Fase / Kelas : C / 5
Muatan Pembelajaran
1. Bahasa Indonesia : Majas
2. Pend. Pancasila : Membuat Kartu Pancasila
CAPAIAN PEMBELAJARAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat memahami majas metafora dan personifikasi serta dapat membuat kartu pancasila.
Bahasa Indonesia
Majas Personifikasi
Majas personifikasi adalah gaya bahasa kiasan yang memberikan sifat, perilaku, atau kemampuan manusia kepada benda mati, tumbuhan, hewan, atau konsep abstrak, sehingga benda tersebut seolah-olah hidup dan dapat melakukan aktivitas seperti manusia. Tujuan penggunaannya adalah untuk memberikan efek dramatis, puitis, atau untuk memperjelas imajinasi dalam sebuah tulisan atau ucapan.
Contoh Majas Personifikasi
Angin berbisik di telingaku . (Angin yang seharusnya tidak bisa berbisik diberi kemampuan berbicara)
Laut yang biru seakan menatapku dalam keheningan . (Laut yang diam digambarkan seolah bisa menatap)
Jembatan ini selalu memakan korban setiap tahunnya . (Jembatan digambarkan bisa "memakan" korban, yang merupakan tindakan manusia)
Jam weker di kamarku rutin bernyanyi di pagi hari . (Jam weker yang berbunyi disebut "bernyanyi")
Matahari berbisik pada bunga agar terus bersinar cerah . (Matahari yang tidak dapat berbicara, digambarkan seolah bisa "berbisik")
Latihan
1. Perhatikan kalimat berikut!
"Angin berbisik perlahan di sela-sela pepohonan yang rimbun."
Majas yang digunakan dalam kalimat tersebut adalah...
a. Metafora b. Personifikasi c. Hiperbola d. Simile
2. Manakah di antara kalimat berikut yang menggunakan majas personifikasi? a. Wajahnya berseri-seri seperti bunga mekar.
b. Langit menangis menumpahkan hujan deras.
c. Kertas itu melambai-lambai tertiup angin.
d. Ketegangan menyapa semua orang di ruangan itu.
3. Majas personifikasi berfungsi untuk...
a. Membandingkan dua hal yang berbeda.
b. Memperjelas pengertian suatu kata.
c. Menggambarkan benda mati seolah-olah memiliki sifat atau perilaku manusia.
d. Menjelaskan kejadian secara harfiah.
4. Kalimat "Bulan tersenyum malu-malu di balik awan" menggunakan majas
personifikasi. Kata yang menunjukkan sifat manusia adalah...
a. Bulan b. Tersenyum c. Malu-malu d. Awam
2. Manakah di antara kalimat berikut yang menggunakan majas personifikasi? a. Wajahnya berseri-seri seperti bunga mekar.
b. Langit menangis menumpahkan hujan deras.
c. Kertas itu melambai-lambai tertiup angin.
d. Ketegangan menyapa semua orang di ruangan itu.
3. Majas personifikasi berfungsi untuk...
a. Membandingkan dua hal yang berbeda.
b. Memperjelas pengertian suatu kata.
c. Menggambarkan benda mati seolah-olah memiliki sifat atau perilaku manusia.
d. Menjelaskan kejadian secara harfiah.
4. Kalimat "Bulan tersenyum malu-malu di balik awan" menggunakan majas
personifikasi. Kata yang menunjukkan sifat manusia adalah...
a. Bulan b. Tersenyum c. Malu-malu d. Awam
5. Bacalah kutipan cerita berikut! "Bunga-bunga menari dengan riangnya menyambut pagi yang cerah."
Dari kutipan di atas, yang dimaksud dengan bunga-bunga menari adalah...
a. Bunga-bunga bergoyang mengikuti irama.
b. Bunga-bunga itu memiliki kaki untuk menari.
c. Bunga-bunga itu bergoyang-goyang indah tertiup angin.
d. Bunga-bunga itu sedang mengadakan festival tarian.
PANCASILA
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar