Selamat Belajar Anak Sholih/Sholihah

Selasa, 07 Februari 2023

Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 dan 3 (Selasa 7 Februari 2023)

MATERI AJAR KELAS 3

Hari/ Tanggal : Selasa, 7 Februari 2023
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 2 : Perubahan Energi
Pembelajaran : 2 dan 3

Assalaamualaikum Wr. Wb
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita yaitu tema enam subtema dua pembelajaran dua dan tiga. Tujuan pembelajaran hari ini adalah Dengan mengamati teks dan mendengar penjelasan guru, siswa dapatmengidentifikasi kewajiban-kewajiban terkait perubahan energi. Serta, Dengan menyimak dialog yang ada di buku, siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis satuanwaktu dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah melakukan kegiatan jasmani, badan kitaakan terasa lelah. Energi perlu dikembalikanlagi. Istirahat sejenak dan minum air putih dapat menyegarkan kembali tubuh kita.Perubahan energi bukan hanya terjadi di dalamtubuh manusia. Perubahan energi dapat dilihat pada peralatan yang kita gunakan sehari-hari.Pelajarilah lebih lanjut contoh perubahan energi.

1. Perubahan energi listrik menjadi energi panas
Peristiwa perubahan energi ini dapat terjadi pada seterika listrik. Saat kabel seterika diberialiran listrik, seketika itu energi listrik berubahmenjadi energi panas. Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik dan penanak nasi listrik.



2. Perubahan energi listrik menjadi energi gerak
Perubahan energi lainnya adalah perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Lihatlahalat-alat berikut.Saat menggunakan peralatantersebut, terjadi perubahan energi listrik menjadienergi gerak.


3. Perubahan energi kimia menjadi energi panas
Contoh perubahan energi kimia menjadi energi panas dapat dilihat pada kompor minyak tanah.Sebelum digunakan kompor diisi dengan minyaktanah terlebih dahulu. Kompor dinyalakandengan api. Timbullah panas.Dengan energy panas itu kita dapat memasak nasi, memasakair, menggoreng ikan, dan lain-lain.Energi kimialainnya adalah gas.Gas dapat digunakan untukmenyalakan kompor.Saat kompor gas menyalaterjadi perubahan energi kimia menjadi energy panas.



4. Perubahan energy gerak menjadi energy bunyi
Contoh perubahan energi gerak menjadi energi bunyi dapat kita lihat saat seorang pemain drum memainkan alat musik drumnya. Ia menggunakan energi geraknya untukmembunyikan drum. Contoh lainnya yaitusaat kentongan dipukul.Energi gerak pemukulkentongan berubah menjadi energi bunyi.


AYO BERLATIH

Pukul 05.00 Lani bangun tidur. Kemudian mandi, berpakaian, dan menyiapkan perlengkapansekolah. Kegiatan ini dilakukan sampai pukul05.30. Lama kegiatan tersebut adalah


















Jadi, lama waktu yang diperlukan adalah 30 menit.

Ayah pergi bekerja pukul 07.30. Ayah pulang dari kantor dan sampai di rumah pukul 18.00. Lamaayah bekerja dan waktu yang diperlukan dalamperjalanan adalah










Hari ini kita sudah belajar perubahan energi yang terjadi pada benda disekeliling kita dan menghitung lama nya waktu. Jika ada yang kurang paham pada pembelajaran ini, bisa ditanyakan ke ibu guru yaa.

Tetap semangat berlatih dan belajar di rumah, jangan lupa sholat dan murojaah yaa.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar (Jumat 10 Mei 2024)

Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat 10 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran : IPS Assalamu'alaikum warohmatull...

Postingan Populer