Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Rabu, 08 Februari 2023

Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 (Rabu 8 Februari 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari/ Tanggal : Rabu, 08 Februari 2023
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 2 : Perubahan Energi
Pembelajaran : 4

Assalaamualaikum Wr. Wb

Hari ini kita akan belajar tema enam subtema dua pembelajaran empat. Tujuan pembelajaran hari ini dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi kewajiban yang terkait denganpenggunaan energi.Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuanwaktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.

Selain olahraga secara rutin kalian harus makandan minum yang bergizi. Gizi yang terkandungdi dalam makanan membuat tubuhmu sehat danberenergi. Ketika tubuhmu sehat tidak akan merasalemas atau lemah. Tubuh yang sehat mampumelakukan kegiatan yang bermanfaat.Makanan yang baik untuk kesehatan tubuhadalah buah-buahan. Orang yang berjasa dalammenyediakan buah-buahan adalah para petani.




Para petanibekerja kerasmengeluarkanenergi agar buahbuahanyangditanamberbuahlebat.Tanaman tersebutdirawat dan diberi pupuk. Dengan demikian, tanaman tumbuh subur. Tanamanmembutuhkan waktu lama hingga buahnya siapdipanen. Setelah panen, petani akan mengangkutdan menjualnya ke pasar. Semua kegiatan petanimembutuhkan energi. Oleh karena itu, kalian wajibmenghargai energi yang sudah dikeluarkan petani.

Coba, sekarang pikirkan baju yang dipakai.Mulai dari menanam pohon kapasnya sampai menjadi baju. Perhatikan gambar prosespembuatan baju berikut!


Energi apa sajakah yang dikeluarkan untukmenghasilkan selembar kain? Apa kewajiban yangharus dilakukan terhadap pakaian yang kita miliki?




AYO BERLATIH

Bu Nia pergi ke pasar. Bu Nia akan membeli bahanuntuk menjahit. Dia berangkat dari rumah pukul08.30.Setelah 45 menit, Bu Nia selesai belanja.Dia pun segera pulang.Pukul berapa Bu Nia pulangdari pasar? Gambarkan dengan jarum jam!
Jawab :
Berangkat pukul 08.30
Lama di pasar 45 menit.
Jadi, Bu Nia pulang dari pasar pukul 09.15.

Perhatikan penjelasannya!






Pukul 08.75 = Pukul 08.00 + (60 menit + 15 menit)

= Pukul 08.00 + (1 jam + 15 menit)

= Pukul 09.00 + 15 menit

Jadi, Bu Nia pulang dari pasar pukul 09.15

Jadi dapat kita gambarkan jarum jamnya sebagai berikut.
















Hari ini kita sudah belajar tentang kewajiban dalam memakai energi dan kita sudah berlatih menghitung lama waktu atau kegiatan yang dilakukan.

Tetap semangat belajar dan berlatih dirumah, jangan lupa sholat dan murojaah yaa.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer