Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Jumat, 10 Februari 2023

Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 6 (Jumat 10 Februari 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari/ Tanggal : Jumat, 10 Februari 2023
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 2 : Perubahan Energi
Pembelajaran : 6

Assalaamualaikum Wr. Wb

Pada hari ini kita belajar tema enam subtema dua pembelajaran enam dan tujuan pembelajaran hari ini adalah Dengan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban terkait penggunaan energi dengan tepat.Dengan menyampaikan hasil diskusi, siswa mampu menunjukkan hak dankewajiban terkait penggunaan energi dengan tepat.

Kalian sudah mempelajari bahwa perubahan energy selalu terjadi kapanpun dan di manapun.Seringkalikita tidak menyadari terjadinya perubahan energi.Contohnya, ketika menonton televisi.Kalian tidakmenyadari bahwa telah terjadi perubahan energy listrik menjadi energi cahaya.


Perubahan energi lainnya yang sering tidak disadari, misalnya saat buah jatuh.Saat buah jatuhjuga terjadi perubahan energi.Perubahan tersebutenergi gerak menjadi energi bunyi.Perubahan energi adalah peristiwa yang setiap saat dapat diamati. Sekarang, susunlah informasiperubahan energi.Mulai dari bangun tidur sampaikamu tiba di sekolah. Lihat tabel berikut untuk membantumu!


Energi adalah karunia Tuhan yang sangat besar.Manusia tidak mampu menciptakan energi.Manusia juga tidak mampu memusnahkannya.Manusia hanya mampu mengubah bentuknya.

Perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Perubahan inilah yang dapat dimanfaatkan.

Siapapun berhak memanfaatkan energi yang adadi muka bumi ini. Namun, jika ada hak, maka akanada kewajiban yang harus ditunaikan. Contohnyakita berhak menggunakan listrik.Akan tetapi kitajuga berkewajiban membayar rekening listrik.

Hari ini kita sudah belajar mengenai hak dan kewajiban dalam menggunakan energi. Kalian sudah bisa menyebutkan dan menentukan contoh hak dan kewajiban dalam menggunakan energi.

Tetap semangat dan berlatih dirumah, jangan lupa sholat dan murojaah yaa.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer