri-ciri fakta:
- Berisi data kuantitatif (angka) dan kualitatif (pernyataan)
- Mempunyai data yang akurat, baik waktu, tanggal, tempat, dan peristiwanya
- Dikumpulkan dari sumber yang terpercaya
Berikut beberapa ciri-ciri opini:
- Tidak memiliki narasumber
Demikian pembelajaran kita hari ini, sampai ketemu besok semangat belajar jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah dirumah.
Wassalamualaikum wr.wb.
Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar berjalan lancar untuk mata pelajaran bahasa indonesia masih ada tiga siswa yang kesulitan dalam menentukan fakta dan opini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar