Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Minggu, 19 Januari 2025

Materi Ajar Kelas 5 (Senin 20 Januari 2025)

Hari/Tanggal : Senin 20 Januari 2025
Fase/Kelas : C/5
Mata Pelajaran :
1. Matematika : Sudut
2. Pendidikan Pancasila : Mengenali Diri Sendiri dan Lingkunganku

Capaian Pembelajaran Matematika :
(Elemen : Pengukuran)
Peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

Tujuan Pembelajaran Matematika : Peserta didik dapat memahami dapat mengukur besar sudut.



Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila :
(Elemen : Bhineka Tunggal Ika)
Peserta didik memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila dan meneladani sikap para perumus Pancasila; memahami hubungan sila-sila Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh dan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi negara; mengidentifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban; mempraktikkan musyawarah membuat kesepakatan dan aturan bersama; menghormati, menjaga dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika; mengenal wilayahnya dalam konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dan sekitar sebagai wujud bela negara.

Tujuan Pembelajaran Pendidikan Pancasila : Peserta didik mengidentifikasi keragaman Indonesia.

Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar anak sholih/Sholihah? Semoga disemester 2 ini anak sholih/sholihah lebih semangat dan rajin lagi belajarnya.

Sudah siap belajar hari ini ?

Sebelum belajar kita jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa.

Sudah melaksanakan sholat subuh hari ini, ibu guru yakin anak-anak hebat ibu guru sudah melaksanakan sholat subuh semua. Hari ini kita akan belajar pendidikan pancasila dan matematika. Yuk kita mulai belajar.

Matematika












Soal No.1
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip

Soal No.2
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip

Soal No.3
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip

Soal No.4
Perhatikan gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°
A. 70
B. 80
C. 110
D. 120

Soal No.5
Perhatikan gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°
A. 80
B. 90
C. 100
D. 110

Soal No.6
Perhatikan gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°
A. 50
B. 60
C. 120
D. 130

Soal No.7
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum jam pendek dan panjang pada gambar di atas yaitu. . .
A. 80°
B. 90°
C. 110°
D. 120°

Soal No.8
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut terbesar yang dibentuk oleh jarum jam pendek dan panjang pada gambar di atas yaitu. . .
A. 300°
B. 310°
C. 320°
D. 360°

Soal No.9
Sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum pendek dan jarum panjang pada jam saat menunjukkan pukul 04.15 yaitu. . .
A. 30°
B. 37,5 °
C. 40°
D. 42,5°

Soal No.10
Sudut yang besarnya 180° disebut . . .
A. sudut lurus
B. sudut refleks
C. sudut tumpul
D. sudut penuh

Pendidikan Pancasila









 Kerjakan latihan berikut!
   1. Keragaman masyarakat Indonesia merupakan pemberian dari....

a. Nenek moyang

b. Tuhan Yang Maha Esa

c. Presiden Tanah Air

d. Kedua orang tua


2. Semboyan bangsa Indonesia yang dijadikan sebagai pedoman untuk hidup berdampingan dengan berbagai perbedaan berbunyi ....

a. Tut Wuri Handayani

b. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

c. Bhinneka Tunggal Ika

d. Ing Ngarsa Sung Tuladha


3. Asal bahasa semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" adalah dari ....

a. Jawa

b. Merauku

c. Latin

d. Sansekerta


4. Arti dari semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yaitu ....

a. Perbedaan tetap harus disatukan

b. Perbedaan akan membawa kemajuan bila bersatu

c. Meskipun berbeda-beda namun tetap satu jua

d. Keanekaragaman akan membawa kejayaan negara


5. Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika ....

a. Rakyat Indonesia Bersatu

b. Banyaknya konflik antar suku

c. Persenjataannya lengkap

d. Pemerintahan Indonesia kuat



Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 



Kesimpulan :
Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar peserta didik dapat mengitung besar sudut jarum jam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 5 (Senin 10 Maret 2025)

Hari/Tanggal : Senin, 10 Maret 2025 Muatan Pembelajaran : 1. Matematika : Kelil...

Postingan Populer