Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Senin, 06 Februari 2023

Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 (Senin 6 Februari 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari/ Tanggal : Senin, 6 Februari 2023
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 2 : Perubahan Energi
Pembelajaran : 1

Assalaamualaikum Wr. Wb

Hari ini kita akan belajar tema enam subtema dua pembelajaran satu dan tujuan pembelajaran hari ini adalah dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait perubahanenergi dengan tepat.Serta, dengan mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan, siswa dapat menentukan satuanwaktu yang tepat lamanya suatu kegiatan.


AYO MEMBACA

Perubahan Energi

Lani sedang membantu ibu di dapur.Lanimemperhatikan kompor yang sedang menyala.Lanibertanya kepada ibu, bagaimana kompor itu dapatmenyala.Kompor dapat menyala karena ada bahanbakarnya.Bahan bakar yang sering digunakanuntuk kompor adalah minyak tanah dan gas.Energi pada minyak tanah dan gas adalah energy kimia.Minyak tanah diserap oleh sumbu kompor.Sumbu kompor disulut api hingga menyala. Padasaat kompor menyala terjadi perubahan darienergi kimia menjadi energi panas. Saat kompor gas menyala juga terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.


Perubahan energi juga terjadi di dalam tubuh.Makanan merupakan sumber energi kimia di dalamtubuh.Makanan tersebut diolah menjadi sarisarimakanan.Sari-sarimakanan diubah menjadienergi.Karena energy inilah seluruhbagiantubuhdapatbekerja.Mata, mulut, tangan, dan kaki dapat bekerja karenaadanya energi.Begitu pula bagian-bagian tubuhlainnya.





Hari ini kita sudah belajar tentang perubahan energi yang terjadi pada kompor. Bagaimana apakah kalian sudah mengerti Jika ada yang belum dipahami bisa ditanyakan ke ibu guru yaa.

Tetap semangat belajarn dan berlatih dirumah, jangan lupa sholat dan murojaah yaa.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer