Hari/Tanggal : Senin 29 September 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pecahan (Membandingkan dan mengurutkan pecahan)
2. Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
3. Seni Budaya : Prinsip Ritme dalam Seni Rupa (Sumatif Harian 2)
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
1. Matematika : Pecahan (Membandingkan dan mengurutkan pecahan)
2. Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
3. Seni Budaya : Prinsip Ritme dalam Seni Rupa (Sumatif Harian 2)
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga anak-anak Bu Guru selalu dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, memahami apa itu teks narasi dan dapat mengerjakan soal sumatif harian dengan baik.
Matematika
Membandingkan Pecahan
Membandingkan pecahan berarti melihat dua bilangan pecahan dan menentukan mana bilangan yang lebih besar. Untuk membandingkan pecahan maka yang harus dilakukan, yaitu membuat kedua pecahan memiliki penyebut yang sama, lalu melihat pecahan mana yang memiliki pembilang yang lebih besar.
Ayo pikirkan bagaimana membandingkan 2/3 dan 3/4.
1 Ayo nyatakan 2/3 dalam berbagai bentuk pecahan.
Bandingkan 2/3 dan 4/7 dengan mengubahnya menjadi pecahan yang memiliki penyebut sama.
4. Ayo temukan penyebut yang sama dari 5/6 dan 7/8.
Dimanakah perbedaan dalam menyamakan penyebut oleh Dadang dan Chia? Kalau kita mengalikan sesama penyebut kita bisa dengan mudah menyamakan penyebutnya. Jika menyamakan penyebut dengan kelipatan persekutuan terkecil, maka penyebutnya akan menjadi kecil.
5. Ayo bandingkan pecahan berikut menggunakan penyebut yang sama.
6. Ayo bandingkan 1 3/4 dan 11/6 menggunakan penyebut yang sama.
Ayo Berlatih!
SOAL NO. 1
Sepasang roti dibagi 3 sama besar, maka tiap bagian bernilai...
A. ⅛ B. 3 C. ⅓ D. 4/8
SOAL NO. 2.
Perhatikan gambar berikut!
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .A. > B. ≥ C. < D. =
SOAL NO. 3.
Perhatikan gambar berikut!
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .A. > B. ≥ C. < D. =
SOAL NO 4
13
. . . 53
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . .
A. > B. ≥ C. < D. =
SOAL NO.5
. 4/5 …. 7/10.
Tanda yang tepat diletakkan di tengah angka 4/5 dan 7/10 yaitu…
A. < B.= C.+ D.>
Bahasa Indonesia
Teks narasi adalah sebuah karangan yang menceritakan atau mengisahkan suatu peristiwa atau kejadian secara runtut berdasarkan urutan waktu (kronologis). Peristiwa yang diceritakan dapat berupa kisah nyata, fiksi, atau gabungan keduanya.
Tujuan utama teks narasi adalah untuk menghibur pembaca dan menyampaikan pesan moral. Teks ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti novel, cerpen, dongeng, biografi, dan cerita inspiratif.
Ciri-ciri teks narasiMengisahkan suatu peristiwa: Fokus pada kejadian atau konflik yang dialami tokoh.
Disusun secara kronologis: Peristiwa diceritakan berurutan dari awal hingga akhir.
Memiliki tokoh atau pelaku: Ada karakter yang terlibat dalam cerita.
Memiliki latar: Mengandung keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana.
Contoh teks narasi '
Rimba Raya adalah sebuah hutan yang sangat lebat dan misterius. Konon, di tengah Rimba Raya terdapat sebuah pohon beringin raksasa yang dijaga oleh seekor naga sakti. Naga itu dikenal sebagai penjaga keseimbangan alam. Namun, suatu hari, sekelompok penebang kayu ilegal datang. Mereka mengabaikan peringatan penduduk desa yang takut akan murka sang naga. Dengan peralatan canggih, mereka berhasil menebang pohon beringin itu. Malamnya, badai dahsyat dan gempa bumi melanda desa, menghancurkan banyak rumah. Para penebang itu kocar-kacir, menyadari bahwa yang mereka tebang bukan hanya pohon, tetapi juga harapan dan kedamaian mereka. Desa yang damai kini harus menghadapi alam yang murka akibat keserakahan manusia.
Latihan
Sejak kecil, Boni dan Lili adalah sepasang sahabat. Rumah mereka hanya dipisahkan oleh sungai kecil. Setiap pagi, mereka menyeberangi sungai bersama-sama untuk berangkat ke sekolah. Mereka juga sering menghabiskan waktu sore dengan bermain di bawah pohon beringin tua. Namun, suatu hari, persahabatan mereka diuji. Seekor anjing galak tiba-tiba mengejar Boni saat sedang menyeberangi sungai. Boni ketakutan dan tidak bisa bergerak. Lili yang melihat kejadian itu, tanpa ragu, mengambil batu dan melemparkannya ke anjing tersebut hingga anjing itu lari menjauh. Sejak saat itu, mereka semakin menyadari betapa berharganya persahabatan mereka.
Soal pilihan ganda
1. Berdasarkan kutipan cerita di atas, siapakah tokoh utamanya?
A. Boni dan Lili
B. Boni
C. Lili
D. Boni dan anjing galak
A. Boni dan Lili
B. Boni
C. Lili
D. Boni dan anjing galak
2. Di mana latar tempat cerita tersebut terjadi?
A. Di bawah pohon beringin tua
B. Di pinggir sungai
C. Di dekat rumah Boni dan Lili
D. Di sungai dan di bawah pohon beringin tua
A. Di bawah pohon beringin tua
B. Di pinggir sungai
C. Di dekat rumah Boni dan Lili
D. Di sungai dan di bawah pohon beringin tua
3. Masalah atau konflik yang terjadi dalam cerita tersebut adalah...
A. Boni dan Lili tidak bisa menyeberangi sungai.
B. Boni ketakutan karena dikejar anjing galak.
C. Lili melempar anjing galak dengan batu.
D. Persahabatan Boni dan Lili diuji.
A. Boni dan Lili tidak bisa menyeberangi sungai.
B. Boni ketakutan karena dikejar anjing galak.
C. Lili melempar anjing galak dengan batu.
D. Persahabatan Boni dan Lili diuji.
Prinsip Ritme
Prinsip ritme dalam seni rupa adalah penggunaan pengulangan unsur-unsur seperti garis, bentuk, warna, dan tekstur secara teratur untuk menciptakan kesan gerak dan aliran dalam sebuah karya. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa kesatuan, keseimbangan, dan pergerakan visual, sehingga menarik perhatian dan menciptakan respons emosional pada penikmat seni.
Latihan soal
1. Prinsip ritme dalam seni rupa dapat tercipta melalui pengaturan unsur-unsur seni rupa seperti garis, warna, dan tekstur secara...
a. Acak b. Tidak teratur
c. Berulang-ulang secara teratur d. Berbeda-beda pada setiap bagian
2. Salah satu tujuan utama menerapkan prinsip ritme dalam sebuah karya seni rupa adalah untuk...
a. Membuat karya menjadi lebih kompleks dan sulit dipahami
b. Menghindari penggunaan unsur-unsur seni rupa yang sama
c. Menciptakan harmoni dan gerakan visual yang mengalir
d. Menekankan perbedaan antar elemen dalam komposisi
3. Berikut adalah contoh penerapan prinsip ritme dalam seni rupa, kecuali...
a. Deretan jendela pada sebuah bangunan yang memiliki bentuk dan ukuran sama
b. Pengulangan pola daun dalam sebuah ukiran kayu
c. Penggunaan warna yang sangat berbeda dan kontras di setiap sudut lukisan
d. Pola ombak yang berulang dalam sebuah kain batik
4. Ritme dalam seni rupa tidak hanya tentang pengulangan, tetapi juga dapat menggunakan teknik seperti...
a. Penggunaan warna monokromatik
b. Penggabungan berbagai unsur secara acak
c. Variasi dan gradasi untuk memberikan dinamika visual
d. Penambahan banyak detail pada satu bagian karya
5. Teknik pengulangan objek berupa titik-titik yang disusun secara beraturan dapat membentuk sebuah prinsip ritme dalam karya seni rupa karena adanya...
a. Kontras
b. Variasi
c. Repetisi
d. Gradasi
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.








Tidak ada komentar:
Posting Komentar